Tuesday, September 19, 2017

5 Kenampakan Alam Di Singapura Yang Perlu Diketahui

Negara tetangga Indonesia yakni negara- negara yang letaknya di sekitar negara Indonesia. Beberapa negara tetangga Indonesia antara lain yakni Malaysia, Singapura, Timor Leste, Papua Nugini dan beberapa negara di wilayah Asia Tenggara. Oleh alasannya yakni letaknya yang berdekatan dengan Indonesia, maka Indonesia mempunyai beberapa kesamaan dengan negara tetangga, diantaranya yakni kenampakan alam, keadaan sosial, jenis ras dan lain sebagainya.


Kenampakan alam merupakan keadaan geografis yang ada di wilayah suatu negara. Indonesia kaya dan mempunyai keadaan alam yang sangat kaya dan beraneka ragam. Adapun beberapa kenampakan alam yang ada di wilayah Indonesia antara lain pegunungan, macam-macam laut atau pantai, danau, sungai, lembah, bukit, gunung, sawah, dan lain sebagainya. Nah, kenampakan alam yang ibarat ini kemungkinan besar juga sama dengan negara- negara tetangga. Beberapa negara yang mempunyai keadaan alam yang mirip- ibarat dengan Indonesia yakni kenampakan alam di Malaysia, di Timor Leste maupun di Singapura. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kenampakan alam di salah satu negara tetangga Indonesia yang paling maju, yaitu Singapura. Kenampakan alam Singapura dan sebagian citra keadaan sosialnya juga akan kita bahas bersama- sama dalam artikel ini.


Secara umum, keadaan alam di Singapura tidak terlalu jauh berbeda dengan Indonesia. Jika Indonesia punya bukit, maka Singapura juga punya, demikian pula dengan pantai, hutan dan juga danau. Beberapa kenampakan alam di Singapura sudah dikenal oleh banyak orang. Namun masih banyak pula warta mengenai kenampakan alam yang ada di Singapura ini.


Nah, beberapa kenampakan alam negara ekonomi terbaik di Asia Tenggara ini antara lain sebagai berikut:



  1. Perbukitan


 negara yang letaknya di sekitar negara Indonesia 5 Kenampakan Alam di Singapura yang Perlu DiketahuiSalah satu kenampakan alam yang berada di wilayah Singapura yakni berupa perbukitan. Perbukitan merupakan kumpulan dari banyak sekali bukit yang membentuk suatu kumpulan. Perbukitan yakni salah satu kenampakan alam yang banyak kita temukan di Singapura. Singapura yakni negara kecil dengan satu pulau induk yang mempunyai banyak perbukitan. Adapun beberapa perbukitan yang berada di wilayah negara Singapura antara lain yakni Bukit Panjang, Bukit Mandai, Bukit Timah dan juga Bukit Kalang. Bukit- bukit ini megah bangkit di wilayah Singapura. Dan dari beberapa bukit tersebut, bukit yang paling tinggi yakni Bukit Timah dengan ketinggian 166 meter.



  1. Waduk


 negara yang letaknya di sekitar negara Indonesia 5 Kenampakan Alam di Singapura yang Perlu DiketahuiKenampakan alam di wilayah Singapura lainnya yakni waduk. Meskipun waduk merupakan bendungan yang sengaja dibentuk oleh manusia, namun waduk menjadi salah satu kenampakan alam. Di Singapura terdapat beberapa waduk besar yang terkenal, antara lain yakni Waduk Macritchie, Waduk Pandan, Waduk Pierce, dan Waduk Seleter. Waduk- waduk ini mempunyai banyak fungsi waduk yang tentu akan membantu kehidupan masyarakat Singapura.


 



  1. Pantai


 negara yang letaknya di sekitar negara Indonesia 5 Kenampakan Alam di Singapura yang Perlu DiketahuiSingapura yakni negara kecil yang dikelilingi oleh lautan. Oleh alasannya yakni itulah banyak sekali pantai yang sanggup kita temukan disana. Pulau ini dikelilingi oleh pantai dan juga laut. Beberapa batas negara ini dengan negara lain pun juga dibatasi oleh selat, yaitu Selat Malaka di sebelah barat, Selat Singapore sebelah selatan, Selat Johor di sebelah utara, dan sebelah timur yakni selat Karimata. Selat- selat tersebut merupakan lautan yang memisahkan daratan Singapura dengan daratan lainnya.



  1. Hutan


 negara yang letaknya di sekitar negara Indonesia 5 Kenampakan Alam di Singapura yang Perlu DiketahuiWilayah Singapura yakni wilayah yang mulanya terdiri dari hutan yang luas. Namun seiring dengan perkembangan zaman, Singapura tumbuh menjadi negara yang sangat ramai penduduk, bahkan menjadi negara industri yang paling maju di Asia Tenggara. Bahkan Singapura sendiri merupakan satu- satunya negara maju yang ada di wilayah Asia Tenggara. Keberadaan hutan sangat penting alasannya yakni sebagai paru- paru dunia, yaitu satu- satunya yang sanggup menghasilkan oksigen. Oleh alasannya yakni itulah Singapura tidak menghilangkan keberadaan hutan, namun hanya mengurangi saja. hingga ketika ini 5% dari wilayah Singapura ditetapkan sebagai hutan lindung. hutan lindung di Singapura sendiri mempunyai peranan yang sangat penting sebagai tempat konservasi alam.



  1. Sungai


 negara yang letaknya di sekitar negara Indonesia 5 Kenampakan Alam di Singapura yang Perlu DiketahuiSungai juga merupakan salah satu kenampakan alam yang banyak ditemukan di wilayah Singapura. Sungai- sungai ini melintas di wilayah Singapura. Beberapa sungai besar dan populer di wilayah Singapura antara lain yakni Sungai merupakan Sungai Kranji, Sungai Jurong, Sungai Seletar, dan Sungai Serangoon. Sungai- sungai ini mempunyai banyak fungsi bagi penduduk Singapura, baik fungsi ke lingkungan maupun sebagai fungsi untuk pariwisata. Sungai mempunyai banyak sekali manfaat sungai bagi manusia.


Nah itulah beberapa kenampakan alam yang berada di wilayah Singapura. Kenampakan- kenampakan alam tersebut jumlahnya lebih dari satu dan terkadang menjadi titik yang populer di wilayah tersebut sehingga menjadi tempat yang didatangi oleh banyak orang. Demikianlah warta yang sanggup kami sampaikan mengenai kenampakan alam di Singapura, supaya bermanfaat untuk kita semua.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com