Monday, May 1, 2017

√ Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri, Cara Membuat, Jenis Dan Contohnya

Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri, Cara Membuat, Jenis dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Paragraf Argumentasi. Yang mencakup pengertian, ciri-ciri, cara membuat, jenis-jenis dan cara menciptakan paragraf argumentasi dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami.



Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri, Cara Membuat, Jenis dan Contohnya


Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.


Pengertian Paragraf Argumentasi


Paragraf argumentasi merupakan paragraf yang mengandung pendapat atau perilaku yang diikuti dengan alasan, teladan dan bukti yang meyakinkan menjadikan pembaca akan menawarkan isi paragraf tersebut.


Definisi lain dari paragraf argumentasi yaitu paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan program mengambarkan pendapat, ulasan, bahasan atau wangsit langsung dari penulis.


Tujuan paragraf argumentasi yaitu sanggup meyakinkan atau menghipnotis pembaca supaya mempunyai pendapat yang sama dengan penulis. Supaya tujuan tersebut sanggup terlaksana, maka paragraf argumentasi harus diikuti dengan fakta akurat menyerupai data, hasil penelitian, teori ahli, teladan dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk memperkuat pendapat yang diterangkan.


Ciri-ciri Paragraf Argumentasi


Paragraf argumentasi mempunyai ciri atau karakteristik sebagai berikut:



  • Mengandung pendapat, pandangan atau keyakinan penulis kepada sebuah permasalahan

  • Mempunyai data akurat yang digunakan untuk meyakinkan pembaca

  • Menerangkan permasalahan dengan cara menganalisa dan menganalogikan

  • Pada tamat diberikan kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas bukan merupakan penegasan kembali pada topik utama.


Cara Membuat Paragraf Argumentasi


Untuk menciptakan suatu paragraf argumentasi terdapat beberapa langkah yang harus diikuti, yaitu:



  • Menetapkan tema atau topik permasalahan yang hendak dibahas

    Merumuskan tujuan penulisan paragraf

  • Menyatukan data atau bahan. Data tersebut sanggup dalam bentuk bukti, fakta, atau pernyataan yang mendukung.

  • Membuat kerangka paragraf tersebut

  • Melakukan pengembangan kerangka yang sudah dibentuk sehingga menjadi paragraf


Jenis-jenis Dan Contoh Paragraf Argumentasi


Paragraf argumentasi mempunyai beberapa jenis, antara lain dibawah ini:


Paragraf Argumentasi Sebab Akibat


Paragraf Argumentasi alasannya yaitu akhir ini dimulai dengan pendapat yang berbentuk sebab-sebab dari permasalahan tertentu yang pada alhasil diarahkan kepada sebuah kesimpulan umum yang dinamakan dengan akhir dari sebab-sebab tersebut. Dibawah ini yaitu teladan paragraf argumentasi alasannya yaitu akibat.


Pendidikan di Indonesia masih berada dibelakang dari pendidikan negara-negara lain di dunia. Bahkan negara kita masih kalah dengan negara tetanggga kita, yakni Malaysia dan Singapura dalam hal pendidikan.


Hal ini sanggup dilihat dari banyaknya penduduk mereka yang melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi tinggi. Sedangkan di Indonesia, jumlah penduduk yang mengenyam pendidikan masih jauh tertinggal, materi di daerah-daerah tertinggi menyerupai Papua, NTT, NTB dan kawasan lainnya.


Tertinggalnya pendidikan di daerah-daerah menyerupai itu dikarenakan oleh tidak meratanya pendidikan di Negara kita. Pemerintah hanya membangun fasilitas-fasilitas pendidikan di daerah-daerah perkotaan.


Dan juga lantaran minimnya jumlah guru di kawasan tersebut menambah semakin jauhnya susukan pendidikan di tempat itu. Akibatnya pendidikan di Indonesia tidak merata dan tertinggal, menjadikan tidak sanggup bersaing dengan Negara-Negara lain di dunia.


Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab


Paragraf argumentasi ini dimulai dengan pendapat-pendapat yang dalam bentuk akhir dari suatu permasalahan tertentu dan pada tamat pecahan paragraf tersebut dijelaskan apa yang menjadi alasannya yaitu akibat-akibat tersebut. Dibawah ini yaitu teladan paragraf akibat-sebab.


Jumlah kecelakaan di jalan raya tahun ini melonjak tajam. Babhkan lebih parah dari lima tahun terakhir. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian, tahun kemudian jumlah masalah kecelakaan di jalan hanya sekitar 4.500, dibandingkan dengan tahun ini yang telah mencapai 5.300 kasus, di H+2 lebaran, menjadikan dipaskan akan makin bertambah jumlahnya.


Dari 5.300 masalah itu, presentase yang paling banyak merupakan kendaraan bermotor. Tingginya angka kecelakaan ini dikarenakan oleh bertambahnya jumla pemudik yang menggunakan kendaaran bermotor.


Paragraf Argumentatif Rincian


Paragraf argumentasi rincian merupakan paragraf argumentasi yang mengandung pendapat dan alasan penulis yang diikuti dengan beberapa rincian. Dibawah ini yaitu teladan paragraf argumentasi rincian:


Penggalian pasar yang dilakukan di kawasan dataran tinggi yang ada di anutan hulu sungai seharusnya memperoleh perhatian dari pemerintah, lantaran apabila dibiarkan berkelanjutan maka akan terjadi kerusakan alam yang sanggup menjadikan tragedi yang sanggup menciptakan rugi semua masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Bukti musibah yang disebabkan penggalian pasar disekitar perbukitan secara positif sebagai penyebab musibah diantaranya:



  • Banjir bandang, teladan terbaru yaitu banjir bandang di kawasan garut yang teridentifikasi disebabkan lantaran rusaknya area dataran tinggi di kawasan hulu sungai cimanuk

  • Kerusakan alam, kerusakan alam yang terjadi merupakan rusaknya lingkungan dan gundulnya hutan yang ada di sekitar pasar

  • Pencemaran lingkungan , asap kendaraan proyek penggalian pasar dan pengolahan watu menjadikan penyakit ispa dan dirasakan oleh warga sekitar pembangunan pasar

  • Dan lain sebagainya.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Paragraf Argumentasi √ Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri, Cara Membuat, Jenis dan Contohnya


Paragraf Argumentatif Contoh


Paragraf argumentatif teladan merupakan paragraf yang mengandung pendapat dan alasa penulis yang diikuti dengan beberapa teladan sebagai bukti bahwa pendapat penulis benar dan tidak sanggup di sanggkal lagi oleh pembaca. Dibawah ini yaitu teladan paragraf argumentatif contoh.


Facebook memang dibentuk khusus untuk media pertemanan secara dunia maya tetapi pada kenyataannya media umum yang satu ini tidak selamanya menawarkan dampak positif. Ini disebabkan terdapat beberapa tindakan kriminal yang sumbernya dari media umum ini. Contohnya yaitu penculikan, penipuan, dan dampak negatif lainn yang berhasil di ungkap oleh kepolisian, oleh alasannya yaitu itu bijak dan selalu berhati-hati pada ketika menggunakan aplikasi ini.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri, Cara Membuat, Jenis dan Contohnya, semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id