Sunday, March 26, 2017

√ Pengertian Gaya Hidup, Jenis, Indikator, Faktor Yang Mempengaruhi

Pengertian Gaya Hidup, Jenis, Indikator, Faktor Yang Mempengaruhi – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Gaya Hidup. Yang mencakup pengertian, jenis-jenis, indikator dan faktof yang mensugesti gaya hidup dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebiih detailnya silakan simak ulasan Spengetahuan.Com dibawah ini dengan secama.



Pengertian Gaya Hidup, Jenis, Indikator, Faktor Yang Mempengaruhi


Mari kita bahas pengertian gaya hidup terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian Gaya Hidup


Gaya hidup merupakan kata lain dari Life Style, yang didefinisikan sebagai bab dari kebutuhan sekunder insan yang bisa derubah sesuai zaman atau keinginan seseorang untuk berubah gaya hidupnya. Gaya hidup sanggup diketahui dari cara berpakaian, kebiasaan, dan lain sebagainya. Dan juga, gaya hidup sanggup dinilai relatif bergantung dari penilaian orang lain.


Pengertian lain dargi gaya hidup yaitu citra perbuatan, pola dan cara hidup yang ditunjukkan bagaimana kegiatan seseorang, minat dan ketertarikan dan juga apa yang mereka pikirkan perihal diri mereka sendiri menimbulkan perbedaan statusnya dari orang lain dan lingkungan melalui lambang sosial yang mereka miliki.


Gaya hidup juga diartikan sebagai seni yang dibudidayakan masing-masing orang. Gaya hidup ini bekerjasama dengan perkembangan zaman dan juga teknologi. Gaya hidup yakni perjuangan seseraogn untuk menciptakan dirinya eksis dengan cara tertetntu dan tidak sama dari kelompok lain.


Contoh gaya hidup yang baik, antara lain yakni makan dan istirahat dengan teratur, makan makanan 4 sehat dan 5 tepat dan lain-lain. Lalu pola gaya hidup tidak baik: berkata-kata tidak sepatutnya, makan sembarangan dan lain-lain.


Pengertian Gaya Hidup Menurut Para Ahli


Berikut ini yakni definisi gaya hidup berdasarkan beberapa ahli.


1. Kotler dan Keller (2012:192)


Pengertian gaya hidup berdasarkan Kotler dan Keller yakni pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat dan opininya. Gaya hidup memperlihatkan keseluruhan diri seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Gaya hidup menggambarkan seluruh pola seseorang dalam beraksi dan berinteraksi di dunia.


2. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesi) 2008


Pengertian gaya hidup berdasarkan KBBI yakni pola tingkah laris sehari-hari segolongan insan dalam masyarakat.


3. Plummer (1983:131)


Pengertian gaya hidup berdasarkan Plummer yakni cara hidup individu yang diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka (aktivitas), apa yang mereka anggap penting dalam hidupnya (ketertarikan) dan apa yang mereka pikirkan perihal dunia sekitarnya.


4. Weber (dalam Damsar 2002: 120)


Pengertian gaya hidup berdasarkan Weber yakni selera pengikat kelompok dalam (in group) pemeran kolektif atau kelompok status, berkompetisi ditandai dengan kemampuan untuk memonopoli sumber budaya.


5. Sumarwan (2011:57)


Pengertian gaya hidup berdasarkan Sumarwan yakni pengambaran dengan kegiatan, minat dan opini dari seseorang. Gaya hidup seseorang biasanya tidak permanen dan cepat berubah. Seseorang mungkin dengan cepat mengganti model dan merek pakaiannya alasannya yakni menyesuaikan dengan perubahan hidupnya.


Indikator dan Pengukuran Gaya Hidup


Sunarto menyatakan terdapat tifak indikator gaya hidup seseorang antara lain:


Kegiatan (Activity)


Adalah apa yang dikerjakan konsumen, apa yang dibeli atau dipakai, dan kegiatan apa yang dijalankan untuk mengisi waktu luang. Walaupun seringkali kegiatan ini sanggup diamati, alasan untuk perbuatan tersebut jarang sanggup diukur dengan langsung.


Minat (Interest)


Adalah objek insiden atau topik dalam tingkat kegairahan yang ikut pada perhatian khusus ataupun terus terang padanya. Interest sanggup berbentuk kesukaan, kegemaran dan prioritas dalam hidup konsumen itu. Minat merupakan apa yang konsumen anggap menarik untuk memperlihatkan waktu dan mengeluarkan uang. Minat yaitu faktor pribadi konsumen dalam memperlihatkan efek kepada proses pengambilan keputusan


Opini (Opinion)


Adalah pandangan dan perasaan konsumen dalam memperlihatkan balasan warta global, lokal oran ekonomi dan sosial. Opini digunakan untuk memperlihatkan deskripsi penafsiran, impian dan evaluasi, contohnya kepercaan perihal maksud orang lain, antisipasi sehubungan dengan insiden masa tiba dan penimbangan konsekuensi yang memberi ganjaran atau menghukum dari jalannya perbuatan alternatif.


Pengukuran gaya hidup sanggup dijalankan dengan Psikografik (psychographic). Sumarwan (2011: 58) menyatakan psikografik merupakan suatu instrumen dalam pengkuran gaya hidup yang bisa memperlihatkan pengukuran kuantitatif dan bisa digunakan untuk melaksanakan analisan data yang sangat besar.


Seringkali analisis psikografik digunakan dalam melihat segmen pasar dan segmen konsumen dalam hal kehidupan, pekerjaan dan kegiatan mereka lainnya. Psikografik biasa dimaknai sebagai pengkuran AIO (Activity, Interest, Opinion) atau pernyataan untuk memperlihatkan gamabran aktifitas, minat dan opini konsumen


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal Gaya Hidup √ Pengertian Gaya Hidup, Jenis, Indikator, Faktor Yang Mempengaruhi


Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup


Amstrong menyampaikan terdapat beberapa faktor yang mensugesti gaya hidup seseorang antara lain yaitu:



  • Sikap

  • Pengalaman dan pengamatan

  • Kepribadian

  • Konsep

  • Motif

  • Persepsi

  • Kelompok referensi

  • Kelas sosial

  • Keluarga

  • dan Kebudayaan


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Gaya Hidup, Jenis, Indikator, Faktor Yang Mempengaruhi. Semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id