Wednesday, August 16, 2017

√ Cara Membaca Tabel F

artikel cara membaca distribusi tabel f ini ialah lanjutan dari posting sebelumnya wacana membaca tabel t. menyerupai hal nya tabel t, tabel f pun juga punya hukum sendiri untuk membacanya. kami menyebutnya “kata kunci” untuk menemukan angka pada tabelnya. adapun kata kunci untuk membacanya ialah sebagai berikut:


Pertama, adalah mengetahui degree of freedom (df) atau derajat kebebasan (dk). untuk tabel f, degree of freedom (df) dibagi menjadi dua, yaitu


1  Degree of freedom sebagai pembilang atau df (n1)


2  Degree of freedom sebagai penyebut atau df (n2)


Kedua, mengetahui jumlah variabel yang diteliti (k)


Ketiga, mengetahui jumlah data/observasi/responden (n)


Keempat, Menentukan taraf signifikansi (sign)


kawan-kawan sekalian…. 4 hal di atas yang akan menjadi patokan untuk memilih angka pada tabel distribusi f nantinya. klarifikasi selanjutnya wacana 4 hal di atas sebagai berikut:


Degree of Freedom, dicari dengan rumus sebagai berikut:


df (n1) = k – 1


df (n2) = n – k


Jumlah Variabel adalah total variabel yang akan di teliti


Data/observasi/responden adalah, jumlah data yang diambil


Taraf Signifikansi, ialah taraf kepercayaan, keyakinan akan keberhasilan penelitian.


Nah, sesudah semua nya jelas, maka kami akan mencoba mengajak kawan-kawan untuk memecahkan sebuah studi masalah dibawah ini:


Studi kasus:


sebuah penelitian akan dilakukan seorang mahasiswa, variabel yang di teliti ialah (dukungan sosial, motivasi, dan kualitas hidup), data atau responden yang diteliti sebanyak 20 orang dengan memakai taraf signifikansi sebesar 5% atau 0,05.


Penyelesaian:


menentukan degree of freedom dengan rumus:


df (n1) = k – 1 jadi 3 -1 =2


df (n2) = n -k jadi 20 – 3 = 17


Maka sanggup disimpulkan nilai untuk df (n1) ialah 2, dan df (n2) ialah 17. mari kita lanjutkan dengan melihat tabel distribusi F berikut:


artikel cara membaca distribusi tabel f ini ialah lanjutan dari posting sebelumnya tentan √ cara membaca tabel f


tabel di atas mengatakan klarifikasi dari masing masing degree of freedom dan taraf sifnifikansi penelitian. tahap selanjutnya ialah memilih angka atau nilai tabel f dengan cara tarik garis lurus antara df (n1) dan df (n2). perhatikan gambar berikut:


artikel cara membaca distribusi tabel f ini ialah lanjutan dari posting sebelumnya tentan √ cara membaca tabel f


Kesimpulan:


berdasarkan gambar tabel f diatas, dengan nilai df (n1) 2, df (n2) 17, dan taraf signifikansi 5% atau 0,05 maka didapatkan nilai f tabel ialah sebesar 3,59.


itulah tadi artikel cara membaca atau melihat tabel f. kami berharap artikel tersebut bermanfaat, jikalau ada kesalahan silahkan dikoreksi dan sanggup diskusikan bersama kami. sanggup lihat juga versi  video youtube kami



Sumber https://www.spssstatistik.com