Wednesday, September 20, 2017

√ Pengertian Pcb (Printed Circuit Board) Dan Jenis-Jenis Pcb

Pengertian PCB (Printed Circuit Board) dan Jenis-jenis PCB – PCB yakni kependekan dari Printed Circuit Board yang dalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan menjadi Papan Rangkaian Cetak atau Papan Sirkuit Cetak. Seperti namanya yaitu Papan Rangkaian Tercetak (Printed Circuit Board), PCB yakni Papan yang dipakai untuk menghubungkan komponen-komponen Elektronika dengan lapisan jalur konduktornya.


PCB ditemukan oleh seorang ilmuwan Austria yang berjulukan Paul Eisler pada tahun 1936. Paul Eisler memakai PCB pertama kalinya di sebuah rangkaian Radio. Kemudian pada tahun 1943, Amerika Serikat mulai memanfaatkan teknologi PCB ini pada Radio Militer dalam skala yang lebih besar. Tiga tahun sehabis perang dunia kedua yaitu pada tahun 1948, PCB mulai dipakai untuk produk-produk komersil oleh perusahaan-perusahaan Amerika Serikat.


Lapisan PCB dan Bahan-bahannya


Secara struktur, PCB menyerupai camilan manis lapis yang terdiri dari beberapa lapisan dan dilaminasi menjadi satu kesatuan yang disebut dengan PCB. Ada PCB yang berlapis satu lapisan tembaga (Single Sided), ada juga yang berlapis dua lapisan tembaga (double sided) dan ada juga PCB yang mempunyai beberapa lapisan tembaga atau sering disebut dengan Multilayer PCB.


Berikut ini yakni struktur dan komposisi standar dari PCB (Printed Circuit Board).


 yang dalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan menjadi Papan Rangkaian Cetak atau Papan √ Pengertian PCB (Printed Circuit Board) dan Jenis-jenis PCB


Substrat (Lapisan Landasan)


Lapisan dasar (landasan) PCB biasanya disebut dengan Substrat. Bahan Substrat yang paling umum dipakai yakni FR2 dan FR4. FR2 atau Flame Resistant 2 yakni kertas bonding resin sintetis (synthetic resin bonded paper) yaitu materi komposit yang terbuat dari kertas yang diresapi dengan resin plastik formaldehida fenol (plasticized phenol formaldehyde resin). Sedangkan FR4 atau Flame Resistant 4 yakni anyaman Fiberglas yang dilapisi dengan resin epoksi (epoxy resin). FR4 mempunyai daya serap air yang rendah, properti isolasi yang cantik serta tahan suhu panas sampai 140 derajat celcius. Namun, PCB yang berbahan FR4 lebih mahal kalau dibandingkan dengan PCB yang berbahan FR2.


Tembaga (Copper)


Lapisan PCB berikutnya yakni lapisan tembaga tipis yang dilaminasi ke lapisan substrat dengan suhu tinggi tertentu dan perekat. Tergantung pada jenis PCB-nya, lapisan tembaga tipis ini hanya akan dilapisi pada satu sisi substrat untuk jenis Single Sided PCB. Sedangkan Double Sided PCB terdapat lapisan tembaga tipis di dua sisi Substrat. Seiring dengan perkembangan Teknologi manufakturing PCB dikala ini, PCB telah sanggup dibentuk sampai 16 lapisan atau bahkan lebih dari 16 lapisan tergantung pada perancangan PCB dan rangkaian yang diinginkan.


Soldermask


Soldermask yakni lapisan diatas lapisan tembaga yang berfungsi melindungi tembaga atau jalur konduktor dari hubungan atau kontak yang tidak disengaja. Lapisan soldermask ini hanya terdapat pada bagian-bagian PCB yang tidak disolder, sedangkan bab yang akan disolder tidak ditutupi oleh lapisan soldermask. Lapisan soldermask ini juga sanggup membantu para pengguna PCB untuk menyolder sempurna pada tempatnya sehingga mencegah solder short (hubung singkat solder). Lapisan soldermask ini biasanya berwarna hijau, namun ada juga yang berwarna lain menyerupai warna biru dan merah.


Silkscreen


Lapisan sehabis soldermask yakni lapisan silkscreen yang biasanya berwarna putih atau hitam. Namun ada juga silkscreen yang berwarna lain menyerupai warna abu-abu, warna merah dan bahkan ada berwarna kuning keemasan. Silkscreen merupakan cetakan huruf, angka dan simbol pada PCB. Silkscreen ini berfungsi sebagai tanda atau indikator untuk komponen-komponen elektro pada PCB sehingga mempermudah orang dalam merakitnya.


 


Jenis-jenis PCB (Printed Circuit Board)


PCB atau Printed Circuit Board pada umumnya sanggup dibagi menjadi dua kategori jenis yaitu jenis PCB yang menurut jumlah lapisannya dan jenis PCB yang menurut Fleksibilitasnya.


Jenis-jenis PCB menurut Jumlah Lapisannya


Berdasarkan jumlah lapisannya, PCB sanggup dibagi menjadi Single Sided PCB, Double Sided PCB dan Multilayer PCB. Berikut ini yakni jenis-jenis PCB menurut jumlah lapisannya.


Single Sided PCB


Single Sided PCB atau Papan Rangkaian Cetak satu sisi yakni jenis PCB yang hanya terdiri dari satu lapisan tembaga yang tertempel di satu sisi substrat PCB. PCB jenis ini biasanya dipakai pada rangkaian elektronik yang sederhana dan biaya produksinya juga relatif lebih murah.


Double Sided PCB


Double Sided PCB atau Papan Rangkaian Cetak dua sisi yakni jenis PCB yang terdiri dari dua lapisan tembaga. Lapisan Tembaga tersebut tertempel di kedua sisi substrat PCB. Lubang pada PCB double sided PCB juga berfungsi sebagai jalur penghubung antar satu lapisan tembaga di satu sisi dengan lapisan tembaga di sisi lainnya.


Multilayer PCB


Multilayer PCB yakni jenis PCB yang terdiri dari beberapa lapisan substrat dan lapisan tembaga yang dipisahkan oleh lapisan insulator. Multilayer PCB ini biasanya dipakai pada rangkaian elektronik yang kompleks. Umumnya terdiri dari 4 lapisan, 6 lapisan, 8 lapisan, 10 lapisan sampai 16 lapisan.


Jenis-jenis PCB menurut Fleksibilitasnya


Selain jumlah lapisan, PCB juga sanggup dibedakan menurut fleksibilitasnya. Berikut ini yakni jenis-jenis PCB menurut fleksibilitasnya.


 yang dalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan menjadi Papan Rangkaian Cetak atau Papan √ Pengertian PCB (Printed Circuit Board) dan Jenis-jenis PCB


Rigid PCB


Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Rigid berarti Kaku. Makara yang dimaksud dengan Rigid PCB yakni Papan Rangkaian Cetak yang Kaku dan tidak sanggup dilipat atau tidak Fleksibel. Rigid PCB terbuat dari materi substrat yang padat dan kaku menyerupai fiberglass sehingga memang sengaja dibentuk untuk tidak sanggup dilipat atau dibengkokkan.


Flex PCB


Flex PCB atau Flexible PCB yakni PCB yang substrat-nya terbuat dari materi plastik yang fleksibel. Bahan dasar ini memungkinkan PCB dibengkokkan tanpa merusak rangkaian yang ada pada PCB tersebut.


Rigid-Flex PCB


Rigid-Flex PCB merupakan adonan dari teknologi Rigid PCB dan Flex PCB yaitu terdiri dari Rigid PCB dan Flex PCB. Umumnya, Rigid PCB dihubungkan dengan Flex PCB.



Sumber https://teknikelektronika.com/