Friday, April 14, 2017

√ Shalat Isyraq (Pengertian, Dalil Hadits, Keutamaan, Niat, Tata Cara) Lengkap

Pengertian shalat isyraq yakni shalat sunah dua rakaat yang dilaksanakan dikala matahari terbit. Keutamaan melakukan shalat istirahat akan memperoleh pahala yang setara dengan pahala melakukan ibadah haji dan umroh yang tepat dan betul-betul sempurna.


Yang demikian apabila diawali dengan shalat subuh berjamaah di Masjid Diteruskan dengan duduk berdzikir kepada Allah hingga hingga terbit matahari di arah timur.

DALIL HADITS SHALAR ISYRAQ


من صلى الغداة في جماعه ثم قعد يذكر الله حتى تطلع الشمس، ثم صلى ركعتين كانت له كاجر حجة وعمرة تامة، تامه، تامة.-  روا الترمذي


Artinya: barangsiapa shalat subuh dengan berjamaah, kemudian ia duduk sambil berzikir kepada Allah hingga terbit matahari, Kemudian shalat dua rokaat, maka baginya menerima pahala sebagaimana pahala ibadah haji dan umroh yang sempurna, yang sempurna, yang tepat - HR Tirmidzi

Berdzikir yang dimaksud yakni dengan selalu mengingat atau menyebut asma asma Allah atau kalimat-kalimat yang menawarkan mengingat Allah. ibarat memperbanyak membaca istighfar (Astaghfirullah aladzim), tasbih (Subhanallah), tahlil (La Ilaha Illallah) dan sebagainya. atau dengan membaca Alquran, pengajian, mujahadaH, dan lain sebagainya.

Selama di dalam masjid duduk dan berdzikir tetap dalam kondisi tidak berhadas dan tidak berbicara perihal urusan duniawi. Sudah barang tentu dilakukan dengan penuh tulus tulus alasannya yakni Allah Semata.

NIAT DAN TATACARA SHALAT ISYRAQ

Cara melakukan shalat isyraq sama dengan cara melakukan shalat sunnah biasa yang lain. hanya lafal niatnya saja yang berbeda. Adapun lafal niat shalat istikharah yakni sebagai berikut:

اصلى سنة الاشراق ركعتين لله تعالى

Artinya saya sengaja shalat sunnah isyraq dua rakaat alasannya yakni Allah Ta'ala

Surat yang dibaca dalam shalat isyraq intinya bebas. surat dan ayat Quran yang mana yang akan dibaca. hanya saja sementara ulama yang beropini bahwa surat atau ayat yang dibaca pada rakaat pertama sehabis membaca Al Fatihah membaca ayat bangku (surat Al Baqarah ayat 225) dan rakaat kedua sehabis membaca surat Al Fatihah membaca 2 ayat yang terakhir dari surat al-baqarah (surat al-baqarah ayat 285 dan 286).

Demikian ulasan artiikel kami terkai SHALAT ISYRAQ (Pengertian, Dalil Hadits, Keutamaan, Niat, Tata Cara) yang sanggup anda jadikan sebagai aliran dalam peningkatan ibadah. Mohon maaf kalau ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. 

Sumber http://www.galinesia.com