Tuesday, April 11, 2017

√ Pengertian Paragraf Analogi, Ciri Dan Misalnya (Terlengkap)

Pengertian Paragraf Analogi, Ciri dan Contohnya (Terlengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana Paragraf Analogi. Yang mencakup pengertian, ciri-ciri dan pola paragraf analogi dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami.



Pengertian Paragraf Analogi, Ciri dan Contohnya (Terlengkap)


Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.


Pengertian Paragraf Analogi


Paragraf analogi merupakan jenis paragraf yang mempunyai daypikir induktif. Paragraf analogi disebut juga sebagai paragraf yang membandingkan antara dua hal yang mempunyai kemiripan atau hampi sama satu sama lain yang akan diambil kesimpulan di simpulan paragraf.


Paragraf ini mempunyai daypikir induktif maka paragraf analogi mempunyai pola yaitu sebagai berikut:



  • Khusus

  • Khusus

  • Umum


Di awal paragraf ini memberi pemaparan dua hal yang akan menjadi topik pembicaraan, selanjutnya kalimat-kalimat berikutnya menjelaskan persamaan yang dimiliki oleh dua hal tersebut. Yang harus diingat yaitu pembanding tersebut haruslah sama dan sepadan.


Sepadan artinya kedua hal itu mempunyai tingkatan ranah pembahasan yang sama dan tidak timpang atau malah bertentangan satu sama lain. Kemudian di simpulan paragraf, persamaan-persamaan kedua objek tadi diambil kesimpulan.


Ciri-Ciri Paragraf Analogi


Apabila melihat paragrafnya, paragraf analogi mempunyai beberapa ciri-ciri yaitu sebagai berikut:



  • Paragraf ini membandingkan dua hal secara bergantian yang mempunyai tingkat kesetaraan yang seimbang. Hal yang sanggup dibandingkan sanggup dalam bentuk benda, kejadian, kondisi, maupun proses.

  • Kalimat-kalimat penjelas dalam paragraf analogi seringkali dalam bentuk persamaan-persamaan yang dimiliki oleh dua hal yang dianggap sama.

  • Paragraf analogi mempunyai kalimat utama yang berada di bab simpulan paragraf atau yang disebut dengan kesimpulan yang mana ini yaitu penjelas dari pandangan gres awal yang dikemukakan.


Contoh Paragraf Analogi


Contoh 1

Mengetahui jalur jalan sanggup membantuk kita untuk hingga pada kawasan yang ingin kita tuju dan terhindar dari kesesatan arah. Seperti itu juga dengan anutan hidup. Dengan kita mempunyai anutan hidup, kita sanggup menjalani hidup kita sesuai dengan arah yang benar, menyebabkan kita tidak akan tersesat ke jalan atau perbuatan yang salah. Oleh alasannya itu, mempunyai anutan di dalam kehidupan sangatlah penting untuk setiap manusia.


Contoh 2

Ladang merupakan kawasan untuk para petani dalam menanam tanamannya. Di ladang, para petani harus menanam dan mengurus tanamannya secara telaten, sabar dan menggunakan cara yang benar.


Hal itu dilakukan biar tumbuhan yang ditanaman sanggup menghasilkan buah atau sayuran yang baik dan berkualitas. Kelak, hasil dari tumbuhan itu sanggup dijual atau dikonsumsi oleh para petani di rumah mereka masing-masing.


Hal yang sama juga berlaku dalam menjalani kehidupan. Dalam hidup, kita juga harus berusaha dan berbuat baik. Apabila dilalkukan dengan baik dan benar, maka semua perjuangan dan perbuatan baik tersebut akan menghasilkan sesuatu yang berkhasiat untuk diri sendiri dan orang lain, baik di dunia ataupu diakhirat.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan wacana Paragraf Analogi √ Pengertian Paragraf Analogi, Ciri dan Contohnya (Terlengkap)


Contoh 3

Sifat insan ibaratnya mirip padi yang terhampar luas dipersawahan. Padi yang manis dan berisi akan semakin menunduk. Seperti itu pula dengan insan pada ketika meraih kepandaian, kebesaran dan kekayaan, mereka akan semakin rendah hati serta dermawan.


Jika insan itu sombong dan angkuh mereka akan menjadi padi kosong yang selalu bangkit tegak. Tetapi apabila terkena angin yang cukup berpengaruh padi akan gampang patah. Seperti itu yang insan dapatkan kalau sombong dan arogan, menjadikannya hancur terkena cobaan dalam hidupnya. Oleh alasannya itu kita sebagai insan yang mempunyai ilmu kalau diberikan kepandaian dan kelebihan, hendaklah bersikap mirip padi yang semakin berisi semakin merunduk.


Demikianlah telah dijelaskan wacana Pengertian Paragraf Analogi, Ciri dan Contohnya (Terlengkap), semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id