Thursday, June 15, 2017

√ Satuan Program Penyuluhan (Sap) Tumbuh Kembang Anak


SATUAN ACARA PENYULUHAN




1.       Pokok bahasan                  : Tumbuh Kembang Anak
2.       Subpokok bahasan            : -
3.       Tempat                              : 
4.       Waktu                               : 20 menit
5.       Hari/Tanggal                     : 
6.       Sasaran                             : 
7.       Penyuluh                           :
8.       Tujuan                              
a.             Tujuan Umum
         Setelah diberikan penyuluhan selama 1x20 menit, klien bisa mengerti dan memahami ihwal duduk kasus tumbang anak.
b.            Tujuan Khusus
         Setelah diberikan penyuluhan selama 1x20 menit klien dapat:
1.      Menyebutkan pengertian pertumbuhan dan perkembangan dengan benar.
2.      Menyebutkan 2 dari 3 tahap-tahap oertumbuhan dan perkembangan yang dialami.
3.      Menjelaskan kembali faktor-faktor yang menghipnotis tumbang
4.      Menyebutkan 2 dari setiap fase perkembangan.
9.       Metode                 : Ceramah, diskusi
10.   Media                   : Lembar balik, leaflet
11.   Sumber                 : Modul KIE untuk ibu/keluarga balita di kota Sukabumi
                                      tahun 2004.
12.   Materi                   :
a.       Pengertian tumbuh Kembang
b.      Tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan yang dialami
c.       Faktor-faktor yang menghipnotis tumbang
d.      Fase perkembangan pada anak

13.   Kegiatan Penyuluhan      
Waktu
Tahap kegiatan
K e g i a t an
Penyuluh
Sasaran
5 menit
Pembukaan
  1. Membuka program dengan mengucapkan salam kepada sasaran
  2. Menyampaikan topik dan tujuan penkes kepada sasaran

  1. Kontrak waktu untuk akad pelaksanaan penkes dengan sasaran
  1. Menjawab salam


  1. Mendengarkan penyuluh memberikan topik dan tujuan.
  2. Menyetujui akad waktu pelaksanaan penkes
10 menit
Kegiatan inti
  1. Mengkaji ulang pengetahuan target ihwal materi penyuluhan.

  1. Menjelaskan materi penyuluhan kepada target dengan memakai lembar balik dan leaflet.

  1. Memberikan kesempatan kepada target untuk menanyakan hal-hal yang belum di mengerti dari meteri yang dijelaskan penyuluh.

  1. Menyampaikan pengetahuannya ihwal materi penyuluhan
  2. Mendengarkan penyuluh memberikan materi
  3. menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti dari materi penyuluhan

10 menit
Evaluasi/ penutup
  1. Memberikan pertanyaan kepada target ihwal materi yang sudah disampaikan penyuluh
  2. Menyimpulkan materi penyuluhan yang telah disampaikan kepada sasaran
  3. Menutup program dan mengucapkan salam serta terima kasih kepada sasaran.
  1. Menjawab pertanyaan yang diajukan penyuluh

  1. Mendengarkan penyampaian kesimpulan
  2. Mendengarkan penyuluh menutup program dan menjawab salam

14.   Evaluasi
a.       Prosedur : Post test
b.      Bentuk    : Lisan
c.       Jenis       : Verbal
d.      Butir Pertanyaaan
1.        Jelaskan Pengertian tumbuh Kembang!
2.        Sebutkan 2 dari 3 Tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan yang dialami!
3.        Jelaskan Faktor-faktor yang menghipnotis tumbang!
4.        Jelaskan 2 dari setiap Fase perkembangan pada anak!





Lampiran Materi

KONSEP DASAR TUMBANG ANAK

1.      Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan
Tumbang merupakan dua proses yang saling berkaitan dan sulit untuk dipisahkan.
Pertumbuhan
Yaitu yang berkaitan dengan duduk kasus perubahan dalam besar jumlah, ukuran yang bisa diukur dengan ukuran berat (gram, pounds, Kg), ukuran panjang (milimeter, centimeter, meter). Contoh : BB, TB, PB.
Perkembangan
Akibatnya kemampuan / skill/ kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam polay / teratur. Sebagai hasil dari proses kematangan. Pertumbuhan berdampak pada aspek fisik.
2.      Tahap-tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
Proses Pertumbuhan yang Dialami
Pertumbuhan paling cepat terjadi pada masa bayi yaitu semenjak ia lahir hingga berumur 1 tahun. Hal ini terlihat dari pertumbuhan BB ketika bayi umur 6 bulan BB nya 2x lipat dari BB ketika lahir dan usia 12 bulan BB nya + 3x lipat dari BB waktu lahir.
Proses Perkembangan yang Dialami
F  Perkembangan Motorik
Perkembangan yang bekerjasama dengan kemampuan duduk, berjalan, melompat, menulis, mengambil sesuatu.
F  Perkembangan Bahasa
Berhubungan dengan kemampuan mendengar, mengerti dan memakai bahasa.
F  Perkembangan Sosial
Untuk bekerjasama dengan orang lain, pola : bermain dengan teman.
3.      Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tumbang
Faktor Genetik
Faktor keturunan sangat memilih kualitas dan kuantitas pertumbuhan. Contoh : jenis kelamin, suku bangsa.
Faktor Lingkungan
F  Sebelum Hamil (Prenatal)
Gizi ibu waktu hamil, obat-obatan yang dikonsumsi, penyakit yang diderita ketika hamil, stress berat (cedera) yang pernah dialami ketika hamil, pola : terjatuh/kecelakaan stress, pekerjaan yang terlalu berat.
F  Post Natal (Setelah Lahir)
Ras, jenis kelamin, umur, gizi, perawatan kesehatan, penyakit kronis, cuaca dan musim, sanitasi, kebersihan rumah, stimulasi, motivasi orang tua, cara mendidik dan sosok keluarganya.
4.      Fase Perkembangan dan Pertumbuhan Anak
Dari Lahir hingga 3 Bulan
-          Belajar mengangkat kepala.
-          Belajar mengikuti objek dengan matanya.
-          Melihat ke muka orang dengan tersenyum.
-          Bereaksi terhadap suara/bunyi.
-          Melihat ibunya dengan penglihatan, penciuman, telinga dan komtak.
-          Menahan barang yang dipengannya.
Dari 3 hingga 6 Bulan
-          Mengangkat kepala 90 derajat dan mengangkat dada dengan tangan.
-          Mulai mencar ilmu meraih benda-benda yang ada dalam jangkauannya atau di luar jangkauannya.
-          Menaruh benda-benda di mulut.
-          Berusaha memperluas lapangan pandangan.
-          Tertawa dan menjerit alasannya bangga kalau diajak bermain.
-          Mulai berusaha mencari benda-benda yang hilang.
Dari 6 hingga 9 Bulan
-          Dapat duduk tanpa dibantu.
-          Dapat tengkurep dan berbalik sendiri.
-          Dapat merangkak meraih benda atau mendekati seseorang.
-          Memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain.
-          Memegang benda kecil dengan ibu jari dan jari telunjuk.
Dari 9 hingga 12 Bulan
-          Dapat bangkit sendiri tanpa dibantu.
-          Dapat berjalan dengan dituntun.
-          Menirukan suara.
-          Mengulang bunyi yang didengarnya.
-          Belajar menyampaikan satu atau dua kata.
-          Mengerti perintah sederhana larangan.
Dari 12 hingga 18 bulan
-          Berjalan dan mengeksplorasi rumah sekeliling rumah.
-          Menyusun 2 atau 3 kotak.
-          Dapat menyampaikan 5-10 kata.
-          Memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing.
Dari 18 hingga 24 bulan
-          Naik turun tangga.
-          Menyusun 6 kotak.sss
-          Menunjuk mata dan hidungnya.
-          Menyusun dua kata.
-          Belajar makan sendiri.
-          Menggambar garis di kertas atau pasir.
Dari 2 hingga 3 Tahun
-          Belajar meloncat, memanjat, melompat, ddengan satu kaki.
-          Membuat jembatan dengan 3 kotak.
-          Mampu menyusun kalimat.
-          Mempergunakan kata-kata saya, bertanya, mengerti kata-kata yang ditujukan kepadanya.
Dari 3 hingga 4 Tahun
-          Berjalan-jalan sendiri mengunjungi tetangga.
-          Berjalan pada jari kaki.
-          Belajar berpakaian dan membuka pakaian sendiri.
-          Menggambar garis silang.
-          Menggambar orang hanya kepala dan badan.
-          Mengenal 2 atau 3 warna.
-          Bicara dengan baik.
-          Menyebut namanya, jenis kelamin dan umurnya.
-          Banyak bertanya.
Dari 4 hingga 5 Tahun
-          Melompat dan menari.
-          Menggambar orang terdiri dari kepala, lengan, badan.
-          Menggambar segi tiga dan segi empat.
-          Pandai bicara.
-          Dapat menghitung jari-jarinya.
-          Dapat menyebut hari-hari dalam seminggu.
-          Dapat mencuci tangan tanpa bantuan.

BACA JUGA INFORMASI TERKAIT LAINNYA:

SEPERTI APAKAH TUMBUH KEMBANG ANAK PADA USIA INFANT (0-1 TAHUN): aciknadzirah.blogspot.com/search?q=konsep-tumbuh-kembang-anak-pada-usia
MENGENAL GIZI BURUK, GIZI SEIMBANG DAN PERAWATAN ANAK GIZI BURUK: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=konsep-tumbuh-kembang-anak-pada-usia

------SEMOGA BERMANFAAT-----

Sumber http://macrofag.blogspot.com