Wednesday, July 5, 2017

3 Perbedaan Kaldera Dan Kawah Terlengkap

Kaldera merupakan fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah sehabis terjadi letusan vulkanik. Kaldera ini ibarat gunung yang runtuh akhir kekosongan tanah yang ada di bawahnya. Menurut proses terbentuknya, kaldera terbentuk akhir runtuhan permukaan tanah lantaran kosongnya kantung magma yang berada di bawah gunung berapi dan biasanya terjadi sehabis erupsi pada gunung.


Apabila magma yang dikeluarkan cukup banyak maka kantung magma yang kosong tidak akan berpengaruh mendukung struktur gunung yang ada di atasnya. Patahan melingkar yang ada di sekitarnya akan memicu keluarnya isi magma lain melalui jalan keluar. Dengan demikian, kosongnya kantong magma ini akan menyebabkan runtuhnya potongan tengah dari gunung api tersebut. Luasnya potongan yang runtuh ini sanggup mencapai puluhan bahkan sampai ratusan kilometer.


Pengertian Kawah


Kawah juga dikenal dengan istilah kepundan. Kawah merupakan potongan dari gunung berapi yang merupakan ujung dari lubang angin tempat magma keluar dalam bentuk gas, lava atau ejecta. Secara sitilah, pengertian kawah atau kepundan merupakan depresi melingkar di permukaan tanah yang disebabkan lantaran acara vulkanik.


Luas kawah majemuk antara satu gunung dengan lainnya. Hal ini juga tergantung pada besar kecilnya letusan. Adapun letusan yang sangat dasyat sanggup menyebabkan kantong magma menjadi kosong dan meruntuhkan tempat di sekitar kawah atau kepundan yang disebut dengan kaldera.


Kesimpulan Perbedaan Kaldera dan Kawah


Di atas kita telah mengetahui pengertian dari kaldera dan juga kawah atau kepundan beserta dengan asal muasal terbentuknya. Memang kedua objek ini sering tertukar lantaran bentuknya yang mungkin sama. Namun terlihat terang perbedaan antara keduanya, beberapa point perbedaan di antara keduanya antara lain sebagia berikut:



  • Kawah merupakan potongan ujung dari lubang angin tempat magma keluar dalam bentuk gas, lava atau ejencta. Sementara kaldera merupakan fitur yang terbentuk akhir runtuhnya potongan gunung

  • Kaldera merupakan tempat di sekitar kawah yang runtuh akhir kosongnya kantong magma di bawah gunung berapi.

  • Dilihat dari luasnya, biasanya kaldera lebih luas daripada kawah atau kaldera.


Nah itulah beberapa isu mengenai perbedaan antara kaldera dan kawah atau kepundan. Semoga isu ini sanggup menambah pengetahuan kita.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com