Monday, May 1, 2017

√ Pengalaman Tabungan Emas Pegadaian 2019 (Bunga, Gadai Resiko)


Tabungan emas pegadaian ialah cara investasi emas kondusif dan terpercaya lewat Pegadaian secara online dengan menabung mulai Rp 5,000. Bisa dipakai untuk gadai emas kalau membutuhkan dana tunai talangan. Ikuti pengalaman menabung emas di pegadaian. Review saya wacana membuka dan menabung di aplikasi tabungan emas pegadaian digital 2019. Berapa return tabungan emas, cara menjual emas dan keamanan serta resiko investasi ini ?









Emas senantiasa menjadi instrumen penting dalam rencana keuangan. Sejak dahulu hingga sekarang, emas ialah aset penting untuk menyimpan kekayaan.





Seiring perkembangan teknologi finansial, cara menabung emas yang dulu tidak mudah sebab harus bolak balik ke toko untuk membeli dan ke bank untuk menyimpan emas, kini sanggup diatasi dengan penemuan teknologi. Salah satunya melalui pembukaan Pegadaian Digital yang di dalamnya mempunyai fitur Tabungan Emas Pegadaian.





Berbeda dengan umumnya tabungan, pembukaan tabungan emas dilakukan lewat aplikasi pegadaian digital yang tersedia di Google Play Store. Dalam aplikasi tersebut, proses registrasi dan penyetoran awal tabungan emas dilakukan secara online.





Ikuti pengalaman dan review saya membuka, menyetor dan memanfaatkan tabungan emas pegadaian. Ada mudahnya, tetapi ternyata ada sulitnya juga yang perlu diantisipasi Anda yang ingin membuka Tabungan Emas.





Seluk Beluk Tabungan Emas





Tabungan emas pegadaian ialah cara investasi emas kondusif dan terpercaya lewat Pegadaian sec √ Pengalaman Tabungan Emas Pegadaian 2019 (Bunga, Gadai  Resiko)




Apa itu Tabungan Emas di Pegadaian ? 





Tabungan Emas ialah emas batangan yang dimiliki Pemilik Rekening menurut perjanjian jual beli emas dan penitipan emas yang disetujui oleh Pegadaian dan Pemilik Rekening. Dengan kata lain, tabungan emas merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan kemudahan titip.





Jika Anda bertanya, apakah Pegadaian membeli emas fisik ketika terjadi transaksi di Tabungan Emas ? Jawaban iya, Pegadaian membeli emas fisik dan menitipkan untuk Anda.





Adanya emas fisik ini dikonfirmasi pula oleh petugas Pegadaian yang saya temui di kantor unit Pegadaian. Petugas bilang bahwa pembelian emas fisik itu wajib, meskipun proses pembelian dilakukan secara campuran antara semua konsumen yang membuka dan mempunyai saldo tabungan emas.





Pembukaan tabungan emas secara online lewat aplikasi Pegadaian digital dikenakan biaya biaya Fasilitas Titipan selama 12 Bulan Rp. 30.000, dan Pembelian Saldo Awal sebesar Rp. 70.000. Biaya pembukaan dan saldo awal harus dibayar sebelum tabungan emas sanggup dibuka.





Biaya pembukaan secara online lewat aplikasi Pegadaian Digital paling murah dibandingkan pembukaan di outlet Pegadaian atau via distributor Pegadaian. Selain mudah, pembukaan online juga lebih murah.





Beli dan Jual emas melalui Tabungan Emas dilakukan menurut harga beli dan harga jual yang ditetapkan oleh Pegadaian. Tidak sanggup memakai tumpuan harga lain, selain yang sudah ditetapkan oleh Pegadaian. Harga emas beli dan jual setiap hari sanggup dilihat di aplikasi Pegadaian Digital.





Menabung emas atau top up sanggup dilakukan secara online lewat aplikasi Pegadaian digital yang di dalamnya terdapat kemudahan di tabungan emas. Minimal pembelian Rp. 50.000 dan maks Rp. 10 Juta per hari.





Saldo tabungan emas sanggup dicairkan menjadi uang tunai dengan cara saldo titipan emas dijual kembali (buyback) melalui aplikasi Pegadaian Digital. Saldo rekening minimal untuk transaksi jual kembali atau transfer ialah 0.1 gram dan biaya transaksi melalui aplikasi Pegadaian Digital dikenakan biaya adm bank Rp. 2.500.





Saldo di tabungan emas sanggup dipindahkan antar rekening lewat kemudahan transfer saldo emas. Transfer saldo Tabungan Emas melalui aplikasi Pegadaian Digital dengan minimal transaksi sebesar 1 gram. Saldo rekening minimal untuk transaksi jual kembali atau transfer ialah 0.1 gram. Biaya transfer melalui aplikasi Pegadaian Digital Rp. 0





Fisik logam mulia sanggup diperoleh cukup gampang dengan nasabah melaksanakan order cetak logam mulia via online di aplikasi. Nasabah sanggup melaksanakan order cetak dengan pilihan keping  1,2,5,10,25,50,100 gram.





Cara Buka Tabungan Emas





Tabungan emas pegadaian ialah cara investasi emas kondusif dan terpercaya lewat Pegadaian sec √ Pengalaman Tabungan Emas Pegadaian 2019 (Bunga, Gadai  Resiko)




Saya mengunduh aplikasi Pegadaian Digital di Google Play Store. Tabungan emas ialah fitur yang terdapat di dalam aplikasi Pegadaian Digital. 





#1 Isi Data Pribadi





Tabungan emas pegadaian ialah cara investasi emas kondusif dan terpercaya lewat Pegadaian sec √ Pengalaman Tabungan Emas Pegadaian 2019 (Bunga, Gadai  Resiko)




Setelah selesai diunduh, saya menentukan Tabungan Emas kemudian mulai mengisi data dan memberikan dokumen. Sejumlah data pribadi diminta dan dokumen perlu diupload.





Data yang diminta ialah (1) data pribadi: nama, no KTP, kawasan tanggal lahir, no telepon, nama Ibu Kandung dan lain-lain; (2) upload KTP di aplikasi dengan pilihan sanggup KTP di foto dengan ponsel atau upload dari scan KTP.





#2 Pilih Unit Pegadaian





Tabungan emas pegadaian ialah cara investasi emas kondusif dan terpercaya lewat Pegadaian sec √ Pengalaman Tabungan Emas Pegadaian 2019 (Bunga, Gadai  Resiko)




Setelah pengisian data, Anda harus menentukan cabang Pegadaian yang nanti Anda akan datangi untuk menuntaskan proses pembukaan tabungan emas. Pegadaian tetap membutuhkan kehadiran Anda secara fisik ke cabang untuk memastikan bahwa yang mendaftar ialah betul – betul Anda.





Contohnya, saya menentukan Pegadaian unit Tebet sebagai cabang saya nanti. Saya harus ke cabang ini untuk menuntaskan manajemen dang mengikuti proses KYC.





Batas waktu nasabah yang telah melaksanakan pembukaan rekening untuk melaksanakan proses KYC ialah maksimal 6 (enam) bulan semenjak tanggal pendaftaran. Apabila Nasabah belum melaksanakan proses KYC ( Know Your Customer) hingga dengan maksimal jangka waktu, maka Pegadaian akan membekukan rekening Tabungan Emas Nasabah hingga dengan 18 (delapan belas) bulan semenjak tanggal pembukaan rekening Tabungan Emas.





#3 Bayar Biaya Pembukaan Tabungan Emas





Tabungan emas pegadaian ialah cara investasi emas kondusif dan terpercaya lewat Pegadaian sec √ Pengalaman Tabungan Emas Pegadaian 2019 (Bunga, Gadai  Resiko)




Setelah pilih cabang selesai, Pegadaian memperlihatkan rincian biaya pembukaan rekening tabungan emas. 





Total biaya pembukaan yang harus dibayar ialah Rp 100,000 terdiri dari Rp 30,000 kemudahan titipan emas dan Rp 70,000 pembelian saldo awal. Biaya pembukaan rekening tabungan emas ini wajib Anda bayar. 





Cara pembayaran sanggup dilakukan melalui transfer ke rekening virtual account pegadaian yang sudah disediakan. Pegadaian memberikan beberapa pilihan cara pembayaran. 





Saya menentukan membayar dengan transfer bank ke Virtual Account (VA) BCA. Perlu diperhatikan bahwa nomor virtual account mempunyai masa kadaluarsa, sehingga wajib dibayar sebelum masa itu berakhir.





Namun, ketika melaksanakan pembayaran biaya pembukaan rekening tabungan emas pegadaian, saya mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan.





Meskipun transfer pembayaran biaya pembukaan tabungan emas ke rekening Pegadaian di BCA berhasil, namun tabungan emas saya tidak pribadi aktif. Di aplikasi tabungan emas, status masih pending, meskipun pembayaran di BCA sudah berhasil.





Esok harinya, status tabungan emas saya di aplikasi belum juga aktif. Di hari ketiga, saya datangi cabang Pegadaian untuk menanyakan soal status tabungan emas saya sebab biasanya pembayaran lewat VA itu segera efektif sementara saya sudah hari ketiga tabungan emas belum juga aktif.





Sampai di kantor cabang, petugas Pegadaian tidak sanggup memberikan klarifikasi yang memuaskan sebab mereka juga tidak tahu banyak soal aplikasi Pegadaian Digital. Petugas di kantor unit tersebut menyarankan untuk pribadi kontak no WA dan email yang terdapat di aplikasi Pegadaian Digital.





Saya kirim email menjelaskan kasus yang saya alami soal hingga hari ke 4 belum ada kejelasan soal status Tabungan Emas meskipun pembayaran biaya admin sudah saya lunasi. Email ternyata tidak juga dijawab oleh Pegadaian.





Akhirnya, saya hubungi no WA Pegadaian yang tercantum di aplikasi. Petugas di WA meminta bukti transfer dari BCA dan notifikasi aplikasi Pegadaian yang menyatakan bahwa status Tabungan Emas saya belum aktif.





Semua data yang diminta saya kirim balik lewat WA lagi. Setelah itu menunggu response.





Setelah menunggu cukup lama, saya mendapat balasan sebagai berikut:





“Mohon maaf sebelumnya atas ketidaknyamanan bapak/ibu bertransaksi dengan kami Mohon dinantikan maksimal 7 hari kerja, kalau belum mendapat notifikasi lanjutan pada aplikasi atau saldo rekening tabungan emas belum bertambah mohon untuk menghubungi kami kembali”





Walaupun cukup prihatin sebab pembayaran VA harusnya pribadi online dan seandainya  menyerupai ini lebih baik saya setor pribadi ke kasir di Unit Pegadaian, tidak perlu buang waktu daftar online, namun saya sabar menunggu sebab tidak tahu harus berbuat apa lagi.





Beberapa hari kemudian, sekitar 6 atau 7 hari semenjak pembayaran, saya terima pemberitahuan bahwa Tabungan Emas Pegadaian saya aktif. 





Berikut ini ialah pemberitahuan yang saya terima lewat email bahwa Tabungan emas sudah aktif. Meskipun di aplikasi tabungan emas sudah dibuka, namun saya  belum sanggup pribadi memakai untuk investasi emas.





Tabungan emas pegadaian ialah cara investasi emas kondusif dan terpercaya lewat Pegadaian sec √ Pengalaman Tabungan Emas Pegadaian 2019 (Bunga, Gadai  Resiko)




#4 Ambil Buku dan KYC ke Unit Pegadaian





Sesuai ketentuan Pegadaian, saya harus tiba ke Unit Pegadaian untuk mengambil buku Tabungan Emas dan verifikasi nasabah KYC. Unit Pegadaian yang saya harus datangi ialah unit yang saya sudah pilih ketika mengisi data – data di aplikasi Tabungan Emas.





Kedatangan ke Unit Pegadaian ialah wajib dilakukan ketika pembukaan rekening Tabungan Emas. Menurut catatan dari Pegadaian, saya diberikan batas waktu tenggang hingga tahun depan untuk tiba ke Unit Pegadaian mengambil buku Tabungan Emas.





Cara Beli & Jual Emas





Tabungan emas pegadaian ialah cara investasi emas kondusif dan terpercaya lewat Pegadaian sec √ Pengalaman Tabungan Emas Pegadaian 2019 (Bunga, Gadai  Resiko)




Melalui Aplikasi Pegadaian Digital, pembelian Tabungan Emas ialah jumlah minimal pembelian Rp. 50.000 dan maks Rp. 10 Juta per hari. 





Setelah rekening tabungan emas dibuka, saya gres sanggup melaksanakan pembelian emas. Jika rekening tabungan emas belum dibuka, saya tidak sanggup melaksanakan pembelian emas.





Pembelian atau top up emas secara online di aplikasi tabungan emas pegadaian digital cukup mudah. (1) pilih fitur Beli Emas; (2) masuk ke kepingan beli emas, tentukan sumber dana top – up yang sanggup rekening sendiri atau rekening lain; (3) input jumlah pembelian dalam rupiah yang kemudian dikonversikan ke gram emas sesuai harga beli emas yang berlaku ketika itu





Sementara, cara jual emas tidak jauh berbeda mudahnya. Masuk ke aplikasi tabungan emas, kemudian pilih jual emas. Tentukan no rekening untuk penjualan emas. Anda sanggup melihat berapa harga emas ketika itu untuk penjualan emas.





Disamping beli jual emas, nasabah sanggup melaksanakan transfer emas dari satu rekening tabungan emas ke tabungan emas lainnya. Layaknya transfer uang antar rekening bank.





Nasabah sanggup melaksanakan transfer tabungan emas mulai dari 0,1 gram. Cukup dilakukan secara online lewat aplikasi tabungan emas.





Gadai Emas





Tabungan emas pegadaian ialah cara investasi emas kondusif dan terpercaya lewat Pegadaian sec √ Pengalaman Tabungan Emas Pegadaian 2019 (Bunga, Gadai  Resiko)




Salah satu fitur penting dalam Tabungan Emas Pegadaian ialah gadai. Pemilik tabungan sanggup menggadaikan emas yang di dalam tabungan untuk mendapat dana tunai.





Caranya tidak sulit. Pilih fitur Gadai yang terdapat di Tabungan Emas. Setelah masuk, tuliskan nomor rekening tabungan emas Anda, kemudian tentukan jumlah gram emas yang ingin digadaikan dan berapa usang akan digadaikan. Di kepingan paling akhir, tuliskan rekening akseptor dana hasil gadai.





Di kepingan gadai emas, nasabah sanggup melaksanakan cek saldo tabungan emas pegadaian. Caranya cukup mudah, tinggal melihat di aplikasi tabungan emas.





Saldo tabungan emas terupdate secara real-time di aplikasi. Nilai saldo tabungan emas sanggup dihitung menurut harga emas ketika cek saldo tabungan emas pegadaian.





Cara Ambil Emas Fisik





Jika ingin mengambil logam mulia atau emas, pelanggan sanggup melakukan. Namanya melaksanakan cetak emas.





Order cetak emas sanggup dilakukan mulai dari kepingan 1 gram. 





Nasabah sanggup melaksanakan order cetak dengan pilihan keping  1,2,5,10,25,50,100 gram. Order cetak dilakukan di aplikasi tabungan emas secara online.





Dimana sanggup diambil ? Untuk ketika ini proses order cetak Tabungan Emas hanya sanggup dilakukan di outlet pembuka rekening Tabungan Emas.





Pemilik Rekening Meninggal Dunia





Bagaimana kalau pemilik tabungan emas meninggal dunia ?





Dalam hal Pemilik Rekening meninggal dunia, Rekening akan ditutup menurut ajakan andal waris Pemilik Rekening yang sah, Saldo pada Rekening akan diserahkan kepada andal waris Pemilik Rekening yang sah sesuai ketentuan Pegadaian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam bentuk sebagaimana diminta oleh andal waris.





Dengan dilakukannya penutupan rekening dan penyetoran saldo Pemilik Rekening yang meninggal dunia kepada andal waris Pemilik Rekening, maka Pegadaian dibebaskan sepenuhnya dari segala tuntutan sehubungan dengan hal ini.





Apakah Tabungan Emas Pegadaian Rugi ?





Dalam setiap investasi selalu ada resiko rugi, itu pula yang sanggup terjadi di tabungan emas pegadaian. Kemungkinan tabungan emas pegadaian rugi niscaya selalu ada.





Kerugian mungkin terjadi sebab ada selisih antara harga beli dan harga jual emas di tabungan emas. Ada spread atau selisih yang dihadapi oleh nasabah.





Disamping itu, pergerakan harga emas tidak pasti. Ada selalu kemungkinan harga emas turun atau naik.





Namun, secara umum, kalau melaksanakan untuk tabungan jangka menengah dan panjang, investasi emas relatif kondusif atau kemungkinan Tabungan Emas Pegadaian Rugi relatif kecil.





Kesimpulan





Emas logam mulia ialah salah satu instrumen keuangan paling bau tanah yang ada di dunia. Hampir semua orang niscaya mengenal instrumen ini untuk tujuan investasi atau dana darurat.





Selama ini, proses investasi emas cukup ribet sebab fisik emas harus dipastikan aman. Butuh kawasan penyimpanan emas yang aman.





Namun, kemajuan teknologi digital menciptakan investasi emas menjadi jauh lebih gampang dan lebih terjangkau. Pegadaian memberikan Tabungan Emas lewat aplikasi Pegadaian Digital yang menciptakan investasi emas dilakukan secara online.





Pengalaman menabung emas di pegadaian yang saya tulis memperlihatkan bahwa proses pembukaan tabungan emas, beli dan jual emas, serta gadai emas sangat gampang dan sangat terjangkau. Tidak ada alasan buat Anda yang ingin menyimpan investasi emas untuk memakai aplikasi Tabungan Emas Pegadaian.



Sumber https://duwitmu.com