Friday, April 21, 2017

√ Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur Faktornya

Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur & Faktornya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Kepuasan Pasien. Meliputi pengertian, manfaat, cara mengukur dan faktor yang mensugesti kepuasan pasien dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami.



Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur & Faktornya


Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.


Pengertian Kepuasan Pasien


Kepuasan berdasarkan Pohan (2013) yakni keluaran atau outcome layanan kesehatan. Dengan ibarat itu kepuasan pasien bisa diartikan sebagai satu tujuan dari peningkatan mutu kualitas layanan kesehatan. Kepuasan pasien didefinisikan juga suatu tingkat perasan pasien yang muncul sebagai akiabt dari kinerja layanan kesehatan yang didapatkannya setelah pasien membandingkan dengan apa yang menjadi harapannya.


Manfaat Mengukur Kepuasan Pasien


Manfaat dari pengukuran kepuasan pasien berdasarkan Soeparmanto dan Astuti (2006) yakni sebagai berikut:



  • Menjadi tahu kekurangan setiap tingkat kelemahan penyelenggaraan pelayanan.

  • Menjadi tahu kinerja penyelenggaraan pelayanan yang sudah dijalankan oleh unit pelayanan.

  • Dapat dijadikan materi penentuan kebijakan yang harus diambil dan perjuangan yang harus dilakukan.

  • Menjadi tahu indeks kepuasan masyarakat secara pelayanan publik terhadap lingkungan pemerintahan sentra dan daerah

  • Menjadi pemacu persaingan positif antar unit penyelenggara pelayanan dalam perjuangan meningkatkan kinerja pelayanan.

  • Untuk masyrakat bisa mengetahui citra mengenai kinerja pelayanan unit yang berkaintan.


Cara Mengukur Kepuasan Pasien


Menurut Muninjaya (2013), mereka yang membeli atau mempergunakan produk atau jasa pelayanan kesehatan dinamakan dengan pelanggan atau customer. Kemudian berdasarkan Kotler dalam Nursalam (2011) terdapat beberapa cara mengukur kepuasan pelangga atau pasien antara lain:



  • Sistem Keluhan dan Saran

    Misalnya kotak saran pada lokasi strategis, kartu pos berprangko, sambungan telepon bebas pulsa, website, email dan lain sebaginya.

  • Survei Kepuasan Pelanggan

    Baik melalui pos, telepon, email ataupun secara bertatap muka langsung

  • Ghost Shopping

    Salah satu bentuk observasi yang memakai jasa orang yang menyamar sebagai pelanggan atau pesaing untuk melaksanakan pengamatan aspek-aspek pelayanan dan kualitas produk.

  • Lost Customer Analysis

    Adalah melaksanakan hubungan atau mewancarai pelanggan yang sudah beralih dalam rangka memahami penyebab dengan menjalankan perbaikan pelayanan.


Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien


Sangadji dan Sopiah (2013) menyatakan terdapat beberapa faktor yang menjadi efek kepuasan pasien diantaranya adalah:



  • Karakteristik Pasien

    Faktor yang menentukan tingkat pasien atau pelanggan oleh karakteristik dari pasien itu sendiri, yang yakni ciri-ciri seseorang atau kekhasan seseorang yang menjadi pembeda orang yang satu dengan orang yang lain. Karakteristik itu dalam bentuk nama, umur, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, suku bangsa, agama, pekerjaan dan lain sebagainya.

  • Sarana Fisik

    Dalam bentuk fisik yang bisa dilihat ibarat gedung, perlengkapan, seragam pegawai dan sana komunikasi

  • Jaminan

    Pengetahuan, kemampuan, kesopanan dan sifat bisa dipercaya yang ada pada perawat

  • Kepedulian

    Mudahnya dalam membangun komunikasi baik antar pegawai dengan klien, perhatian pribadi dan bisa memahami keperluan pelanggan.

  • Kehandalan

    Kemampuan dalam menunjukkan suatu pelayanan yang dijanjikan dengan cepat, tepat, akurat serta menunjukkan kepuasan.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Kepuasan Pasien √ Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur  Faktornya


Sedangkan berdasarkan Budiastuti (2002) menyatakan bahwa pasien dalam menunjukkan penilaian kepausan terhadap jasa diterima terdapat beberapa faktor yaitu:



  • Kualitas Produk atau Jasa

    Pasien akan mencicipi kepuasan kalau hasil penilaian mereka menggambarkan bahwa produk atau jasa yang digunakan berkualitas. Persepsi konsumen kepada produk atau jasa dipengaruhi oleh dua hal yakni kenyataan kualitas produk atau jasa yang sebetulnya dan komunikasi perusahaan utamanya iklan dalam mempromosikan rumah sakitnya.

  • Kualitas Pelayanan

    Sangat berperang penting dalam industri jasa. Konsumen dalam hal ini yakni pasien akan mencicipi kepuasan kalau mereka mendapat pelayanan yang baik atau sesuai dengan yang diinginkan

  • Faktor Emosional

    Pasien yang merasa besar hati dan yakin kalau orang lain kagum terhadap konsumen bila dalam hal ini pasien menentukan rumah sakit yang telah mempunyai pandangan “rumah sakit mahal”, cenderung mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi

  • Harga

    Harga yakni aspek penting, tetapi yang paling penting dalam penentuan kualitas untuk mencapai kepuasan pasien. Walaupun begitu elemen ini menjadi efek pasien dari sudut harga yang dikeluarkan.

  • Biaya

    Memperoleh produk atau jasa, pasien yang tidak mengeluarkan uang pemanis atau tidak perlu membuang waktu untuk memperoleh jasa pelayanan, cenderung puas terhadap jasa pelayanan tersebut.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur & Faktornya. Semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id