Tuesday, March 28, 2017

√ Pengertian Yoga, Tujuan, Manfaat Dan Jenisnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Yoga, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Yoga. Yang mencakup pengertian, tujuan, manfaat dan jenis-jenis yoga dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami.



Pengertian Yoga, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya (Bahas Lengkap)


Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan Seputar Pengetahuan dibawah ini dengan secama.


Pengertian Yoga


Secara bahasa (Etimologi) kata yoga berasal dari Bahasa Sansekerta kuno yakni “Yuj” yang artinya union atau penyatuan diri. Yoga memiliki tiga makna berbeda yaitu Penyerapan (Samadhi (yujyate), Menghubungkan (Yunakti) dan pengendalian (Yojyanti).


Definisi yoga yaitu suatu ilmu yang menandakan keterkaitan antara fisik, mental dan spiritual insan untuk mencapai sistem kesehatan menyeluruh (Holistik) yang terbentuk dari kebudayaan India Kuno.


Yoga awalnya diperkenalkan oleh seorang tokoh legenda India yang hidup pada tahun 200 – 500 SM yang berjulukan Patanjali dalam Buku Yoga Sutras.


Yoga ialah penyatuan dari jiwa spiritual dengan jiwa universal atau pembatasan pikiran yang selalu bergerak atau suatu sistem yang sistematis dalam menjalankan latihan rohani untuk meraih ketenangan batin dan menjalankan latihan fisik untuk meraih kesehatan jasmani dan rohani, menyebabkan dinamakan dengan Jiwan Mukti.


Tujuan Yoga


Tujuan yoga yaitu meluaskan kesadaran insan hingga sebegitu jauh sehingga sanggup disamakan dengan kesadaran alam semesta. Hal itu harus diraih dengan realisasi prinsip spiritual dalam tubuh kita, ada prinsip fisik dan mental dan bahwasanya ialah kepribadian diri kita sendiri yang awet dan benar.


Manfaat Yoga


Sindhu (2014: 34), manfaat yoga apabila dijalani dengan rutin dan teratur, adalah:



  • Dapat sebagai peningkat fungsi kerja endokrin (hormonal) pada tubuh

  • Dapat sebagai peningkat sirkulasi darah ke semua sel tubuh dan otak

  • Dapat sebagai pembentuk postur tubuh yang lebih tegap, dan juga otot yagn lebih elastis dan kuat.

  • Dapat sebagai peningkat kapasitas paru-paru ketika bernafas

  • Dapat membuang racun dari dalam tubuh (detoksifikasi)

  • Bisa sebagai peremajaan sel tubuh dan penghambat penuaan

  • Dapat mengurangi ketegangan tubuh, pikiran, dan mental serta membuatnya lebih kuat ketika menghadapi stress

  • Sebagai pemberi kesempatan untuk mencicipi relaksasi yang mendalam

  • Sebagai peningkat kesadaran pada lingkungan

  • Sebagai peningkat rasa percaya diri dan kemampuan untuk berpikir positif.


Jenis-Jenis Yoga


Giri (2006) menyatakan, berdasarkan sastra agama Hindu, yoga dikategorikan menjadi beberapa macam atau jenis, antara lain sebagai berikut:


Hatha Yoga

Hatha Yoga merupakan jenis yoga dengan sistem pembinaan menggunakan banyak sekali teknik membentuk perilaku tubuh (asana) diikuti dengan teknik pernapasan (pranayama) untuk mencapai keseimbangan antara dua kekuatan yang berbeda di dalam tubuh, ibarat tubuh bab atas dan tubuh bab bawah, tubuh bab kiri dan tubuh bab kanan, tarikan napas dan hembusan napas, energi positif dan energi negatif dan lain sebagainya.


Bhakti Yoga

Bhakti yoga merupakan jenis yoga yang berfokus pada diri untuk mengarah hati. Apabila seseorang yogis berhasil menerapkannya, maka ia akna sanggup melihat kelebihan orang lain dan cara untuk menghadapi sesuatu. Keberhasilan yoga ini juga menyebabkan yogis menjadi lebih belas kasih dan mendapatkan segala yang ada di sekelilingnya, alasannya dalam yoga ini diajarkan untuk mengasihi alam dan beriman kepada Tuhan.


Raja Yoga

Raja Yoga merupakan jenis yoga yang menekankan pada teknik meditasi dan kontemplasi. Yoga ini jadinya akan mengarah kepada cara menguasai diri sekaligus menghargai diri sendiri dan sekitarnya. Raja yoga ialah dasar yoga sutra.


Jnana Yoga

Jnana Yoga merupakan jenis yoga yang melaksanakan penerapan metode untuk mencapai kecerdikan dan pengetahuan. Teknik yoga ini cenderung untuk mencampurkan antara kepandaian dan kebijaksanaan, menyebabkan nantinya memperoleh hidup yang sanggup mendapatkan semua filosofi dan agama.


Karma Yoga

Karma yoga merupakan jenis yoga yang percaya pada reinkarnasi. Yoga ini akan menyebabkan supaya tidak egois, alasannya yakin bahwa tingkah laris dikala ini akan kuat pada kehidupan yang akan datang.


Tantra Yoga

Tantra yoga merupakan jenis yoga yang sedikit berbeda dari yoga lain, bahkan ada yang beranggapan yoga ini ibarat dengan ilmu sihir. Cara toga ini terdiri atas kebenaran (kebenaran) dan hal yang gaib (mantra). Tujuan teknik yoga ini ialah supaya sanggup memberi penghargaan pelajaran dan pengalaman hidup.


Sedangkan berdasarkan Somvir (2006), jenis yoga antara lain yaitu:


Ananda Yoga

Ananda yoga yaitu jenis yoga yang berfokus terhadap postur tubuh yang dirancang untuk memindahkan energi ke otak, dan mempersiapkan tubuh untuk meditasi. Ananda yoga terfokus pada keselerasan tubuh yang tepat dan pernapasan yang dikendalikan.


Iyengar Yoga

Iyengar yoga merupakan jenis yoga yang lebih mementingkan penyusunan gerakan yang tepat lewat, teknik alignment atau kesejajaran pada presisi yang tinggi untuk mencapai manfaat yang maksimal bagi kesehatan.


Kundalini Yoga

Kundalini yoga merupakan jenis yoga yang mencampurkan gerakan yang repetisi, latihan pernapasan, nyanyian puji-pujian, dan juga meditasi untuk membangau energi spiritual yang konon berbaring di dasar tubuh insan (atau lantai panggul manusia)


Bikram Yoga

Bikram yoga merupakan latihan yoga yang dilaksanakan di dalam ruangan yang dipanaskan antara 36-42 derajat celcius untuk menstimulasi tubuh semoga toksin sanggup keluar lewat keringat dan membantu meregangkan tubuh lebih jauh. Setiap latihan terdiri dari dua tekni pranayama dan 24 jenis asana.


Ashtanga Yoga

Ashtanga yoga merupakan nama yang diberikan pada sistem yoga yang diajarkan oleh Sri K. Pattabhi Jois. Gaya yoga ini menuntut kekuatan fisik alasannya melibatkan sinkronasi bernapas dengan seri progresif. Ashtanga yoga sanggup membantuk memperbaiki sirkulasi, fleksibilitas, stamina, cahaya kebatinan yang kuat dan pikiran yang tenang.


Jivamukti Yoga

Jivamukti yoga berkembang sektair tahun 1986 oleh Sharon Gannon dan David Life. Metode yoga Jivamukti menandakan aspek spiritual dan budbahasa praktek yoga. Jivamukti ialah bentuk asana yang kuat dengan aksentuasi di studi agama, nyanyian sansekerta, vegetarian, non-kekerasan, meditasi, dedikasi kepada Tuhan.


Sivananda Yoga

Sivananda yoga ini cocok untuk yang menghendaki latihan yoga yang mencakup gerakan fisik dan bakti yoga atau yoga yang mementingkan kebaktian. Setiap latihan mencakup latihan pranayama, asana, dan relaksasi.


Kripalu Yoga

Kripalu yoga merupakan jenis yoga yang memiliki tujuan untuk peningkatan kesadaran. Memberi aksentuasi kesadaran napas, pergerakan dan kelurusan, kripalu ialah tanda jasa kecerdikan yang berafiliasi dengan tubuh tersebut.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Yoga √ Pengertian Yoga, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya (Bahas Lengkap)


Meditation Yoga

Meditasi yoga yaitu jenis yoga yang dijalankan dengan relaksasi yang melibatkan pengosongan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, ataupun mencemaskan dalam kehidupan sehari-hari.


Prenatal Yoga

Prenatal yoga yaitu jenis yoga khusus untuk kehamilan dengan teknik dan intensitas yang sudah diubahsuaikan dengan keperluan fisik dan psikiks ibu hami dan janin yang dikandungnya.


Viniyoga

Viniyoga merupakan yoga yang digunakan sebagai praktek terapi untuk orang yang menderita cedera atau pasca operasi. Viniyoga memiliki gerakan yang lembut, penyembuhan diubahsuaikan dengan jenis tubuh setiap orang dan keperluan ketika mereka tumbuh dan berubah.


Acro Yoga

Acro yoga merupakan jenis yoga yang mana masing-masing gerakan yang dilakukan mengandung unsur akrobatik.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Yoga, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya (Bahas Lengkap), semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id