Saturday, July 1, 2017

√ Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri, Kaidah Contoh

Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri, Kaidah & Contoh – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Teks Iklan. Yang meliputi pengertian teks iklan, fungsi teks iklan, struktur teks iklan, jenis-jenis teks iklan, ciri-ciri teks iklan, kaidah kebahasaan teks iklan dan pola teks iklan dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri, Kaidah & Contoh


Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Teks Iklan


Teks iklan merupakan suatu media atau wadah untuk mempromosikan atau memasarkan segala macam produk atau jasa yang sangat efektif kepada konsumen.


Pengertian lain dari teks iklan yaitu sebuah media komunikasi yang efektif untuk memberikan informasi terhadap sasaran audiens yang bertujuan untuk mempengaruhi, mempromosikan, mengingatkan, menginformasikan, melarang, membujuk dan merayu sasaran audiens. Tujuan dari dibuatnya teks iklan yaitu sebagai pengenal suatu produk baik barang ataupun jasa kepada masyarakat, untuk menarik perhatian masyarakat semoga mengenali, membeli, mengonsumsi dan menggunakan produk yang diiklankan.


Fungsi Teks Iklan


Sederhanya, teks iklan berarti sebagai pesan yang tujuannya yaitu masyarakat dengan media untuk memperlihatkan dan membujuk orang semoga membeli produk yang diiklankan. Berikut fungsi teks iklan yakni:



  • Sebagai persuasi atau perjuangan dalam mendekati, yakni memberik kode konsumen untuk membeli produk baik barang ataupun jasa yang diiklankan.

  • Sebagai informasi, yakni penyampaian terhadap produk baru

  • Sebagai pengingat, yakni iklan mengingatkan konsumen mengenai produk tertentu supaya selalu menggunakan produk tersebut.


Struktur Teks Iklan


Struktur dari teks iklan yaitu sebagai berikut:



  • Judul

    Judul terletak pada pecahan paling atas dari teks iklan, tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul, sebagian teks iklan menempatkan nama produk pada pecahan paling atas.

  • Nama Produk

    Dalam hal ini berisi perihal nama produk yang diiklankan

  • Penjelasan Tentang Produk

    Ini berisikan deskripsi produk yang di iklankan, menyerupai spesifikasi, cara memperoleh produk yang diiklankan, alamat dan nomor telepon yang sanggup dihubungi.


Jenis -Jenis Teks Iklan


Jenis-jenis iklan dalam teks iklan antara lain sebagai berikut:



  • Iklan pengumuman, yakni iklan yang mempunyai tujuan memberitahu masyarakat mengenai hal penting menyerupai kelahiran, ulang tahun, dan sejenisnya.

  • Iklan Undangan. Adlah iklan yang mengajak untuk ikut kegiatan tertentu, menyerupai pernikahan

  • Iklan Layanan Masyarakat. Adalah iklan yang menjelaskan kepada masyarakat mengenai suatu kegiatan pemerintah atau swasta. Misalnya menyerupai iklam Program Keluar Berencana, Iklan anti-narkoba, dan sejenisnya.

  • Iklan Permintaan. Seperti iklan lowongan pekerjaan

  • Iklan Penawaran. Adalah iklan yang isinya perihal promosi produk atau jasa

  • Iklan artikel. Adalah iklan panjang perihal suatu hal meliputi kelebihan dan keunggulan produk atau jasa.


Ciri-Ciri Bahasa Teks Iklan


Ciri-ciri dari bahasa iklan adalah:



  • Bahasa yang digunakan untuk memberi efek pada pikiran orang atau menciptakan orang menjadi tertarik untuk membeli atau menggunakan produk.

  • Pengenalan dan klarifikasi produk barang atau jasa terhadap masyarakat

  • Penggunaan kalimat fakta dan pendapat.


Kaidah Kebahasaan Teks Iklan


Kaidah kebahasaan dari teks iklan yaitu:


Memakai Slogan

Slogam yaitu perkataan atau kalimat yang menarik, mencolok dan gampang diingat dalam memberikan sesuatu. Slogan ini seringkali tersusun dari empat hingga lima kata yang gampang untuk diingat dan tentu mempunyai daya tarik yang berpengaruh supaya pesan yang dituju sanggup tersampaikan kepada orang yang diajak.


Dalam iklan, slogan adalh pernyataan atau susunan kata tertentu yang memberi klarifikasi dengan singkat sebuah produk atau jasa layanan menimbulkan gampang diingat dan dikenal oleh orang banyak. Kalimat sloga harus kreatif dan tidak tertinggal jaman supaya orang lebih gampang dalam mengingatnya.


Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif yaitu kalimat yang mempunyai tujuan untuk meyakinkan dan membujuk pembacanya supaya melaksanakan atau mendapatkan gagasan penulis kepada suatu hal. Terdapat beberapa kalimat persuasif yang ada pada iklan produk tersebut, salah satunya adalah: Murah, Cepat dan Handal.


Memakai Subjek Orang Pertama

Teks iklan umumnya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak. Seperti aku, saya, kami untuk mengganti pihak atau instansi yang memasang iklan. Subjek yang digunakan pada teks iklan itu yaitu subjek orang pertama jamak, yakni kami.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Teks Iklan √ Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri, Kaidah  Contoh


Contoh Teks Iklan


Berikut ini yaitu pola teks iklan produk:



  • Dijual cepat motor matic Mio tahun 2015, warna biru, body lecet pemakaian, mesin masih bagus, Kilometer masih sedikit, harga 14 juta Nego, Hub. 082324252627

  • Jual batangan Samsung Galaxy J2, mulus, noken. Harga 1 juta nego. Minat hub.085266661234


Demikianlah telah kami jelaskan perihal Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri, Kaidah & Contoh, semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id