Tuesday, August 15, 2017

√ Pengertian Senyawa, Macam, Hukum Penulisan Misalnya (Lengkap)

Pengertian Senyawa, Macam, Aturan Penulisan & Contohnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana senyawa. Yang mencakup pengertian senyawa, macam-macam senyawa, hukum penulisan senyawa dan referensi senyawa yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Senyawa, Macam, Aturan Penulisan & Contohnya (Lengkap)


Mari kita bahas pengertian senyawa terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Senyawa


Senyawa yaitu zat yang tersusun atas dua unsur atau lebih yang tidak sama dan sanggup diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana dengan suatu reaksi kimia.


Contohnya yaitu dikala sedang memasak, tentu sering memakai air, garam, gula dan juga penyedap rasa lainnya. Zat-zat tadi merupakan suatu referensi dari senyawa. Air tersusun atas unsur hidrogen dan oksigen, garam tersusun atas unsur natrium dan klorin, gula tersusun atas unsur karbon, hidrogen dan juga oksigen.


Senyawa-senyawa tersebut sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Dan tentu sudah biasa kita gunakan. Tetapi bagaimana proses dan penamaannya, maka ikutilah penjelasanya.


Garam sanggup diuraikan menjadi natrium dan klorin dengan reaksi kimia. Bagian yang paling kecil dari senyawa sanggup disebut dengan molekul. Molekul-molekul yang menjadi satu dalam jumlah yang tidak sedikit akan membentu suatu senyawa. Seperti senyawa air yang tersusun atas jutaan molekul air.


Aturan Penulisan Rumus Kimia Dan Nama Senyawa Sederhana


Senyawa sederhana merupakan zat yang tersusun atas dua unsur yang tidak sama. Contoh senyawa sederhana yakni air (H2O), garam (NaCl), metana (CH4), belerang dioksida (SO2), dan lain sebagainya yang sejenis. Sekarang perhatikan tabel dibawah ini dengan secama:

 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana senyawa √ Pengertian Senyawa, Macam, Aturan Penulisan  Contohnya (Lengkap)


Suatu senyawa sederhana sanggup disusun dari unsur logam dan unsur nonlogam atau unsur nonlogam dengan nonlogam. Aturan penamaan senyawa yaitu menurut dari jenis unsur yang membentuknya.


Maka dari itu, hukum penamaan senyawa dibagi menjadi dua bagian, yakni hukum untuk penulisan nama dari sebuah senyawa sederhana yang tersusun oleh unsur logam dan nonlogam dan juga hukum untuk penulisan nama dari suatu senyawa sederhana yang tersusun atas unsur nonlogam dan nonlogam.


1. Senyawa Logam dan Nonlogam


Aturan dalam penulisan nama dari suatu senyawa sederhana yang tersusun atas unsur logam dan nonlogam yaitu yaitu sebagai berikut:



  • Nama unsur logam ditulis lebih dulu

  • Nama unsur nonlogam ditulis setelah nama unsur logam dan diberi pelengkap akhiran -ida.


Contoh:



  1. NaCl tersusun atas natrium (logam) dan klorin (nonlogam), sehingga nama untuk NaCl adalah: natrium (logam) + klorida (non logam)

  2. MgCl2 tersusun atas magnesium (logam) dan klorin (nonlogam). Sehingga nama untuk MgCl2 adalah: magnesium (logam) + klorida (nonlogam).


2. Senyawa Nonlogam dan Nonlogam


Aturan penulisan nama dalam unsur sederhana yang tersusun oleh suatu unsur nonlogam yaitu sebagai berikut:



  • Nama unsur nonlogam yang pertama dituliskan dengan lebih dulu

  • Nama unsur nonlogam yang kedua dituliskan setelah nonlogam yang pertama dengan diawalai oleh jumlah atom unsur tersebut kedalam bahasa Latin dan berakhir dengan akhiran -ida.

  • Apabila jumlah atom unsur nonlogam yang pertama lebih dari satu, maka untuk penulisannya diawali dengan jumlah atom unsur tersebut dalam bahasa Latin.


Untuk jumlah atom dalam unsur dalam bahasa Latin sanggup dengan melihat pada tabel dibawah ini:

 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana senyawa √ Pengertian Senyawa, Macam, Aturan Penulisan  Contohnya (Lengkap)


Contoh:



  1. CO2 tersusun atas 1 atom karbon (nonlogam) dan 2 atom oksigen (nonlogam), sehingga nama untuk CO2 yaitu karbon dioksida.

  2. N2O4 tersusun atas 2 atom nitrogen (nonlogam) dan 4 atom oksigen (nonlogam), sehingga nama untuk N2O4 yaitu Dinitrogen tetraoksida.


Contoh Senyawa Dalam Kehidupan


Senyawa sanggup didapatkan secara pribadi dari alam atau dihasilkan oleh insan dengan melewati suatu proses kimiawi. Senyawa yang ada didalam alam bebas terbentuk melewati proses kimiawi yang terjadi secara alamiah, contohnya yaitu dalam acara gunung berapi yang menghasilkan gas SO2.


Senyawa yang didapatkan pribadi dari alam berbentuk mineral, menyerupai air, garam pada air laut, kerikil kapur, gas SO2, gas karbon dioksida. Senyawa yang dihasilkan oleh insan antara lain gula, alkohol, sabun, penyedap rasa, dan juga banyak sekali jenis protein lainnya.


Demikianlah telah dijelaskan wacana Pengertian Senyawa, Macam, Aturan Penulisan & Contohnya (Lengkap), biar sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id