Monday, May 1, 2017

√ Makalah Etika Idealisme : Serpihan I Pendahuluan

BAB I
PENDAHULUAN


                                                                          
A.      Latar belakang
Ilmu filsafat bekerjsama banyak ajaran atau paham, diantaranya ibarat ajaran renaissance, rasionalisme, idealisme, empirisme, pragmatisme, existentialisme, dan masih banyak lagi. Antara ajaran atau paham yang satu dan yang lainnya ada yang saling bertentangan dan ada pula yang mempunyai konsep dasar sama. Akan tetapi meskipun bertentangan, bukanlah untuk saling dipertentangkan. Justru dengan banyaknya ajaran atau paham yang sudah diperkenalkan oleh tokoh-tokoh filsafat, kita sanggup menentukan cara yang pa­s dengan problem yang sedang kita hadapi. Antara ajaran atau paham yang satu dengan yang lainnya sanggup saling mendukung. Seperti penyelesaian masalah yang sederhana misalnya, kita sanggup memakai logika klasik, untuk menggali ilmu-ilmu yang ada di alam, kita sanggup memakai cara empirisme, untuk membantu pemahaman sanggup memakai paham rasionalisme, dan untuk problem yang kompleks kita sanggup memakai teorinya idealisme (dialektika).
Penulis sengaja membatasi dalam pembahasan makalah ini, yakni terfokus pada ajaran filsafat idealisme, biar pembahasan mengenai hal-hal di luar itu tidak terlalu mendetail.
B.       Tujuan

Tujuan dari penulisan makalah ini sendiri, selain memenuhi kewajiban menciptakan tugas, yaitu untuk memenuhi rasa ingin tahu dan keterkaitan penulis terhadap cuilan ajaran filsafat idealisme, serta mencoba menuangkan isu yang didapat ke dalam sebuah tulisan.





Sumber http://macrofag.blogspot.com