Saturday, April 15, 2017

Pengertian Latar, Fungsi, Macam-Macam Terlengkap

Pengertian Latar, Fungsi, Macam-Macam Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Latar. Yang meliputi pengertian, fungsi, macam-macam latar dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian Latar


Latar yaitu keterangan perihal ruang, waktu dan juga suasana terjadinya insiden di suatu karya. Latar juga diartikan sebagai unsur intrinsik di sebuah karya sastra yang meliputi ruang, waktu dan juga suasana yang terjadi di suatu insiden didalam karya sastra.


Definisi lain dari Latar yaitu semua keterangan, petunjuk pengaluran yang berkaitan dengan ruang, waktu dan suasana. Latar antara lain meliputi penggambaran perihal letak geografis, kesibukan si tokoh atau pelaku, waktu berjalannya peristiwa, lingkungan agama, musim, moral, intelektual sosial, dan juga emosional si pelaku/tokoh.


Pengertian Latar Menurut Para Ahli

 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Latar Pengertian Latar, Fungsi, Macam-Macam Terlengkap


1.Abrams (1981:175)

Pengertian Latar berdasarkan Abrams yaitu tempat, korelasi waktu dan lingkungan sosial daerah terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar dalam dongeng sanggup dikategorikan menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar sosial


2.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian Latar berdasarkan KBBI adlaah keterangan perihal waktu, ruang dan suasana terjadinya lakuan dalam sebuah karya sastra.


3.Suparmin (2009:60)

Pengertian Latar berdasarkan Suparmin, latar daerah ataupun latar waktu dalam sebuah karya sastra akan menghipnotis inti dongeng dan pengambilan nilai-nilai yang akan diungkapkan si pengarang.


4.Indrawati (2009:64)

Pengertian Latar berdasarkan Indrawati yaitu tempat, waktu serta suasana yang dipakai dalam sebuah cerita.


Fungsi Latar


Fungsi latar yaitu untuk menggambarkan sesuatu secara jelas, supata insiden atau insiden yang telah terjadi dalam suatu karya sastra sanggup menyajikan isu yang terang mengenai situasi dalam sebuah cerita.


Macam-Macam Latar


Suatu Latar atau Setting memiliki beberapa macam atau jenis-jenis, antara lain sebagai berikut:


Latar Tempat


Merupakan latar lokasi atau daerah terjadinya insiden dalam cerita, baik nama kota, jalan, gunung, ataupun rumah. Contoh Latar Tempat yaitu: di ruang angkas, di sebuah pesawat, di dalam goa, didalam hutan, di sebuah gedung, di dalam bangunan tua, dan lain sebagainya.


Latar Waktu


Latar waktu merupakan latar yang berkaitan dengan ketika terjadinya insiden dalam dongeng baik dalam bentuk penanggalan, penyebutan insiden sejarah, penggambaran situasi malam, pagi siang, maupun sore. Contoh Latar Waktu yaitu: di pagi hari, di siang hari, di sore hari, di zaman dahulu, di waktu itu dan lain sebagainya.


Latar Suasana


Latar suasana merupakan latar yang berafiliasi dengan situasi atau kondisi ketika terjadinya insiden dalam cerita. Contoh Latar Suasana yaitu dikala gembira, dikala galau, dikala sedih, dikala kecewa dan lain sebagainya.


Latar Alat


Latar alat merupakan peralatan apapun yang dipakai atau diharapkan si tokoh dalam suatu cerita. Contoh latar alat adalah: penggaris, pensil, buku, penghapus, papan tulis dan lain sebagainya.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Latar, Fungsi, Macam-Macam Terlengkap supaya sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.


Silakan Baca Juga:




Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id