Thursday, July 6, 2017

√ Bijakkah Meminjam Sampai Rp 10 Juta Untuk Berlibur Hanya Untuk Liburan Trend Perayaan Ini?

Jalan-jalan atau liburan memang merupakan salah satu acara menyenangkan yang sanggup mengilangkan penat bekerja di kantor seketika, atau sekedar membuat waktu embel-embel untuk menjaga kekerabatan dengan keluarga atau teman-teman.


Kalau sekedar berlibur di rumah saja atau hanya pergi di sekitar dalam kota saja, mungkin anda tidak perlu terlalu memikirkan perencanaan biaya dan kegiatan yang matang. Namun, untuk melepas penuh kepenatan atau mendapat kepuasan yang maksimal dari momen liburan, biasanya yang dipilih ialah berlibur ke tempat yang jauh menyerupai ke luar kota atau bahkan ke luar negeri.


Selain memikirkan acara menyenangkan yang akan dilakukan di tempat berlibur, tentunya ada hal yang lebih penting untuk dipikirkan. Dana yang jumlahnya tidak sedikit tentu harus dimiliki biar liburan anda sanggup terealisasi dengan baik.


Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling terkenal di Indonesia Halomoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa ketika berlibur ke tempat jauh, anda perlu memikirkan dengan matang biaya-biaya yang akan timbul dan bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan dananya.


“Untuk saya berlibur bersama keluarga saya, perencanaan tempat tujuan, aktivitas, dan jenis biaya apa saja yang akan dikeluarkan memang penting. Namun, saya juga merencanakan dari jauh hari untuk sumber dana berlibur tersebut,” kata Jay melalui keterangan tertulisnya.


Ia mencotohkan beberapa macam pengeluaran yang perlu dipikirkan ketika berlibur jauh ialah tiket pesawat, kemudahan di kawasan liburan anda, biaya transpotasi lokal, tiket masuk ke objek wisata tertentu, biaya belanja untuk buah tangan dan kuliner, serta biaya tidak terduga. Bagi yang membiayai perjalanan bersama keluarga, tentu perlu memikirkan jumlah biaya untuk tiap orang sebab harga tiket objek wisata sanggup berbeda untuk usia tertentu.


Jika anda sudah mulai memperkirakan jumlah biaya yang akan dikeluarkan untuk kegiatan berlibur, maka langkah berikutnya yang perlu dipikirkan dengan matang ialah sumber dana untuk menutupi seluruh biaya liburan anda. Ada beberapa hal yang sanggup anda lakukan untuk mendapat sumber dana tersebut.


Sebagai contoh, anda membutuhkan Rp 30 juta untuk membiayai perjalanan liburan keluarga anda ke luar negeri di momen liburan pada 10 bulan yang akan datang. Kemudian, ketika ini anda mempunyai penghasilan Rp 10 juta per bulan. Bagaimana anda sanggup memperoleh sumber dana untuk memenuhi kebutuhan liburan tersebut?


Anda sanggup memisahkan rekening khusus untuk dana liburan dengan rekening lain untuk dana sehari-hari dan dana darurat atau dana hari tua. Misalkan biaya bulanan anda ialah Rp 8 juta dan anda mempunyai Rp 2 juta atau 20% dari penghasilan untuk disisihkan setiap bulan.


Anda sanggup memakai 10% dari penghasilan atau Rp 1 juta untuk diisi ke rekening khusus dana liburan. Sisa penghasilan yang 10% lagi tetap disisihkan untuk dana hari bau tanah atau dana darurat. Penyisihan tiap bulan minimal 10% untuk tabungan darurat atau hari bau tanah ialah salah satu prinsip administrasi keuangan personal yang bijak.


Jika ini terus dilakukan tiap bulan, maka anda akan memperoleh Rp 10 juta di rekening dana liburan anda ketika tiba waktunya berlibur. Masih ada kekurangan sebesar Rp 20 juta. Untuk menyiasati kekurangan dana ini, ada beberapa cara yang sanggup dilakukan.


Pertama, lakukan penghematan atas biaya bulanan anda. Jika anda sanggup menghemat sampai Rp 500 ribu per bulan untuk 10 bulan ini, maka anda akan mendapat embel-embel dana Rp 5 juta lagi untuk mengisi rekening liburan anda. Dengan ini, anda akan mempunyai Rp 15 juta pada waktunya tiba.


Kedua, jual barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan. Anda sanggup menjual baju, sepatu, tas, atau handphone yang sudah tidak anda gunakan lagi kepada teman, saudara, atau bahkan menaruhnya di situs jual-beli online. Anda sanggup mendapat uang embel-embel dari hasil penjualan barang bekas tersebut. Jika anda mendapat embel-embel sampai Rp 5 juta, maka anda akan memilliki Rp 20 juta (Rp 5 juta ditambah dengan Rp 15 juta dari penyisihan penghasilan bulanan anda).


Saai ini, anda masih mempunyai kekuarangan dana sebesar Rp 10 juta untuk sanggup mencapai Rp 30 juta. Cara ketiga yang mungkin anda pikirkan ialah memakai dukungan untuk menutupi sisanya.


Anda mungkin berpikir untuk meminjam dari bank dengan memanfaatkan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) sebab memang prosesnya cenderung mudah, cepat, dan tingkat bunganya tetap. Anda bahkan sanggup saja mengabaikan kedua cara di atas dan menentukan untuk mengajukan KTA sesaat sebelum liburan untuk mendapat dana express. Namun, bijakkah meminjam atau memakai KTA untuk berlibur?


Dalam pernyataan tertulisnya, Jay menyampaikan bahwa liburan intinya merupakan kegiatan yang bersifat konsumtif dan dinikmati untuk periode waktu yang singkat. Pemenuhan dana dengan cara meminjam lebih sempurna dipakai untuk kegiatan yang bersifat produktif menyerupai modal membuka usaha, atau properti yang mempunyai manfaat jangka panjang menyerupai kendaraan beroda empat dan rumah.


“Fasilitas dukungan menyerupai KTA tentu tidak diberikan gratis kepada kita sebagai nasabah bank. Saya tidak ingin repot memikirkan utang yang harus saya lunasi beserta bunganya sesudah berlibur. Saya ingin berlibur untuk menghilangkan kepenatan saya dari bekerja, bukan untuk menambah kepenatan sebab harus melunasi bunga dari utang berlibur,” ujar Jay dalam pernyataan tertulisnya.


Satu cara lain yang lebih kondusif dibandingkan memakai dukungan untuk berlibur ialah dengan memakai kartu kredit. Berbeda dengan KTA, kartu kredit menawarkan banyak sekali fasilitas yang lebih cocok untuk dimanfaatkan dalam kegiatan yang bersifat konsumtif.


Anda sanggup memakai kartu kredit yang sempurna ketika berbelanja bulanan untuk menikmati fitur diskon atau cash back di supermarket atau toko ritel langganan anda. Hal ini sanggup menambah nilai penghematan bulanan anda. Selain itu, beberapa kartu kredit tertentu mempunyai poin bonus yang disebut Air Miles.


Poin Air Miles mempunyai cara kerja yang menyerupai dengan dengan poin reward yang umum ada di kartu kredit, dan sanggup dipakai untuk menebus atau mendapat tiket pesawat, layanan akomodasi, atau upgrade layanan travel tertentu. Poin ini biasanya diperoleh dari pembelian tiket pesawat memakai kartu kredit, namun beberapa kartu kredit menyediakan fasilitas konversi poin reward menjadi poin Air Miles dengan tingkat konversi tertentu.


Anda sanggup melihat website Halomoney.co.id untuk menyidik banyak sekali jenis kartu kredit yang sempurna sesuai dengan kebutuhan anda. Sebagai contoh, berikut ini perbandingan beberapa produk kartu kredit dan poin Air Miles yang sanggup diperoleh dari pembelian layanan penerbangan.


jalan atau liburan memang merupakan salah satu acara menyenangkan yang sanggup mengilang √ Bijakkah meminjam sampai Rp 10 juta untuk Berlibur hanya untuk Liburan Musim Perayaan Ini?


Keuntungan lain yang anda peroleh dengan kartu kredit ialah fasilitas diskon atau cicilan nol persen untuk layanan penerbangan atau kemudahan yang berhubungan dengan bank penyedia kartu kredit tersebut. Anda sanggup berlibur dengan harga yang lebih murah, sehingga kekurangan dana sanggup tertutupi dengan diskon atau dibayar dengan kartu kredit yang kemudian dicicil dengan fasilitas nol persen, yang berarti tidak ada biaya bunga.


Hal yang paling bijak dalam merencanakan liburan ialah membuat perencanaan pemenuhan sumber dananya dari jauh hari. Manfaatkan dengan bijak sumber penghasilan anda serta gunakan fasilitas kartu kredit yang sesuai untuk mendapat penghematan maksimal, dan anda sanggup berlibur dengan hening dan nyaman.



Sumber https://duwitmu.com