Monday, July 3, 2017

4 Daerah Persebaran Hutan Trend Di Indonesia

Hutan merupakan sebuah tempat yang sanggup dikatakan sangat penting. Kawasan hutan sendiri mempunyai fungsi yang sanggup dikatakan tak sanggup kita sepelekan begitu saja. Ketika kita membicarakan mengenai hutan maka kita tak sanggup begitu saja mengabaikan manfaat yang terkandung di dalamnya. Planet bumi sendiri mempunyai banyak sekali area hutan yang tersebar luas di seluruh daerah.


Selama ini kita mengenal beberapa jenis hutan di dunia yang ada menyerupai hutan mangrove, hutan hujan tropis, hutan musim, serta beberapa jenis-jenis hutan di dunia yang sangat banyak jumlahnya. Kawasan hutan tersebut merupakan sebuah tempat yang sangat penting dan sangat kuat pada kelangsungan hidup dari lingkungan di sekitarnya.


Jika membicarakan mengenai persebaran tempat hutan maka indonesia tak sanggup di abaikan begitu saja. Sebagai salah satu negara dengan tempat hutan terlebat, nama Indonesia memang menjadi sorotan dalam problem hutan. Indonesia ialah salah satu tempat yang mempunyai luasan bioma hutan hujan tropis sangat besar di dunia.


Namun, intinya sendiri ada banyak sekali jenis-jenis hutan di Indonesia itu sendiri. Selain itu sanggup dikatakan bahwa persebaran hutan di Indonesia cukup merata, dengan aneka macam jenis vegetasi di dalamnya.


Kali ini kita akan membahas mengenai persebaran salah satu jenis hutan yang ada di Indonesia. Kita akan membahas mengenai persebaran hutan ekspresi dominan di Indonesia. Hutan ekspresi dominan ini merupakan salah satu hutan yang cukup sering dijumpai di Indonesia, meskipun mungkin jumlahnya tidak terlalu banyak. Tapi, ada beberapa lokasi hutan ekspresi dominan di Indonesia yang perlu kita ketahui.


Hutan musim sendiri merupakan salah satu jenis hutan yang sanggup dikatakan cukup berbeda dari jenis hutan yang lain. Pada hutan ekspresi dominan kondisi dari hutan itu sendiri akan sangat mengikuti  kondisi dari lingkungan yang ada pada daerah tersebut. Kondisi hutan ekspresi dominan akan sangat bergantung pada dinamika perubahan atmosfer pada suatu wilayah.


Perubahan kondisi ini sendiri dapa ditandai dengan aneka macam macam. secara normal memang hutan ekspresi dominan biasanya sangat sanggup ditemukan pada beberapa negara yang mempunyai 4 musim. Namun, persebaran hutan ekspresi dominan di Indonesia sendiri juga sanggup kita temukan menyerupai pada,


1. Jawa Timur


Kawasan persebaran hutan ekspresi dominan di Indonesia yang pertama ada di tempat Jawa Timur. Pada hutan ekspresi dominan di indonesia sendiri terutama di jawa timur biasanya terdiri dari hutan homogen. Artinya ialah hutan ekspresi dominan di Jawa timur kebanyakan hanya di dominasi oleh satu jenis pohon saja. salah satu jenis pohon yang sanggup ditemukan di tempat Jawa Timur ialah Pohon jati atau yang berjulukan ilmiah Tectona grandis. Salah satu ciri-ciri hutan ekspresi dominan yang sanggup kita temukan di tempat jawa timur ialah dikala ekspresi dominan kemarau maka hutan ini akan terlihat gersang. Kondisi gersang ini dikarenakan pepohonan yang di dominasi oleh jati ini akan menggugurkan semua daunnya.


2. Nusa Tenggara


Kawasan selanjutnya di Indonesia yang mempunyai daerah hutan ekspresi dominan cukup banyak ialah tempat Nusa tenggara. Baik tempat nusa tenggara timur maupun nusa tenggara barat. Kawasan hutan ekspresi dominan di daerah nusa tenggara ini sendiri sanggup dikatakan cukup berbeda dari tempat jawa timur. Pada tempat ini bisanya wilayahnya lebih di dominasi dengan jenis hutan yang jauh lebih tahan terhadap kekeringan. Salah satu jenis pohon yang cukup banyak diketemukan pada tempat ini ialah jenis kayu putih dan beberapa jenis lain. Meskipun kita ketahui bersama bahwa pada tempat Nusa tenggara ini sendiri lebih banyak di dominasi oleh bioma savana.


3. Sulawesi Selatan


Kawasan persebaran hutan ekspresi dominan di indonesia selanjutnya ialah pada daerah sulawesi selatan. Pada tempat ini hutan ekspresi dominan yang ada memang sedikit berbeda dari yang lain. Hal tersebut dikarenakan jenis tumbuhan dan fauna yang ada di daerah indonesia tengah ini memang berbeda. Maka dari hal itu sangat jarang ditemukan beberapa jenis pohon yang biasa terdapat di dalam hutan musim, menyerupai jati dan sejenisnya. Pada tempat ini, biasanya hutan musimnya akan di dominasi oleh pepohonan yang berdaun lebih kecil dan meruncing. Salah satu jenis pohonnya ialah Eboni dan beberapa jenis damar yang cukup terkenal.


4. Yogyakarta


Kawasan yogyakarta merupakan salah satu tempat yang cukup populer dengan kondisi hutan musimnya. Sama halnya dengan tempat yang terdapat di jawa timur, kebanyakan hutan ekspresi dominan di daerah ini lebih di dominasi oleh jenis pohon jati dan sejenisnya. Namun, pada beberapa daerah tempat hutan ekspresi dominan di Yogyakarta lebih di dominasi oleh jenis pohon pinus dan cemara. Persebaran tempat hutan ekspresi dominan yang mempunyai jenis berbeda-beda ini sanggup dipetakan dan dilihat pada beberapa daerah yang ada di yogyakarta.


Itulah tadi beberapa tempat persebaran hutan ekspresi dominan di indonesia yang sanggup kita ketahui. Meskipun indonesia populer dengan tempat hutan tropisnya yang cukup besar. Namun, pada beberapa daerah justru hutan ekspresi dominan yang sanggup dikatakan cukup kuat besar. Semoga gosip tadi bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com