Monday, August 14, 2017

√ Spss Muncul Tanda Tanya? Ini Solusinya

saat spss muncul ada tanda tanya (?), maka ada beberapa kemungkinan yang dapat dilakukan. pertanyaan perihal ini beberapa kali ditanyakan oleh klien kami sebelum memakai jasa olah data kami. gak tau kenapa kok tiba-tiba ada tanda itu “kata mereka”.  maka dari itu artikel pada kesempatan ini akan kami coba jelaskan.


 maka ada beberapa kemungkinan yang dapat dilakukan √ spss muncul tanda tanya? ini solusinya


Pertama, perlu diketahui bahwa solusi yang kami berikan ini hanya menurut pengalaman saja. beberapa tahun yang kemudian dikala menjalankan kegiatan SPSS, kami menemukan kondisi bahwa yang muncul di data view hanya kumpulan tanda tanya (?), maka kami mencoba mengotak-atik dan menemukan jawabannya, pada dikala itu kami berpikiran mungkin software SPSS nya bermasalah maka kami coba lakukan uninstal programnya kemudian di instal ulang lagi,, ternyata benar..setelah di instal lagi kegiatan SPSSnya, ia kembali berjalan menyerupai semula.


Kedua, sekitar 1 ahad sebelum artikel ini dibentuk kami juga mengalami hal itu lagi. kronologinya begini: 


karena beberapa alasan kami melaksanakan instal ulang laptop secara keseluruhan. windows yang kami gunakan yakni windows 7 ultimate. pada dikala selesai instal ulang kami tidak mempunyai serial number untuk mengaktifkan windowsnya, maka kami biarkan saja windowsnya dalam masa trial 30 hari (artinya windows 7 ultimatenya hanya dapat dipakai selama 30 hari kalau tidak diaktifkan). selang beberapa hari nampaknya windowsnya sudah bermasalah, nampak layar desktop yang hanya berwarna hitam dan goresan pena dari windows yang minta aktivasi, alasannya kasibukan maka kami biarkan saja hingga akibatnya dikala kami menjalankan SPSS muncul kembali tanda tanya (?) itu.


langkah perbaikan yang kami lakukan sama dengan klarifikasi yang pertama di atas, namun dikala itu tidak berhasil. maka kami berinisiatif untuk melaksanakan instal ulang lagi lapotpnya secara keseluruhan hingga akibatnya SPSS kembali berjalan normal hingga dikala artikel ini dipublikasikan.


dari dua point di atas mengenai munculnya tanda tanya (?) pada SPSS maka ada dua kemungkinan yang dapat dilakukan, yaitu instal ulang kegiatan SPSS nya atau instal ulang laptop/komputer secara keseluruhan. sekian dari kami, semoga bermanfaat..


Terimakasih.


Admin.



Sumber https://www.spssstatistik.com