Thursday, April 20, 2017

√ #7 Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Monopolistik (Lengkap)

Pada kesempatan sebelumnya telah di bahwa pengertian pasar monopolistik adalah  salah satu dari pasar persaingan tak sempurna terdapat ciri-ciri persaingan dan ciri monopoli sebabnya ialah lantaran produk-produk yang dijual di pasar tidak homogen, tapi masing-masing punya daya subsitusi satu sama lainnya. 



Berdasarkan pengertian tersebut, menawarkan menimbulkan suatu yang ambigu dan perlu di pertanyakan, dan salah satu dari para pembaca bertanya kepada admin, apa saja kekurangan dan kelebihan pasar monopolistik itu sendiri ? Nah pada kesempatan kali ini, admin akan menyebarkan apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan pasar tersebut. Berikut yaitu ulasan singkatnya:



Kelebihan pasar persaingan monopolistik 

  1. Banyaknya produsen di pasar menawarkan laba bagi konsumen untuk sanggup menentukan produk yang terbaik baginya. 
  2. Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melaksanakan penemuan dalam menghasilkan produknya. 
  3. Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan sanggup menciptakan konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya. 
  4. Pasar ini relatif gampang dijumpai oleh konsumen, lantaran sebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik. 

Kekurangan pasar monopolistik 

  1. Pasar monopolistik mempunyai tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga, kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak mempunyai modal dan pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar. 
  2. Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, lantaran pemain pasar di dalamnya mempunyai skala irit yang cukup tinggi.
  3. Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh konsumen.
Demikian ulasan artikel singkat kami terkait dengan #7 Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopolistik (LENGKAP) yang kami rangkum dari buku bacaan kami. Mohon maaf, agar bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Sumber: Hariyati, Yuli. 2007. Ekonomi Mikro. Jakarta: CSS.
Sumber http://www.galinesia.com