Tuesday, August 15, 2017

√ 15 Pengertian Tradisi Berdasarkan Para Mahir (Pembahasan Lengkap)

15 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal pengertian tradisi berdasarkan para ahli. Yang mana pengertian tradisi berdasarkan para jago ini sudah dirangkum dari aneka macam sumber dengan lengkap. Tradisi sangat berafiliasi dengan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat jaman dahulu dan masih terus dilakukan oleh masyarakat kini secara turun temurun. Untuk lebih detailnya silakan baca ulasan dibawah ini dengan secama.



15 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)


Mari kita bahas pengertian tradisi dengan secama.


Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli


Berikut ini yaitu definisi dari tradisi yang dibahas oleh ahlinya.


1. Soerjono Soekamto (1990)


Pengertian tradisi berdasarkan Soerjono Soekamto yaitu acara yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat dengan secara langgeng (berulang-ulang).


2. WJS Poerwadaminto (1976)


Pengertian tradisi berdasarkan WJS Poerwadaminto yaitu segala sesuatu yang menyangkut kehidupan dalam masyarakat yang dilakukan secara terus menerus, menyerupai adat, budaya, kebiasaan dan juga kepercayaan.


3. Van Reusen (1992:115)


Pengertian tradisi berdasarkan Van Reusen yaitu warisan atau norma adab istiada, kaidah-kaidah, harta-harta. Tetapi tradisi bukan suatu yang tidak sanggup dirubah. Tradisi justru perpaduan dengan bermacam-macam perbuatan insan dan diangkat dalam keseluruhannya.


4. Bastomi (1984:14)


Pengertian tradisi berdasarkan Bastomi yaitu roh dari sebuah kebudayaan, dengan tradisi sistem kebudayaan akan menjadi kokoh. Jika tradisi dihilangkan maka ada impian suatu kebudayaan akan berakhir ketika itu juga. Setiap sesuatu menjadi tradisi seringkali sudah teruji tingkat efektifitasnya dan tingkat efisiensinya. Efektifitas dan efisiensinya selalu mengikuti perjalanan perkembangan unsur kebudayaan. Berbagai bentuk sikap dan tindakan dalam mengatasi duduk perkara kalau tingkat efektifitas dan efisiennya rendah akan segera ditinggalkan oleh pelakunya dan tidak akan menjadi sebuah tradisi. Tentu saja suatu tradisi akan pas dan cocok sesuai situasi dan kondisi masyarakat yang mewarisinya.


5. Piotr Sztompka (2011:69-70)


Pengertian tradisi berdasarkan Piotr Sztompka yaitu keseluruhan benda material dan gagasan yang berasal dari masa kemudian namun benar-benar masih ada kini, belum dihancurkan, dirusak atau dilupakan. Disini tradisi hanya berarti warisan, apa yang sebetulnya tersisa dari masa lalu.


6. Shils (1981:12)


Pengertian tradisi berdasarkan Shils adalh segala sesuatu yang disalurkan atau diwariskan dari masa kemudian ke masa kini. Kriteria tradisi sanggup lebih dibatasi dengan mempersempit cakupannya.


7. Coomans, M (1987:73)


Pengertian tradisi berdasarkan Coomans, M yaitu suatu citra sikap dan sikap insan yang sudah berproses dalam watktu usang dan dilakukan secara turun temurun dimulai dari nenek moyang. Tradisi yang sudah membudaya akan menjadi sumber dalam berakhlak dan berbudi pekerti seseorang.


8. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


Pengertian tradisi berdasarkan KBBI yaitu adab kebiasan turun temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan oleh masyarakat; evaluasi atau anggapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan yang paling baik dan benar.


9. Wikipedia


Pengertian tradisi berdasarkan Wikipedia yaitu tradisi atau kebiasaan yaitu sesuatu yang telah dilakukan untuk semenjak usang dan menjadi bab dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu atau agama yang sama.


10. Hasan Hanafi


Pengertian tradisi berdasarkan Hasan Hanafi yaitu segala warisan masa lampau yang masuk pada kita dan masuk kedalam kebudayaan yang kini berlaku.


11. Funk dan Wagnalls dalam Muhaimin


Pengertian tradisi berdasarkan Funk dan Wagnalls yaitu pengetahuan, doktrin, kebiasaan, praktek dan lain-lain yang dipahami sebagai pengetahuan yang telah diwariskan secara bebuyutan termasuk cara penyampai doktrin dan praktek tersebut.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal pengertian tradisi berdasarkan para ah √ 15 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)


12. Khazanah Bahasa Indonesia


Pengertian tradisi berdasarkan Khazanah Bahasa Indonesia yaitu segala sesuatu menyerupai adat, kebiasaan, ajaran, dan sebagainya, yang turun temurun dari nenek moyang.


13. Mardimin


Pengertian tradisi berdasarkan Mardimin yaitu kebiasaan yang turun temurun dalam suatu masyarakat dan merupakan kebiasaan kolektif dan kesadaran kolektif sebuah masyarakat.


14. Harapandi Dahri


Pengertian tradisi berdasarkan Harapandi Dahri yaitu suatu kebiasaan yang teraplikasikan secara terus menerus dengan aneka macam simbol dan hukum yang berlaku pada sebuah kominitas.


15. Ensiklopedia


Pengertian tradisi berdasarkan Ensiklopedia yaitu adab “kebiasaan” atau tradisi masyarakat yang sudah dilakukan berulang kali secara turun temurun.


Demikianlah telah dijelaskan perihal 15 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), biar sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id