Monday, July 3, 2017

√ Pengertian Patriotisme Berdasarkan Para Ahli, Ciri, Perilaku Dan Contohnya

Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli, Ciri, Sikap dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana patriotisme. Yang mencakup pengertian patriotisme, pengertian patriotisme berdasarkan para ahli, ciri-ciri perilaku patriotisme, perilaku patriotisme dan referensi perilaku patriotisme dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami.



Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli, Ciri, Sikap dan Contohnya


Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.


Pengertian Patriotisme


Patriotisme merupakan suatu perilaku yang berani, tidak gampang menyerah, rela berkorban untuk bangsa dan negara. Patritisme ialah salah satu perilaku bela negara dan Nasionalis. Berdasarkan ensiklopedia Indonesia, patriotisme berasal dari bahasa Yunani yakni Patris yang artinya tanah air. Dan juga patriotisme berasal dari kata patriot dan isme yang artinya sifat kepahlawanan atau jiwa kepahlawanan dan dari bahasa Inggris heroism dan patrioism. Pengorbanan tersebut sanggup dalam bentuk harta benda atau jiwa raga.


Ungkapan Patriotisme memilii arti rasa kecintaan dan kesetiaan seorang terhadap tanah air dan bangsa. Patriotisme juga sanggup dimaknai sebagai rasa kagum terhadap tabiat istiadar kebiasaan bangsa, kebanggan terhadap sejarah dan kebudayaan dan juga perilaku mengabdi demi kesejahteraan


Arti patriotisme seringkali berubah seiring dengan berkembangnya zaman dan keperluan sebuah negara. Di zaman sebelum merdeka, perilaku patriotisme lahir dari rasa senasib sepenanggungan, setia mitra dan kebersamaan didalam berjuang menegakkan kemerdekaan bangsa.


Setelah Indonesia merdeka, perilaku patriotisme dirasakan dengan perilaku yang harus wajib dipunyai bangsa Indonesai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan juga harus dijadikan sebagai landasan atau dasar untuk berbuat melakukan pembangunan.


Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli


Dari pengertian diatas yang secara umum. Berikut ini ialah pengertian patriotisme berdasarkan para jago dengan masing-masing pendapatnya.


1. KUBI (Kamus Umum Bahasa Indonesia)


Pengertian Patriotisme berdasarkan KUBI ialah perilaku dan semangat yang sangat cinta kepada tanah air sehingga berani berkorban bila diharapkan oleh negara.


2. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


Pengertian Patriotisme berdasarkan KBBI ialah perilaku dan semangat yang sangat mengasihi tanah air sehingga berani berkorban bila diharapkan oleh negara.


3. Staub


Pengertian Patriotisme berdasarkan Staub ialah sebuah keterikatan seseorang pad akelompoknya baik mengenai suku, bangsa, maupun partai politk. Ia mengemuikakan bahwa ada dua jenis patriotisme yakni:



  • Patriotisme Buta ialah patriotisme sebagi keterikatan kepada negara tanpa memandang apapun. Ciri khas jenis patriotisme ini tidak mempertanyakan segala sesuatu, loyal dan tidak toleran terhadap kritik.

  • Patriotisme Konstruktif ialah patriotisme yang mendukung adanya kritik dan pertanyaan dari anggotanya demi tercapainya perubahan ke arah yang lebih baik untuk kesejahteraan anggotanya.


4. Budiyono


Pengertian Patriotisme berdasarkan Budiyono ialah perilaku yang berupaya menjaga kemerdekaan dengan segala cara, termasuk dengan mengorbankan jiwa dan raga.


5. Richard Aldington


Pengertian Patriotisme berdasarkan Richard Aldington ialah suatu rasa tanggung jawab kolektif yang hidup dan tentunya dibutuhkan dalam setiap bentuk kehidupan bersama, pada tingkat lokal maupun internasional.


6. Blank dan Schmidt


Pengertian Patriotisme dan Nasionalisme berdasarkan Blanck dan Schmidt ialah berbeda, mereka menyatakan bahwa nasionalisme lebih bernuasan mendominasi dan menonjolkan superioritas terhadap bangsa lain, sedangkan patriotisme lebih berbicara akan cinta dan loyalitas.


7. Ensiklopedia Indonesia


Pengertian Patriotisme berdasarkan Ensiklopedia Indonesia ialah rasa kecintaan dan kesetiaan seseorang pada tanah air dan bangsanya, kekaguman pada tabiat kebiasaan, pujian terhadap sejarah dan kebudayaannya, serta perilaku dedikasi demi kesejahteraan bersama.


Ciri-Ciri Patriotisme


Ciri-ciri dari patriotisme ialah sebagai berikut:



  • Patriotisme ialah solider yang memiliki tangungh jawab atas seluruh bangsa. Berarti, patriotisme menciptakan seseorang sanggup mengasihi bangsa dan negaranya tanpa menyebabkan sebagai tujuan untuk dirinya sendiri tetapi untuk kesejahteraan bangsa dan negara.

  • Patriotisme ialah realistis. Berarti patriotisme mau dan sanggup melihat kekuatan bangsa dan daya yang sanggup merusak bangsa dan bangsa lainnya.

  • Patriotisme merupakan rasa memiliki identitas diri, berarti mau melihat, mendapatkan dan berbagi abjad dan kepribadian bangsa sendiri

  • Patriotisme sifatnya terbuka, berarti melihat bangsanya dalam konsep hidup dunia, mau ikut serta didalamnya, dan bersedia berguru dari bangsa lain untuk memajukan bangsanya.

  • Patriotisme memiliki modal dan budaya rohani bangsa dan berjuang di masa sekarang untuk menuju impian yang ditetapkan.


Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli √ Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli, Ciri, Sikap dan Contohnya


Sikap Patriotisme Dan Contoh Sikap Patriotisme


Sikap patriotisme sanggup ditunjukkan dalam semangat cinta tanah air dengan cara berikut ini:


Sikap Rela Berkorban Mempertahankan Negara

Sikap ini sanggup ditunjukkan berupa kebersediaan berjuang dalam menuntaskan bahaya bangsa lain yang akan menjajah, bahaya dari dalam negeri, kegiatan yang sanggup merugikan negara dan petaka yang sanggup menciptakan kerusakan dan kehancuran dalam negara.


Sikap Untuk Mengisi Kelangsungan Hidup Negara

Sikap ini sanggup ditunjukkan dengan kebersediaan bekerja sesuai dengan bidangnya, sehingga sanggup menaikkan harkat, martabat dan tujuan bangsa.


Berikut ialah sebagian perilaku atau kegiatan yang mencerminkan jiwa patriotisme dalam kehidupan sehari-hari antara lain yakni:



  • Ikut dalam upacara hari besar kenegaraan

  • Ikut kegiatan bakti sosial

  • Ikut kegiatan sosial ibarat pramuka, PMR dan lain sebagainya

  • Rajin belajar

  • Menaati peraturan

  • Hormat kepada orang tua, guru dan juga orang disekitar

  • Membawa pancasilan dalam kehidupan sehari-hari

  • Dan lain-lain.


Demikianlah telah dijelaskan wacana Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli, Ciri, Sikap dan Contohnya, biar sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id