Thursday, April 20, 2017

√ Pengertian Legenda, Ciri, Jenis Dan Misalnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Legenda, Ciri, Jenis dan Contohnya (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Legenda. Yang mencakup pengertian, ciri-ciri, jenis dan pola legenda dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Legenda, Ciri, Jenis dan Contohnya (Bahas Lengkap)


Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Legenda


Legenda merupakan yaitu dongeng prosa rakyat yang dianggap oleh yang memiliki dongeng sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Legenda biasa dianggap sebagai sejarah kolektif. Meskipun, alasannya tidak tertulis maka kisah tersebut mengalami distorsi sehingga sering jauh berbeda dengan kisah aslinya.


Legenda didefinisikan juga dengan dongeng rakyat yang dianggap benar terjadi yang ceritanya dikaitkan dengan tokoh sejarah dan juga dibumbui dengan keajaiban, kesaktian serta keistimewaan tokohnya.


Pengertian Legenda Menurut Para Ahli


Berikut ini ialah definisi dari legenda berdasarkan ahlinya.


1. Hooykaas


Definisi Legenda berdasarkan Hooykaas ialah dongeng perihal hal-hal yang berdasarkan sejarah yang mengandung sesuatu hal yang abnormal atau keajaiban yang pertanda kesaktian.


2. William R. Bascom


Definisi Legenda berdasarkan William R. Bascom ialah dongeng yang memiliki ciri-ciri yang menyerupai dengan mitos, yakni dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci.


3. Emies


Definisi Legenda berdasarkan Emies ialah dongeng kuno yang setengah berdasarkan sejarah dan yang setengah lagi berdasarkan angan-angan.


4. Pudentia


Definisi Legenda berdasarkan Pudentia adlaah dongeng yang dipercaya oleh beberapa penduduk setempat benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci atau sakral yang juga membedakannya dengan mite.


5. Buku Sari Kata Bahasa Indonesia


Definisi Legenda berdasarkan Buku Sari Kata Bahasa Indonesia ialah dongeng rakyat dahulu yang berkaitan dengan insiden dan asal-usul terjadinya suatu tempat.


6. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


Definisi Legenda berdasarkan KBBI ialah dongeng rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan insiden sejarah.


7. Wikipedia


Definisi Legenda berdasarkan Wikipedia ialah dongeng prosa rakyat yang dianggap sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi.


Ciri-Ciri Legenda


Ciri-ciri suatu legenda ialah sebagai berikut:



  • Dipercaya sebagai kejadian yang benar-benar terjadi

  • Sifatnya sekuler atau keduniawian

  • Tokoh legenda biasanya manusia

  • Sejarah kolektif yakni sejarah yang sering mengalami distorsi alasannya berbeda dari dongeng aslinya.

  • Sifatnya Migration atau berpindah-pindah

  • Bersifat siklus, maksudnya ialah menceritakan tokoh pada zaman tertentu.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Legenda √ Pengertian Legenda, Ciri, Jenis dan Contohnya (Bahas Lengkap)pengerti


Jenis-Jenis Legenda Dan Contohnya


Suatu legenda dibagi menjadi beberapa jenis atau macam, berikut ini ialah klarifikasi selengkapnya.


Legenda Keagamaan

Legenda keagamaan ini bercerita mengenai suatu kisah perihal agama tertentu. Contoh legenda ini ialah Kisah Wali Sunan Kalijaga.


Legenda Kegaiban

Legenda kegaiban ini bercerita mengenai suatu kepercayaan terhadap alam gaib. Contoh legenda kegaiban antara lain Kisah Nyai Roro Kidul, Sang Penguasan Pantai Selatan.


Legenda Perseorangan

Legenda perseorangan ialah legenda yang bercerita perihal kisah tokoh tertentu. Contoh legenda perseorangan ialah Legenda Si Pitung


Legenda Lokal

Legenda lokal ialah legenda yang bercerita suatu kisah perihal insiden pada suatu kawasan menyerupai Gunung, bukit, danau dan lai-lain. Contoh legenda lokal antara lain: Legenda Gunung Tangkuban Perahu.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Legenda, Ciri, Jenis dan Contohnya (Bahas Lengkap), agar sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id