Thursday, June 15, 2017

√ Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat Dimensi

Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal ekuitas merek atau brang equity. Yang mencakup pengertian ekuitas merek, fungsi dan manfaat ekuitas merek, dimensi ekutias merek dan membangun ekuitas merek dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawha ini dengan secama.



Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi


Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Ekuitas Merek (Brang Equity)


Ekuitas merek atau merk equity yakni kekuatan dari suatu merek. Dengan merek yang kuat sebuah perusahaan bisa mengelola aset-aset mereka dengan baik, meningkatkan arus kas, meluaskan pangsa pasar, memilih harga premium, membatasi biaya promosi, peningkatan penjualan, menjaga stabilitas dan meningkatkan keunggulan kompetitif. Menurut persektif konsumen, ekuitas merek yakni sebuah reposn atau balasan dari konsumen terhadap suatu produk.


Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli


1. Kotler dan Keller (2009:263)


Pengertian ekuitas merek (brand equity) berdasarkan Kotler dan Keller yakni nilai tambah yang diberikan pad aproduk dan jasa. Ekuitas merek sanggup tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasa dan bertindak dalam hubungannya dengan merek, dan juga harga, pangsa pasar dan profitabilitas yang diberikan merek untuk perusahaan.


2. Supranto dan Limakrisna (2011:132)


Pengertian ekuitas merek (brand equity) berdasarkan Supranto dan Limakrisna yakni nilai yang ditentukan oleh konsumen pada suatu merek di atas dan diluar karakteristik/atribut fungsional dari produk.


3. Tjiptono (2004:36)


Pengertian ekuitas merek (brand equity) berdasarkan Tjiptono yakni serangkaian aset dan kewajiban merek yang terkait dengan sebuah merek, nama , dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan dan atau pelanggan perusahaan tersebut.


4. Susanto Dan Wijarnako (2004:127)


Pengertian ekuitas merek (brand equity) berdasarkan Susanto dan Wijarnako yakni seperangkat aset dan liabilitas merek yang berafiliasi dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh suatu barang atau jasa kepada perusahaan atau pelanggan.


Fungsi Dan Manfaat Ekuitas Merek (Brang Equity)


Ekuitas merek bisa kuat terhadap kepercayaan diri konsumen dalam pengambilan keputusan membeli baik itu disebabkan adanya pengalaman di masa kemudian dalam menggunakan merek tersebut ataupun kedekatan dengan merek dan karakteristiknya.


Menurut Simamora (2003:49) ekuitas merek memiliki beberapa fungsi dan manfaat antara lain:



  • Loyalitas memungkinkan adanya pembelian/transaksi berulang atau apabila konsumen tersebut yakni commited buyer, tidak hanya terhenti di pembelian ulang, tetapi konsumen juga bisa menganjurkan atau memberi rekomendasi kepada orang lain.

  • Memungkinkan perusahaan memilih harga yang lebih tinggi (premium) yang artinya laba yang lebih tinggi untuk perusahaan.

  • Memberi dapat dipercaya terhadap produk lain yang menggunakan merek tersebut.

  • Memungkinkan return yang lebih tinggi

  • Sebagai pembeda relatif dengan pesaing yang terang bernilai dan berkesinambungan

  • Sangat fokus internal yang jelas

  • Membuat adanya toleransi konsumen pada kesalahan produk atau perusahaan, melalui loyalitas yang tinggi kepada merek tersebut

  • Menjadi faktor yang menarik pegawai yang berkualitas, dan juga mempertahankan pegawai yang loyal

  • Menarik konsumen untuk hanya menggunakan faktor merek dalam mengambil keputusan membeli


Dimensi Ekuitas Merek


Ekuitas merek terbentuk dari empat dimensi, yakni kesadaran merek (brand awareness), persepsi kualitas (perceived quality), asosiasi merek (brang association), loyalitas merek (brand loyalty)


Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Adalah kemampuan konsumen untuk mengenali atau ingat kembali terhadap suatu merek dan menghubungkannya dengan suatu kategori produk tertentu.


Persepsi Kualitas (Percieved Quality)

Persepsi kualitas kepada merek menunjukkkan respon seluruh konsumen kepada kualitas dan keunggulan yang ditawarkan merek.


Asosiasi Merek (Brand Association)

Asosiasi merek berkaitan dengan segala sesuatu yang berafiliasi dalam memori pelanggan kepada suatu merek.


Loyalitas Merek (Brand Loyalty)

Loyalitas merek yakni janji yang kuat dalam berlangganan atau melaksanakan pembelian kembali sebuah merek secara konsisten pada masa yang akan datang.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal ekuitas merek atau brang equity √ Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat  Dimensi


Membangun Ekutas Merek

Ekuitas merek bisa dibangun dengan menciptakan struktur pengetahuan merek yang sempurna untuk pelanggan yang tepat. Proses ini tergantung dari seluruh kontak yang terhubung dengan merek (baik yang dijalankan oleh pemasar atau bukan).


Menurut Philip Kotler (2002:268), berdasarkan persepktif administrasi pemasaran ada tiga komponen yang menggerakkan ekuitas merek, yakni:



  • Pilihan awal untuk elemen atau identitas merek yang menciptakan merek (nama merek, Url, logo, lambang, karakter, juru bicara, lagu, kemasan, papan iklan, slogan)

  • Produk dan jasa serta seluruh acara pemasaran dan jadwal pemasaran yang mendukung serta ikut serta.

  • Asosiasi lain yang diberikan dengan tidak eksklusif pada merek dengan mengaitkan merek tersebut dengan beberapa entitas lain (orang, tempat, barang)


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi, supaya sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id