komputerdia.com - Untuk mengingatkan kembali, pengertian Microsoft Excel ialah suatu aktivitas aplikasi (perangkat lunak) berbentuk lembar kerja spreadsheet yang dibentuk dan didistribusikan oleh perusahaan Microsoft Corporation yang di tujukan untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.
Perlu diketahui bahwa, software ini dikenal juga sebagai Microsoft Office Excel, MS. Excel atau sering disebut sebagai Excel saja. Microsoft Excel merupakan salah satu dari sekian banyak Program Aplikasi yang terdapat dalam paket aplikasi perkantoran Microsoft Office yang difungsikan untuk melaksanakan pengolahan angka.
Salah satu hal yang menciptakan aplikasi Excel cukup populer ialah dengan adanya kelengkapan fitur Formulas dan Functions yang mana istilah tersebut lebih kita kenal dengan istilah rumus excel.
Formula dan fungsi ini dipakai atau difungsikan untuk membantu kalian dalam mengerjakan bermacam-macam proses perhitungan data secara cepat, sempurna dan semi otomatis. Formula excel juga sanggup kalian gunakan dalam perhitungan yang sederhana hingga kalkulasi yang kompleks, baik untuk data berbentuk angka, data teks, data tanggal, data waktu, atau kombinasi dari data-data tersebut, hingga dengan pembuatan sebuah diagram penghitungan.
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook tersebut terdapat worksheet atau lembar kerja yang biasanya kita kenal dengan istilah sheet saja. Jika diibaratkan workbook ialah sebuah buku, maka worksheet ialah lembaran-lembaran kertas dalam buku tersebut, mirip itulah budi sederhananya.
Menyisipkan Sel atau Range Excel
Pada ketika memasukkan data, terkadang ada data yang terlewat atau lupa untuk di input, maka dari itu untuk mengatasi permasalahan tersebut, kalian sanggup menyisipkan sel atau range pada posisi yang kalian inginkan.
Terdapat dua pilihan untuk menyisipkan sel atau range, kalian sanggup menyisipkan sel atau range dengan menggeser sel terseleksi ke bawah atau menggeser sel terseleksi ke kanan
- Langkah pertama silahkan kalian buat dokumen atau workbook gres dengan cara menekan Ctrl+N, lalu kalian buat data mirip pada gambar dibawah ini.
- Digambar ini terlihat bahwa ada beberapa data nomor urut yang terlewat
- Dalam pola ini, kita akan melaksanakan penyisipan sel ke dalam range A5:A6 dengan menggeser range terseleksi ke bawah
- Caranya silahkan kalian tempatkan kursor mouse pada range A5 (pada nomor urut 7) lalu klik kanan pada mouse dan pilih sajian Insert
- Setelah itu akan keluar tampilan popup mirip gambar dibawah ini, lalu kalian pilih sajian Shift Cells down
- Lakukan kembali langkah diatas (Shift cells down) hingga sel tersebut telah mencapai kekurangan untuk input data tersebut.
- Jika kita mengambil pola diatas maka akibatnya akan terlihat mirip dibawah ini
- Selesai, dan supaya bermanfaat untuk kalian semuanya