Saturday, June 17, 2017

√ Pengertian Dan Fungsi Keyboard

Selamat pagi teman-teman semuanya, selamat liburan juga bagi yang libur. Kalau libur enaknya sih baca-baca artikel di gudangilmukomputer.com saja, hehe. Insya Allah semua artikel disini akan saya tulis dengan sebaik mungkin biar bermanfaat. Dipagi yang indah ini kita akan membahas mengenai pengertian dan fungsi dari keyboard.

Pengertian Keyboard

Keyboard yaitu alat input dan merupakan salah satu perangkat keras komputer yang mempunyai macam-macam tombol yang mempunyai fungsi yang berbeda tergantung pada penekanannya yang sanggup menghasilkan proses sesuai dengan kemauan kita. Keyboard memegang peranan penting juga terhadap kinerja sebuah komputer atau laptop. Apabila sebuah komputer tidak mempunyai keyboard, maka perintah pemasukkan datapun tidak sanggup dilakukan. Sebenarnya sanggup dengan tunjangan mouse, tetapi tidak semua perintah masukkan sanggup dengan tunjangan mouse.

Dari fungsi di atas sanggup diketahui juga bahwa fungsi dari sebuah keyboard yaitu untuk menawarkan perintah kepada komputer untuk melakukan pengolahan data memakai perangkat lunak.


Fungsi Keyboard

Kali ini kita akan membahas fungsi dari keyboard menurut tombol-tombolnya. Berikut klarifikasi singkatnya:
  • Keyboard menurut tombol ketiknya sanggup dipakai untuk beberapa kebutuhan menyerupai mengetik atau input data dokumen dan lalu ditampilkan di Monitor Komputer kita. Tombol ketik yang dimaksud terdiri dari angka dan aksara yang ada di dalam komputer.
  • Keyboard menurut tombol kontrolnya sanggup menjalankan perintah tertentu pada sistem operasi apabila beberapa tombol digabungkan. Contohnya Jika tombol WINDOWS+E maka sanggup membuka jendela explorer.
  • Keyboard menurut tombol fungsinya pada umumnya menyesuaikan tombol fungsi dengan perangkat lunak komputer menyerupai misalnya saat kita menekan F2 yaitu berfungsi untuk mematikan layar pada komputer begitupun tombol fungsi lainnya yang terdiri dari F1-F12 yang letaknya ada di bab atas keyboard.
  • Keyboard menurut tombol alternatenya mempunyai tombol menyerupai ENTER, ESC, TAB dan ALT fungsi dari tombol-tombol itu sangat berkhasiat pada dokumen dan pengoperasian komputer.
  • Keyboard menurut tombol navigasinya terdapat tombol PAGE UP dan PAGE DOWN yang fungsinya untuk menaikkan atau menurunkan layar ke bawah dan tombol. Ada juga tombol HOME dan END yang berfungsi untuk memindahkan kursor ke awal atau simpulan kalimat.
  • Sebenarnya masih banyak fungsi-fungsi Keyboard yang perlu kita ketahui, namun Saya hanya mendefinisikan Keyboard ini sebagian. Untuk tombol yang lain Anda sanggup mencobanya dengan cara trial, nanti juga Anda sanggup mengetahui fungsi tombol keyboard tersebut.

Demikianlah artikel mengenai pengertian dan fungsi keyboard semoga sanggup bermanfaat buat sahabat semuanya. Jangan lupa dishare ya, biar bermanfaat juga buat orang banyak.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com