Monday, June 19, 2017

√ Fungsi Power Supply Pada Komputer

Fungsi Power Supply Pada Komputer - Selamat siang sahabat GuiLKo semuanya, ketemu lagi pada artikel ini yang membahas mengenai fungsi power supply. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian power supply, dan kali ini kita akan melanjutkan artikel mengenai fungsi power supply.

Power Supply yaitu salah satu dari perangkat keras yang menyusun sebuah komputer. Berfungsi sebagai pemberi atau penyuplai arus listrik yang sebelumnya diubah dari bentuk listrik yang berlawanan atau AC, menjadi arus listrik yang searah atau sering disebut dengan arus DC. Power supply bertugas menyuplai arus DC yang diharapkan oleh hardware lainnya didalam komputer menyerupai harddisk, DVD/CD Room, motherboard dan lainnya. Power supply mempunyai konektor kabel dengan fungsi yang berbeda-beda yang sangat diharapkan oleh komputer. Semua hardware yang tersusun dalam komputer akan selalu mendapat arus dari power supply. Dan boleh dikatakan bahwa power supply ini merupakan sebuah perangkat keras yang kinerjanya sangat penting dan apabila terjadi kerusakan maka akan fatal akibatnya.


Berdasarkan jenis kabel konektor yang dimiliki oleh power supply, masing-masing konektor kabel tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Untuk konektor kabel terdiri dari 24 pin ATX, konektor 20 pin ATX, konektor molex, konektor floppy, dan konektor SATA. Fungsi dari konektor 24 pin ATX yaitu sebagai konektor untuk menghubungkan antara power supply dengan motherboard yang berkhasiat untuk menghantarkan daya listrik dari power supply yang akan secara pribadi ditujukan kemotherboard sampai mencapai ke setiap komponen-komponen yang terdapat pada motherboard tersebut. Sedangkan konektor 20 pin ATX berfungsi sebagai konektor antara motherboard dengan power supply. Memiliki fungsi yang sama dengan konektor 24 pin ATX, hanya saja untuk konektor 20 pin ATX hanya mempunyai 20 pin dan biasanya dipakai pada komputer keluaran lama.

Konektor SATA dan konektor molex merupakan dua buah konektor dengan fungsi yang sama. Berfungsi sebagai konektor atau oenghubung antara power supply dengan DVD/CD Room dan Harddisk untuk memperlihatkan daya listrik yang sangat diharapkan oleh kedua hardware tersebut sehingga sanggup menyala dan bekerja dengan baik. Untuk perbedaan antara konektor SATA dengan konektor montok yaitu hanya dari versinya saja. Kalau konektor molex dipakai pada komputer-komputer keluaran lama, sedangkan untuk konektor SATA dipakai dan diharapkan oleh komputer keluaran terbaru ketika ini.

Sekian artikel mengenai fungsi power supply. Semoga dengan adanya artikel ini sanggup memperlihatkan gosip yang bermanfaat buat teman-teman semuanya, dan jangan lupa dishare ya supaya bermanfaat juga buat orang banyak. Karena bekerjsama mengembangkan gosip yang bermanfaat itu akan mendapat kebaikan juga dari Allah.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com