Tuesday, September 19, 2017

8 Cara Penanggulangan Hujan Asam Yang Dapat Dilakukan Sehari- Hari

Hujan merupakan salah satu fenomena alam yang biasa kita temui. Hujan merupakan sebuah pecahan dari siklus hidrologi. Hujan ialah alasan mengapa air tidak habis- habis bahkan untuk memenuhi semua kebutuhan insan di Bumi. Hujan mempunyai penyebab terjadinya hujan, dan selain itu hujan juga terdiri dari banyak sekali jenis atau banyak sekali macam. Beberapa jenis-jenis hujan antara lain:


Itulah beberapa jenis hujan yang ada di Bumi oleh lantaran penyebabnya maupun lokasi terjadinya hujan tersebut. Dari beberapa jenis hujan yang telah disebutkan di atas, salah satu yang akan kita soroti ialah hujan asam.


Hujan asam ialah salah satu hujan yang sanggup kita jumpai di bumi. Hujan asam merupakan segala jenis hujan yang mempunyai pH atau tingkat keasaman di bawah pH normal, yaitu 5,6 sampai 6. Di Indonesia sendiri hujan mempunyai pH rata- rata 6 dan hujan asam mempunyai pH dibawah angka tersebut. Hal ini mempunyai arti bahwa keasaman hujan ini disebabkan oleh kandungan gas Karbondioksida atau CO2 yang kadarnya tinggi.


Karbondioksida ini terdapat pada asap- asap atau gas- gas buangan lainnya yang sering kita jumpai di wilayah perkotaan. Hujan asam ini mempunyai sifat yang tidak baik lantaran sanggup merusak beberapa benda dan dampak hujan asam lainnya sangat merugikan. Oleh lantaran itulah terjadinya hujan asam ini sangat perlu untuk ditanggulangi.


Hujan asam ialah sebuah fenomena alam yang terjadinya pun lantaran alam. Namun bila kita amati maka terjadinya hujan asam ini juga ada relasi dekat bahkan disebabkan oleh bermacam-macam kegiatan manusia, salah satunya ialah industri dan juga transportasi. Oleh lantaran itulah maka terjadinya hujan asam ini juga sanggup kita tanggulangi agar tidak terlalu merugikan. Adapun beberapa cara penanggulangan hujan asam antara lain sebagai berikut:



  1. Lebih banyak menggunakan materi bakar yang rendah kandungan belerang


Salah satu hal yang sanggup kita lakukan untuk menanggulangi terjadinya hujan asam ialah dengan menggunakan materi bakar yang mengandung kandungan welirang rendah. Beberapa materi bakan mempunyai kadar welirang yang berbeda- beda. Kita sanggup mengganti materi bakar kita dengan materi bakar rendah welirang ibarat etanol , hydrogen dan methanol.



  1. Mengurangi emisi gas SO2 dan Nox


Kita sanggup mencegah terjadinya pembakaran dengan mengurangi emisi gas SO2 dan Nox yang nantinya akan sanggup menanggulangi terjadinya hujan asam. Salah satu teknologi yang sanggup dipakai ialah lime injection in multiple burners.



  1. Menerapkan 3R


3R ialah Reuse (menggunakan kembali), Reduce (mengurangi), dan Recycle (mengolah kembali). Mengolah atau memanfaatkan benda- benda yang sudah terpakai sanggup mengurangi jumlah sampah yang sanggup menyebabkan hujan asam.



  1. Mengurangi penggunaan sulfur sebelum melaksanakan pembakaran


Mengurangi sulfur sebelum melaksanakan pembakaran ini sanggup dengan menggunakan teknologi tertentu.



  1. Memakai materi bakar dengan bijak


Penggunaan materi bakar secara berlebihan juga sanggup memicu terjadinya hujan asam. Oleh lantaran itulah kita harus pandai- berilmu dalam menggunakan materi bakar dan dilarang berlebihan.



  1. Lebih sering menggunakan kendaraan umum


Lebih sering menggunakan kendaraan umum dikala bepergian akan mengurangi penggunaan materi bakar sehingga secara cepat maupun lambat akan sanggup mengurangi resiko terjadinya hujan asam.



  1. Tidak menebang pohon sembarangan


Pohon atau tumbuhan hijau merupakan produsen oksigen di dunia ini. Produksi oksigen dari pohon akan sanggup membersihkan udara yang terkontaminasi terutama oleh zat- zat yang sanggup memicu terjadinya hujan asam.



  1. Menggunakan banyak sekali peralatan yang ramah lingkungan


Keberadaan banyak sekali benda yang ramah lingkungan sangat penting lantaran akan meminimalkan produksi zat- zat yang merugikan bagi lingkungan, khususnya yang sanggup menyebabkan hujan asam.


Nah itulah beberapa penanggulangan hujan asam. Hujan asam memang banyak merugikan insan dan lingkungan, oleh lantaran itulah harus diminimalkan terjadinya. Semoga gosip ini bermanfaat untuk kita semua.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com