Tuesday, August 1, 2017

√ Teori Sel

 merupakan bahan penting yang harus kita pahami dalam mempelajari  √ TEORI SEL
Gambar sel tumbuhan dan sel hewan
Teori sel merupakan bahan penting yang harus kita pahami dalam mempelajari Biologi

Seperti yang kita tahu bahwa Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil penyusun badan Mahluk Hidup.

Namun.. 

Siapa orang pertama yang menemukan sel? Siapa Ilmuan-ilmuan yang beropini wacana teori sel? Bagaimanakah suara dari teori sel yang mereka kemukakan? 

Semuanya akan dibahas disini.



PENCETUS TEORI SEL

Banyak sekali ilmuwan-ilmuan meneliti dan menyimpulkan bahwa tumbuhan dan binatang tersusun atas sel. Dimulai semenjak kala ke-18 sampai awal kala ke-19. Namun, teori sel ketika itu masih diperdebatkan. 

Pada tahun 1838, mahir botani Jerman Matthias Jakob Schleiden menyatakan bahwa semua tumbuhan terdiri atas sel dan semua fungsi badan tumbuhan intinya yaitu acara sel. 

Beliau juga menyatakan tugas penting nukleus (yang ditemukan Robert Brown pada tahun 1831) dalam acara sel dan reproduksi sel. Walaupun ia menerka bahwa sel terbentuk dari nukleus. 

Pada tahun 1839, Theodor Schwann yang telah berdiskusi dengan Schleiden menyadari bahwa ia pernah mengamati nukleus sel binatang sebagaimana Schleiden mengamatinya pada tumbuhan. 

Ia menyatakan bahwa semua bab badan binatang juga tersusun atas sel. Menurutnya, semua jaringan pada makhluk hidup (organisme) tersusun dari sel.

Kemudian teori sel  diperkenalkan lebih rinci oleh Rudolf Virchow, seorang ilmuwan Jerman. Pada mulanya ia sependapat dengan Schleiden mengenai pembentukan sel. 

Pengamatan mikroskopis atas banyak sekali proses patologis membuatnya menyimpulkan hal yang sama dengan yang telah disimpulkan oleh Robert Remak.

Robert Remak sebelumnya telah mengamati sel darah merah dan embrio. Kesimpulannya yaitu bahwa 'sel berasal dari sel lain melalui pembelahan sel'


Pada tahun 1855, Virchow menerbitkan makalah yang terkenal, omnis cellula e cellula (semua sel berasal dari sel).

ILMUAN PENEMU SEL

Robert Hooke

 merupakan bahan penting yang harus kita pahami dalam mempelajari  √ TEORI SEL
Penemu sel: Robert Hooke
Robert Hooke merupakan orang yang pertama kali memberi nama sel atau sanggup disebut juga orang pertama yang menemukan sel. Istilah sel ditemukan oleh Robert Hooke sehabis mengamati sayatan gabus kering.

Awalnya pada tahun 1665 seorang ilmuwan Inggris Robert Hooke meneliti irisan tipis gabus melalui mikroskop yang dirancangnya sendiri. Kata sel berasal dari kata bahasa Latin cellula yang berarti rongga/ruangan.
Pada tahun 1835, sebelum teori sel di definisikan sebagai unit organisasi terkecil yang menyusun mahluk hidup. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Karena itulah, sel sanggup berfungsi secara berdikari asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi.

Scheilden dan Schwann

 merupakan bahan penting yang harus kita pahami dalam mempelajari  √ TEORI SEL
Scheilden dan Schwann
Teori Sel berdasarkan Scheilden dan Schwann menyatakan bahwa 'Sel merupakan kesatuan struktural'

Scheiden dan Schwan yaitu tokoh ilmuan yang sangat berjasa dalam dunia mikrobiologi, dengan teori sel merupakan suatu kesatuan struktural (berdasarkan bentuk). Scheilden mengamati sel pada tumbuhan dan Schwann mengamati sel pada hewan.  berikut yaitu hasil pengamatannya:

Sel Hewan
1. Tidak mempunyai dinding sel
2. Tidak mempunyai plastida
3. Memiliki lisosom
4. Memiliki sentrosom
5. Timbunan zat berupa lemak dan glikogen
6. Bentuk tidak tetap
7. Pada binatang tertentu mempunyai vakuola, ukuran kecil, sedikit.

Sel Tumbuhan
1. Memiliki dinding sel dan membran sel
2. Umumnya mempunyai plastida
3. Tidak mempunyai lisosom
4. Tidak mempunyai sentrosom
5. Timbunan zat berupa pati
6. Bentuk tetap
7. Memiliki vakuola ukuran besar, banyak

Silakan klik link dibawah untuk pembahasan lebih lanjut wacana perbedaan sel binatang dan sel tumbuhan:
Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Max Schultze

Teori Sel berdasarkan Max Schelze berbunyi 'Sel merupakan kesatuan fungsional'

Namanya sangat dikenal alasannya yaitu karyanya pada teori sel. Dengan menggabungkan teori Felix Dujardin dari konsep “sarcode” pada binatang dengan Hugo von Mohl dengan protoplasma pada sayuran, ia menyatukan keduanya dan dua hal itu termasuk di bawah nama umum protoplasma, mendefinisikan sel sebagai nucleated massa dari protoplasma dengan atau tanpa sel-dinding (Das Protoplasma der Rhizopoden und der Pflanzenzellen; ein Beiträg zur Theorie der Zelle, 1863).

Rudholf Virchow

 merupakan bahan penting yang harus kita pahami dalam mempelajari  √ TEORI SEL
Rudholf Virchow
Teori Sel Menurut Rudolf Virchow yang menyampaikan bahwa 'Semua sel berasal dari sel (omne cellulae e cellula)'

Virchow berperan dalam banyak dalam inovasi penting. Meskipun beliau dan Theodor Schwann tidak disebutkan bersamaan, beliau paling banyak diketahui alasannya yaitu teorinya wacana sel. Ia yaitu orang pertama yang menemukan sel-sel leukemia. 

Rudolf Virchow adalah orang pertama yang mendapatkan dan memalsukan hasil kerja Robert Remak yang menyatakan asal undangan sel yaitu pembagian unsur sebelumnya. Teori ini ia tuangkan dalam makalah Omnis cellula e cellula (setiap sel berasal dari sel sebelumnya) yang dipublikasikan tahun 1858. Makalah ini sekaligus membantah teori mahluk hidup berasal dari benda mati.

Thomas huxley

Thomas huxley menyatakan teori selnya yang berbutnyi 'Sel merupakan kesatuan fisik kimia'.

Watson dan Crick

 merupakan bahan penting yang harus kita pahami dalam mempelajari  √ TEORI SEL
Watson dan Crick
Teori Sel menutut Watson dan Crick yaitu sel merupakan kesatuan hereditas

Robert Brown

Teori Sel berdasarkan Robert Brown yaitu 'Pada sel terdapat inti sel (Nukleus)'

Robert Brown adalah botanis Skotlandia yang memperlihatkan pemberian penting terhadap botani melalui inovasi inti sel dan fatwa sitoplasma. Pengamatan pertama dari Gerakan Brown yaitu penelitian awal wacana penyerbukan dan pembuahan pada tumbuhan. 

Brown juga salah satu orang pertama yang mengenali perbedaan fundamental antara tumbuhan gimnosperma dan angiosperma, dan melaksanakan studi awal palinologi. Dia juga memperlihatkan banyak pemberian terhadap taksonomi tumbuhan, termasuk penggolongan sejumlah familia tumbuhan yang masih diterima ketika ini dan banyak marga dan spesies tumbuhan Australia, hasil penjelajahannya beserta Matthew Flinders

Felix Dujardin

Teori  Sel berdasarkan Felix Dujardin yaitu 'Di dalam setiap sel mahkluk hidup terdapat sitoplasma'

Demikin Postingan kali ini mengenai Teori Sel, supaya bermanfaat.

Jangan lupa ikuti kami di sosial media Tutor Biologi untuk mendapatkan update bahan biologi terbaru dari kami.

Sumber http://www.biologi-sel.com