Thursday, April 20, 2017

√ Pengertian Mitos, Ciri, Fungsi, Jenis, Unsur Dan Misalnya Lengkap

Pengertian Mitos, Ciri, Fungsi, Jenis, Unsur dan Contohnya Lengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Mitos. Yang mencakup pengertian, ciri-ciri, fungsi, jenis, unsur dan pola mitos dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Mitos, Ciri, Fungsi, Jenis, Unsur dan Contohnya Lengkap


Mari kita mulai pembahasan ini dengan pengertian mitos terlebih dahulu, berikut uraiannya.


Pengertian Mitos


Mitos atau disebut juga dengan Mite merupakan kisah prosa rakyat yang bercerita suatu kisah yang memiliki latar belakang di masa lampau, berisikan penafsiran mengenai alam semesta dan adanya makhluk di dalamnya, serta dipercaya benar terjadi oleh yang menganutnya atau sang empunya.


Secara umum mitos bercerita perihal insiden alam semesta, dunia dan para makhluk yang menghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural serta lain sebagainya. Mitos muncul sebagai catatan insiden sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi untuk insiden alam atau juga suatu klarifikasi mengenai ritual.


Pengertian Mitos Menurut Para Ahli


1. Bascom


Definisi mitos berdasarkan Bascom ialah Mitos atau mite (myth) merupakan kisah prosa rakyat yang ditokohi oleh para yang kuasa atau makhluk setengah yang kuasa yang terjadi di dunia lain (kahyangan) pada masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh empu kisah atau penganutnya dan berafiliasi dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adab istiada dan dongeng suci.


2. Ahimsa-Putra


Definisi mitos berdasarkan Ahimsa-Putra ialah kisah yang asing yang seringkali sulit dipahami maknanya atau diterima kebenarannta alasannya kisah didalamnya tidak masuk budi atau tidak sesuai dengan apa yang kita temui sehari-hari.


3. Levi-Strauss


Definisi mitos berdasarkan Levi-Strauss ialah suatu warisan bentuk kisah tertentu dari tradisi ekspresi yang mengisahkan dewa-dewi, insan pertama, binatang, dan sebagainya berdasarkan suatu denah logis yang terkandung di dalam mitos itu dan yang memungkinkan kita mengintegrasikan semua problem yang perlu diselesaikan dalam suatu konstruksi sistematis.


4. Cremers


Definisi mitos berdasarkan Cremers ialah kisah suci berbentuk simbolik yang mengisahkan serangkaian insiden kasatmata dan imajiner menyangkut asal-usul dan perubahan-perubahan alam raya dan dunia, dewa-dewi, kekuatan-kekuatan atas kodrati insan , jagoan dan masyarakat.


5. William A. Haviland


Definisi mitos berdasarkan William A. Haviland ialah kisah mengenai peristiwa-peristiwa semihistoris yang menunjukan masalah-masalah selesai kehidupan manusia.


6. Webster’s Dictionary


Definisi mitos berdasarkan Webster’s Dictionary ialah perumpamaan atau alegori, yang keberadaannya hanya merupakan khayal yang tak sanggup dibuktikan.


Ciri-Ciri Mitos


Pada umumnya mitos memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut:



  • Distorsif

    Adalah kaitan antara form dan concept yang sifatnya distorsif dan deformatif. Concept mendistorsi Form mengakibatkan makna pada sistem tingkat pertama bukan lagi merupakan makna yang menunjuk pada fakta yang sebenarnya.

  • Intensional

    Adalah mitos tidak ada begitu juga, mitos sengaja dibuat, dikonstruksikan oleh budaya masyarakat dengan maksud tertentu.

  • Statement of Fact

    Artinya mitos menaturalisasikan pesan mengakibatkan kita menerimanya sebagai suatu kebenaran yang tidak harus diperdebatkan kembali. Sesuatu yang berada secara alami dalam nalar awam.

  • Motivasional

    Menurut Barthes, bentuk mitos berisikan motivasi. Mitos dibentuk dengan melaksanakan seleksi kepada banyak sekali kemungkinan konsep yang hendak digunakan menurutu sistem semioting tingkat pertamanya.


Fungsi Mitos atau Mite


Mitos atau disebut juga Mite memiliki fungsi dalam kehidupan sosial budaya masyarakat, antara lain sebagai berikut:



  • Untuk menyebarkan simbol yang sangat berarti dan juga menunjukan fenomenda lingkungan yang dihadapi.

  • Merupakan suatu sarana pendidikan yang sangat efektid dalam pengukuan dan penanaman nilai budaya, norma sosial dan keyakinan tertentu

  • Merupakan suatu pegangan bagi masyarakat pendukungnya untuk menjalin kesetiakawanan sosial terhadap para anggotanya supaya sanggup saling membedakan antara komunis yang satu dengan yang lainnya.

  • Untuk menanamkan dan mengukuhkan nilai budaya, anutan ataupun pengetahuan tertentu

  • Sebagai perangsang perkembangan kreativitas dalam berpikir.


Jenis-Jenis Mitos atau Mite


Menurut daerah asalnya, mitos dibagi menjadi dua macam yakni mitos orisinil Indonesia dan mitos yang bersumber dari Luar (Indonesia, Arab, Negara di sekitar Laut Tengah). Dan juga Mite sanggup diklasifikasikan menjadi mitos penciptaan dan mitos asal-usul


Mitos penciptaan merupakan mitos yang berisikan insiden terciptanya sesuatu. Kemudian Mitos asal-usul yaitu mitos yang berisikan insiden yang membuat proses terbentuknya sesuatu.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Mitos √ Pengertian Mitos, Ciri, Fungsi, Jenis, Unsur dan Contohnya Lengkap


Unsur Instrinsik Mitos


Suatu mitos memiliki unsur intrinsik, yakni



  • Tema

  • Alur

  • Latar

  • Penokohan

  • Sudut Pandang

  • Gaya Bahasa

  • Amanat


Contoh Mitos Indonesia


Dibawah ini ialah beberapa pola mitos yang berkembang di Indonesia, antara lain sebagai berikut:



  • Bahu Laweyan

  • Cerita Dewi Nawang Wulan

  • Cerita Pemindahan Gunung Suci, Mahameru di India oleh para yang kuasa ke Gunung Semeru yang dianggap suci oleh orang Jawa dan Bali

  • Cerita Joko Tarub

  • Cerita Nyai Roro Kidul (Ratu Laut Selatan)

  • Cerita Barong di Bali


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Mitos, Ciri, Fungsi, Jenis, Unsur dan Contohnya Lengkap, semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id