Wednesday, April 12, 2017

√ Mengenal Jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya

Mengenal Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya - Virus komputer sepertinya bukanlah sesuatu yang gila bagi para pengguna komputer. Adanya virus yang masuk ke dalam komputer benar-benar dapat mengganggu kinerja komputer dan juga merusak aneka macam file yang ada di komputer anda. Untuk itu, anda harus tahu bagaimana cara sempurna untuk mencegah munculnya virus-virus tersebut. Berikut ini beberapa isu untuk anda wacana jenis-jenis virus komputer dan cara sempurna untuk mengatasinya.

Mengenal Jenis-jenis Virus Komputer
Virus komputer begitu banyak jenisnya dan juga menjadikan beberapa gangguan yang berbeda-beda. Berikut ini penggolongan virus komputer dan beberapa contohnya:

1. Memory Resident Virus
Memory resident virus merupakan jenis virus yang biasanya bersembunyi pada RAM. Pada ketika OS dijalankan, virus ini aktif begitu saja dan merusak file ataupun aplikasi sehingga tidak dapat dibuka atau dijalankan. Virus ini pun dapat menciptakan jadwal atau file menjadi rusak ketika digandakan, dibuka ataupun ditutup. Beberapa pola dari virus ini yaitu CMJ, Meve, dan Randex. Hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi virus ini yaitu dengan menginstal antivirus.

2. Overwrite Viruses
Virus jenis ini begitu merugikan dan tentunya akan menciptakan anda merasa kesal. Overwrite viruses akan mengubah isu di dalam file anda menjadi isu lain tanpa mengubah ukuran file yang anda miliki. Beberapa pola dari virus ini yaitu Way, Trj.Reboot, Trivial.88.D dan sebagainya. Cara ampuh untuk mengusir virus ini yaitu menghapus file yang sudah terinfeksi virus ini.

3. Multipartite Virus
Virus jenis ini biasanya bersembunyi di dalam memori penyimpanan, dan nantinya akan menginfeksi hardisk. Beberapa pola dari virus ini yaitu flip, tequila dan invader. Salah satu cara untuk membersihkan virus ini yaitu dengan membersihkan sector boot dan juga disk. Setelah dirasa kondusif dan bersih, maka anda dapat mengembalikan data-data dalam disk tanpa takut terinfeksi virus jenis ini lagi.

4. Worms
Worms merupakan sebuah jadwal yang sifatnya seolah-olah dengan virus komputer. Walaupun hanya sebuah program, namun jenis jadwal ini dapat menciptakan jaringan komputer menjadi runtuh. Meskipun tidak menginfeksi file, namun tentunya komputer anda akan bermasalah. Beberapa pola dari jadwal ini yaitu Mapson, Lovgate.F dan Trile.C. Untuk mengatasinya, anda dapat memasang antivirus sebab jadwal ini dapat terdeteksi dan teratasi oleh antivirus.

5. Trojans
Trojans bukanlah virus komputer namun sangat merugikan. Trojans merupakan sebuah isyarat berbahaya yang dapat menyamar sebagai aplikasi mempunyai kegunaan namun nantinya malah akan mengganggu kinerja komputer anda. Anda dapat memakai antivirus ampuh untuk mencegah Trojans.

Mengenal Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya √ Mengenal Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Langkah Tepat Untuk Mengatasi Virus Komputer
Begitu banyaknya virus komputer yang dapat menciptakan komputer menjadi rusak ataupun mempunyai kinerja lambat. Karena sifat virus komputer yang dapat hadir begitu saja tanpa kita kitahui, maka sebaiknya kita tahu langkah yang sempurna untuk mencegah dan mengatasi serangan virus komputer. Berikut ini beberapa langkah yang sempurna dan juga gampang dilakukan untuk mencegah dan mengusir virus komputer dari komputer anda:
  • Gunakan antivirus. Cara ini merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi virus komputer. Anda dapat menginstal antivirus yang bonafit dan juga kompatibel. Pastikan juga untuk meng-update antivirus tersebut biar kinerja antivirus tersebut tetap maksimal untuk mencegah dan mengatasi virus komputer pada komputer anda.
  • Khusus untuk anda yang sering memakai komputer untuk mengakses internet, anda harus menginstal antivirus yang mempunyai fitur Internet Security. Dengan begitu, anda akan lebih kondusif ketika mengakses internet tanpa harus khawatr akan serangan virus komputer.
  • Aktifkan Firewall. Firewall pun dapat menjadi pilihan anda untuk melindungi komputer anda dari serangan virus. Firewall dapat menjadi dinding pelindung antara komputer anda dan jaringan internet. Dengan begitu komputer anda dapat kondusif dari virus komputer yang berasal dari internet.
  • Kenalilah semua data yang ada pada komputer anda. Terkadang, anda mungkin tidak sadar bahwa ada beberapa data atau file gila yang tiba-tiba ada dalam komputer anda. Hapuslah file atau data gila yang masuk pada komputer anda untuk mencegah perkembangan virus komputer.
  • Hapuslah file registry yang sudah tidak anda perlukan. Ada waktu dimana komputer anda menampung terlalu banyak file registriy padahal sudah tidak anda perlukan. Daripada mengakibatkan serangan virus komputer, maka sebaiknya anda menghapus file registry yang sudah tidak anda perlukan untuk menciptakan komputer anda lebih kondusif dari gangguan virus komputer.
  • Jangan asal membuka file dari flashdisk. Seperti yang kita ketahui, virus komputer pun dapat ditularkan dari file yang ada pada flashdisk. Untuk mencegahnya, anda dihentikan membuka file eksklusif dari flashdisk. Usahakan untuk mengirimkannya terlebih dahulu pada komputer anda biar komputer anda tidak tertulari virus yang berasal dari flashdisk.
  • Gunakan aplikasi yang dapat membersihkan file-file sampah ataupun file-file yang tidak dikenal. Beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan yaitu Ccleaner, TuneUp dan Utility. Anda cukup menginstal aplikasi tersebut di komputer anda, kemudian anda pun dapat mengikuti langkah-langkah berikutnya untuk membersihkan aneka macam file atau aplikasi yang kemungkinan besar dapat menjadi virus di komputer anda.

Itulah beberapa isu untuk anda mengenai beberapa jenis virus komputer dan cara mengatasinya. Tentunya sekarang anda sudah tahu cara-cara yang sempurna untuk menghindari dan mengatasi virus komputer, bukan? Ada baiknya anda lebih berhati-hati ketika memakai komputer dan jangan sembarangan mengakses situs tidak terang di internet. Semoga isu wacana jenis virus komputer dan cara mengatasinya ini dapat bermanfaat untuk anda.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com