Wednesday, July 26, 2017

Fakta-Fakta Galaksi Andromeda Terlengkap

 yakni kumpulan beberapa benda langit yang mempunyai sentra dan beberapa benda langit lainny Fakta-Fakta Galaksi Andromeda TerlengkapGalaksi merupakan sebutan bagi sistem tata surya, yakni kumpulan beberapa benda langit yang mempunyai sentra dan beberapa benda langit lainnya mengalami pergerakan yang berkiblat pada sentra tersebut. Planet yang  kita diami yaitu planet Bumi. Planet Bumi merupakan sebuah bab dari sebuah Galaksi yang disebut dengan Galaksi Bimasakti.


Galaksi Bimasakti sendiri merupakan galaksi yang berbentuk menyerupai cakram. Galaksi Bimasakti mempunyai sebuah sentra yakni matahari, oleh alasannya yaitu itulah planet-planet di tata surya galaksi Bimasakti melaksanakan gerakan revolusi mengitari matahari. Di jagat raya sendiri ternyata tidak hanya terdapat satu galaksi saja menyerupai yang kita tempati.


Namun di luar sana ternyata ada galaksi lain yang ukurannya sanggup berkali- kali lipat dari ukuran galaksi yang kita tempati. Dengan demikian kita sanggup membayangkan sendiri betapa luasnya alam yang kita tempati ini. Mulai dari planet Bumi yang sanggup menampung semua insan saja sudah sangat luas, lalu planet lain yang ukurannya berkali- kali lipat dari Bumi, lalu matahari yang ukurannya super besar, lalu galaksi Bima Sakti yang sanggup kita bayangkan keluasannya, dan di luar sana masih ada beberapa galaksi lainnya. Mungkin juga di galaksi lain ada planet yang menyerupai dengan Bumi yang juga ditinggali oleh makhluk hidup menyerupai manusia, entahlah.


Dari beberapa galaksi yang ada di alam semesta, salah satu galaksi yang berada paling bersahabat dengan galaksi Bimasakti (sehingga disebut sebagai galaksi tetangga) yaitu galaksi Andromeda. Galaksi Andromeda yaitu galaksi yang berbentuk spiral yang letaknya bersahabat dengan galaksi Bima Sakti. Galaksi ini bahkan sanggup dilihat dengan mata insan pada kondisi tertentu, yakni pada dikala langit cerah tanpa cahaya bulan dan juga tanpa polusi cahaya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai galaksi Andromeda agar kita sanggup lebih mengenal mengenai galaksi tetangga ini.


Galaksi Andromeda merupakan galaksi yang mempunyai nama lain Messier 31, NGC 224 dan masih banyak lagi sebutannya (akan dijelaskan di bawah). Galaksi Andromeda mempunyai bentuk spiral. Galaksi ini mempunyai jarak kira- kira 780 kiloparsec atau 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi. Ada beberapa fakta atau data mengenai galaksi Andromeda. Data-data ini diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan. Adapun data-data seputar galaksi Andromeda antara lain sebagai berikut:



  • Konstelasi : Andromeda

  • Asensio Rekta : 00 j 42 m 44,3 d

  • Deklinasi : +41° 16’ 9’’

  • Pergeseran Merah : z= -0, 001001

  • Kecepatan Radial : -301 ± 1 km/s

  • Jarak : 2,5 juta tahun cahaya

  • Tipe : SA(s)b

  • Massa : 0,8-1 x


Nah, itulah beberapa gosip atau data-data mengenai galaksi Andromeda yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan para astronom dan juga para ilmuwan. Galaksi Andromeda, menyerupai yang telah dijelaskan di atas, bahwa galaksi ini sanggup dilihat dengan mata telanjang dalam kondisi tertentu. Berikut



  • Letak Galaksi Andromeda


Galaksi Andromeda merupakan galaksi yang berada di jarak paling bersahabat dengan galaksi Bima Sakti. Karena kedekatannya, hingga galaksi ini sanggup kita saksikan eksklusif dari Bumi pada dikala tertentu. Saat- dikala yang sanggup kita manfaatkan untuk melihat galaksi Andromeda yaitu ketika langit cerah pada malam hari, tanpa cahaya bulan dan juga tanpa polusi cahaya tentunya. Lalu, di sebelah mana sih kita sanggup melihat galaksi Andromeda dan berbentuk menyerupai apakah galaksi ini?


Jadi, galaksi Andromeda berada di langit bab utara, tepatnya sekitar 41 derajat di sebelah utara garis khatulistiwa. Ketika dilihat dengan mata telanjang, galaksi ini tampak menyerupai kabut yang tipis. Namun apabila kita amati dengan memakai teleskop atau teropong untuk me.ihat bintang maka akan tampak bintang- bintang yang berada di sebelah tepian dari galaksi Andromeda ini yang jumlahnya banyak.



  • Waktu untuk Melihat Galaksi Andromeda


Di atas telah disebutkan bahwasannya waktu yang sempurna untuk mengamati galaksi Andromeda yaitu ketika langit cerah tanpa cahaya bulan dan juga tanpa polusi cahaya. Namun lebih spesifik lagi waktu untuk melihat galaksi ini yaitu ketika memasuki bulan September, Oktober dan juga November. Di bulan- bulan ini tentu akan lebih gampang untuk mengamati keberadaan galaksi Andromeda.



  • Nama Lain Galaksi Andromeda


Galaksi Andromeda mempunyai beberapa nama lain yang disematkan kepadanya. Adapun beberapa nama lain dari galaksi Andromeda antara lain yaitu Messier 31, NGC 224, UGC 454, 2C 56 (Core), CGCG 535-17, MCG +07-02-016, IRAS 00400+4059, 2 MASX J00424433++4116074, GC 116, h 50, Bode 3, Flamsteed 58, Hevelius 52, Ha 3.3, IRC +40013. Itulah beberapa nama lain dari galaksi Andromeda, banyak sekali ya.



  • Jumlah Bintang di Galaksi Andromeda


Jumlah bintang yang berada di Galaksi Andromeda berdasarkan penelitian yaitu sekitar 1 triliun bintang yang terdiri dari aneka macam ukuran.


Demikianlah gosip yang sanggup kami sampaikan mengenai galaksi Andromeda. Semoga bermanfaat untuk kita semua.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com