Saturday, February 11, 2017

√ Tumpuan Soal Ppg Sd Pedagogik















1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi
duduk masalah yang mereka hadapi, kemudian duduk masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk
mendapat solusinya.

Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....

A. kemampuan kognitif

B. kemampuan interaksional

C. kemampuan integrasi diri

D. kemampuan komunikatif



2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah
kognitif adalah….

A. kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan untuk memecahkan masalah

C. kemampuan berinteraksi

D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri



3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan
kaidah-kaidah nalar tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit
merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

A. 0 - 2 tahun

B. 2 -- 7 tahun

C. 7 -- 11/12 tahun

D. 11/12/ -- 14/15 tahun



4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe,
gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah
sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan

A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih
terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)

B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap
lingkunganya (sensomotor)

C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris

D. Kemampuan mengoperasikan kaidah nalar yang tidak
terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)



5. Kemampuan penerima didik untuk membina korelasi dan
kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….

A. Kognitif

B. Sosial

C. Emosional

D. moral



6. Seorang penerima didik selalu ingin mendominasi dalam
suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk
mengemukakan pendapat. Jika sobat lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya
diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung berguru sendiri.

Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam
perkembangan

A. sosial-emosional

B. kognitif

C. moral

D. spritual



7. Peserta didik telah mempunyai yang memiliki
moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada
standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki
pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu arahan moral pribadi.

Hal ini merupakan contoh sikap moral-spritual pada
tahapan ...

A. kebijaksanaan sehat pascakonvensional

B. kebijaksanaan sehat konvensional

C. kebijaksanaan sehat prakonvensional

D. kebijaksanaan sehat interkonvensional



8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh
keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung hukum social
bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.

Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan
moral

A. Prakonvensional

B. Konvensional

C. Pascakonvensional

D. Interkonvensional



9. Memaksimalkan acara ekstrakurikuler, melakukan
rekreasi dengan guru, dan melaksanakan acara informal lainnya mempunyai fungsi untuk
mengatasi kesulitan berguru dalam hal ….

A. mengemukakan gagasan

B. mengaktualisasikan diri

C. penciptaan korelasi yang baik

D. menformulasikan tindakan



10. Seorang penerima didik merasa kurang bersemangat
pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih bahagia tinggal di sekolah sampai
sore, petugas kebersihan sekolah hingga menyuruhnya pulang sebab matahari
hampir tenggelam.

Peserta didik tersebut dicurigai mempunyai hambatan
pengembangan potensi berupa faktor ....

A. intelegensi dan kognitif

B. budaya dan pembiasaan

C. keluarga dan lingkungan masyarakat

D. emosional dan kepribadian



11. Seorang penerima didik bisa mendengarkan informasi
yang disampaikan oleh guru tetapi pada ketika ditanya ia tidak mengerti apa yang
ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan berguru dalam
hal ....

A. kesulitan akademis

B. gangguan simbolik

C. gangguan nonsimbolik

D. gangguan sosial



12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak
pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....

A. Membantu siswa supaya sanggup memecahkan masalah
pribadinya

B. Menbantu siswa supaya sanggup melaksanakan penyesuaian
diri dengan lingkungannya

C. Membantu siswa supaya sanggup mengatasi kesulitan
belajar

D. Membantu siswa supaya memperoleh informasi tertentu



13. Teori ini memandang berguru sebagai hasil dari
pembentukan korelasi antara rangsangan dari luar (stimulus) dan jawaban dari
siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering korelasi (bond) antara
rangsangan dan jawaban terjadi, maka akan semakin kuatlah korelasi keduanya
(law of exercise). Teori berguru yang dimaksud adalah…

A. Behaviorisme

B. Humanistik

C. Sibernetik

D. Kontruktivisme



14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa
dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, menciptakan dugaan
(hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan
benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A. Sibernetik

B. Humannistik

C. Behaviorisme

D. Konstruktivisme



15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran
yakni sebagai fasilitator, motivator, dan menawarkan kesadaran mengenai makna
kehidupan pada siswa. Teori berguru ini berusaha memahami sikap berguru dari
sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori berguru ini
yakni ….

A. Humanistik

B. Konstruktivisme

C. kognitivisme

D. Nativisme



16. Pada masa sekarang siswa dituntut untuk sanggup belajar
setiap ketika dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi sebab kemajuan
teknologi yang memungkinkan berguru jarak jauh dalam jaringan atau online.
Pernyataan diatas sejalan dengan teori berguru ….

A. Sibernetik

B. Konstruktivisme

C. Behaviorisme

D. Kognitivisme



17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau
pengalaman yang gres sanggup terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di
dalam struktur kognitif seseorang yakni teori belajar…

A. Behaviorisme

B. Konstruktivisme

C. Kognitivisme

D. Sibernatik



18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan
hasil berguru yang diharapkan dicapai oleh penerima didik sesuai dengan
kompetensinya dimuat dalam:

A. Silabus

B. RPP

C. Silabus dan RPP

D. SKL



19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran
terdiri dari....

A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media
pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran



20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai planning proses
pembelajaran, perbedaannya yakni sebagai berikut:

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp
mengarahkan acara berguru untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar
lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibentuk oleh setiap guru, sedangkan silabus
dibentuk oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan
pendidikan.



21. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah

A. Materi atau materi asuh berbasis kompetensi

B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada
penerima didik

C. RPP bersumber dari silabus

D. Alokasi waktu sesuai dengan agenda pada setiap
satuan pendidikan



22. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran
bahasa Indonesia yakni sebagai berikut ......

1) Kompetensi dasar :Mengenal acara bermusyawarah

2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan
bermusyawarah

3) Tujuan Pembelajaran : sehabis pelaksanaan pemilihan
ketua kelas siswa sanggup menyebutkan dua ciri acara musyawarah dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip
dipakai adalah....

A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

B. Mendorong partisipasi aktif penerima didik

C. Memperhatikan perbedaan individu penerima didik

D. Keterkaitan dan keterpaduan



23. Benjamin S. Bloom menyebarkan ranah kognitif
dengan urutan berikut:

A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis,
dan evaluasi;

B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis,
síntesis, dan evaluasi

C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis,
dan evaluasi

D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi,
dan, síntesis.



24. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan
taksonomi Benjamin S. Bloom menyebarkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis,
dan evaluasi;

B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis

C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis,
dan evaluasi

D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi,
dan, mencipta.



25. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan
antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan duduk masalah yang dihadapi
secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk
menuntaskan duduk masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….

A. Role Playing

B. Inquiry

C. Problem Solving

D. Picture and Picture



26. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam
melaksanakan diskusi pemecahan duduk masalah proses pembelajaran adalah:

A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B. Rumusan duduk masalah yang harus didiskusikan

C. Jumlah penerima didik yang mengikti pembelajaran

D. Motivasi berguru siswa



27. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….

A. Pencapaian standar kompetensi

B. Pencapaian kompetensi dasar.

C. Pencapaian tujuan pembelajaran

D. Pencapaian standar kelulusan



28. Apa yang paling sempurna dilakukan guru, kalau seorang
penerima didik tidak menawarkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?

A. Menunjuk penerima didik lain untuk menjawab
pertanyaan tersebut

B. Memberikan kritik supaya penerima didik berusaha
menjawab walaupun salah

C. Menyederhanakan isi pertanyaan supaya gampang dipahami
penerima didik

D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.



29. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip
pengembangan silabus artinya ....

A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan
penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik,
intelektual, sosial, emosional, dan spritual penerima didik.

B. Adanya korelasi yang konsisten (ajeg, taat asas)
antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman
belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.

C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran,
pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang
pencapaian kompetensi dasar.

D. Komponen-komponen silabus saling bekerjasama secara
fungsional dalam mencapai kompetensi.



30. Ciri-ciri kelas yang memakai pembelajaran CTL
yakni sebagai berikut, kecuali....

A. Sharing dengan teman

B. Guru kreatif

C. Pengalaman nyata

D. Menggunakan satu sumber



31. Dalam menentukan dan menyebarkan materi
pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang
telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan menawarkan kontribusi
untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi
pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…

A. Sahih

B. Kebermanfaatan

C. Layak dipelajari

D. Menarik minat



32. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara
dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal gres dan
dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa
mengikuti pola....

A. Kausal

B. Spiral

C. Kronologis

D. inquiri



33. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh
sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah
untuk berguru individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.

Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke
dalam kriteria...

A. tujuan

B. sasaran didik

C. ketersediaan

D. konteks penggunaan



34. Pada ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru
sanggup menyusun taktik pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan
dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang
pendidik terkait dengan keterampilan menentukan media pembelajaran adalah…

A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa
dan sekolah

B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media
pembelajaran tersebut.

C. Pendidik harus beradaptasi dengan kemampuan
sekolah.

D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.



35. Pada ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru
harus sanggup menentukan jenis media yang sempurna sesuai dengan materi. Di lihat
dari kemampuan jangkauannya, media sanggup dibagi ke dalam..

A. media yang mempunyai daya liput yang luas dan
media yang mempunyai daya liput terbatas

B. media yang dpat didengar saja dan media yang dapat
dilihat

C. media tradisional dan media berbasis TIK

D. media dua dimensi dan media tiga dimensi



36. Di ruang media tersedia banyak sekali macam media yang
sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya
sanggup memanfaatkan media dan menentukan media mana yang akan digunakan. Dia
mempunyai beberapa pertimbangan dalam hal ini.

Pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran yang
harus diperhatikan adalah...

A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media,
waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.

B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu
mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.

C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi
sekolah dan konteks penggunaan

D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan
karakteristik media



37. Seorang guru harus bisa memanfaatkan media
pembelajaran dan sumber berguru untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh.
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:

A. media pembelajaran yang paling baik yakni media
yang berbasis TIK

B. sebuah media sanggup dipakai untuk semua kegiatan
pembelajaran

C. media sanggup dipakai sebagai pembawa pesan
dalam suatu acara pembelajaran

D. menentukan media tidak perlu banyak pertimbangan agar
tidak merepotkan



38. Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat
kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan penerima didik memahami materi yang
mempunyai tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran.
Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.

Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:

A. Menampilkan objek yang terlalu besar

B. Membuat konkrit konsep yang aneh

C. Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan
mata telanjang.

D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di
dalam lingkungan belajar.



39. Media mempunyai fungsi dan manfaat bagi
pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran
menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya ketika guru ingin menjelaskan suatu
konsep/ objek yang luas dan besar, ia tinggal memakai medianya saja.

Berikut ini yakni salah satu fungsi dari media
pembelajaran sesuai kondisi tersebut:

A. Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya
pasar, candi.

B. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di
dalam lingkungan belajar.

C. Membuat konkret konsep yang abstrak, contohnya untuk
menjelaskan peredaran darah.

D. Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan
mata telanjang.



40. Seorang guru ingin membuka situs google untuk
menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat eksklusif atau untuk
dibagikan secara umum. Fitur yang sanggup dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…

A. book

B. forum

C. blog

D. e-portofolio



41. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka
situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK
(Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Pengertian googling dalam istilah internet tersebut
adalah…

A. agenda mencari informasi

B. agenda desktop publishing

C. program untuk menjelajahi laman

D. agenda penciptaan laman



42. Saat kita akan informasi perihal suatu topik atau judul
sanggup memakai aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari
(search engine).

Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari
selain google adalah...

A. www.yahoo.com

B. www.gmail.com

C. www.hotmail.com




43. Seorang guru akan menciptakan media untuk menampilkan
contoh surat, tabel, gambar dan banyak sekali dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran
Microsoft yang sanggup dipakai untuk memfasilitasi acara guru tersebut
adalah...

<![if !supportLists]>1.    
<![endif]>Microsoft Database

<![if !supportLists]>2.    
<![endif]>Microsoft PowerPoint

<![if !supportLists]>3.    
<![endif]>Microsoft Desktop Publishing

<![if !supportLists]>4.    
<![endif]>Microsoft Word



44. Seorang guru sanggup menampilkan materi tayang yang
menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan materi tayang ini
difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
dipakai untuk menciptakan materi presentasi adalah....

A. Microsoft Database

B. Microsoft Spread Sheet

C. Microsoft powerpoint

D. Microsoft Desktop Publishing



45. pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan
banyak sekali teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan
menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan
untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian
dari model pembelajaran…

A. portofolio

B. saintifik

C. penemuan

D. autentik



46. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan
memakai duduk masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan
mengintergrasikan pengetahuan gres berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan
memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta
didik berkolaboratif yang mengintegrasikan banyak sekali subjek (materi) dalam
kurikulum.

Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut
merupakan model pembelajaran ....

A. projek based learning

B. discovery Learning

C. Problem Based Learning

D. Inquiry learning



47. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang
mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan
terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul banyak sekali macam
alternatif pendapat.

Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan
implementasi model pembelajaran ....

A. Project based learning

B. inquiry learning

C. Discovery learning

D. problem based learning



48. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran
dengan model pembelajaran project based learning :

1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,

2) Mendesain Perencanaan Proyek,

3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),

4) Memonitor penerima didik dan kemajuan proyek
(Monitor the Students and the Progress of the Project),

5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),

6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

Urutan yang benar yakni ....

A. 1-2-3-4-5-6

B. 1-3-2-4-5-6

C. 1-3-2-5-6-4

D. 1-2-3-5-4-6



49. Perhatikan langkah-langkah acara pembelajaran
yang masih acak berikut ini!

1) Mengorganisasi siswa dalam belajar

2) Orientasi siswa pada masalah

3) Membimbing penyelidikan siswa secara berdikari atau
kelompok

4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan
model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang sempurna adalah
....

A. 1-2-3-4

B. 2-3-1-4

C. 3-2-1-4

D. 2-3-1-4



50. Kriteria keberhasilan berguru siswa ditentukan
dengan memakai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yakni rata-rata
setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan
faktor-faktor….

A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan
guru

B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa

C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake
siswa

D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar,
dan intake siswa



51. Fungsi KKM yakni sebagai berikut, kecuali....

A. sebagai pola penerima didik dalam menyiapkan diri
mengikuti penilaian mata pelajaran

B. merupakan sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian
kompetensi tiap mata pelajaran

C. sanggup dipakai sebagai pecahan dari komponen dalam
melaksanakan penilaian agenda pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

D. Sebagai acara pengambilan keputusan yang
sanggup dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.



52. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….

A. Pencapaian standar kompetensi

B. Pencapaian kompetensi dasar.

C. Pencapaian tujuan pembelajaran

D. Pencapaian standar kelulusan



53. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran,
tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;

A. Menilai tingkat pencapaian hasil berguru siswa

B. Menambah materi pelajaran baru

C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti
agenda tindak lanjut

D. Memilih waktu yang sempurna untuk melaksanakan program
tindak lanjut



54. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku
siswa dalam proses pembelajaran adalah:

A. Pedoman observasi

B. Kuesioner

C. Pedoman wawancara

D. Tes hasil belajar



55. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai
hasil berguru penerima didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:

A. Buku sumber yang digunakan

B. Kurikulum dan silabus

C. Indikator pencapaian kompetensi

D. Kemampuan awal siswa



56. Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar
penerima didik yakni penilaian harus terpadu artinya:

A. penilaian berdasarkan data yang mencerminkan
kemampuan yang harus diukur

B. penilaian merupakan pecahan yang tak terpisahkan
dari acara pembelajaran

C. penilian berdasarkan kriteria yang terang tentang
kompetensi yang harus dicapai

D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk
semua aspek kompetensi



57. Instrumen penilaian hasil berguru yang digunakan
pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:

A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang
sesuai dengan bentuk tes yang digunakan

B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi
yang dinilai

C. Bahasa yang dipakai komukinatif sesuai dengan
taraf perkembangan penerima didik

D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan
simpulan semester



58. Untuk mengetahui prestasi berguru yang dicapai
oleh semua penerima didik pada satu rombongan berguru sanggup dilakukan dengan
menghitung nilai;

A. Mean

B. Modus

C. Median

D. Simpangan baku



59. Standar penilaian pendidikan merupakan pola bagi
guru dalam melaksanakan

A. Penilaian hasil berguru penerima didik

B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru

C. Penilaian silabus dan RPP

D. Penilaian standar kompetensi lulusan



60. Penilaian yakni penafsiran hasil pengukuran dan
penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian sanggup berupa hasil belajar
penerima didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar
belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan korelasi emosional.
Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….

A. Objektivitas.

B. Transparan

C. Bermakna

D. Menyeluruh



61. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang
mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam acara guru sebagai berikut:

A. Memberikan pemanis materi berupa sumber asuh dari
pengarang yang berbeda

B. menawarkan test pemanis dengan tingkat kesukaran
lebih tinggi

C. menawarkan pemanis sumber bacaan yang lebih
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai

D. diberikan materi materi asuh yang lebih tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi



62. Dasar rancangan agenda remidi bagi penerima didik
yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan berguru ….

A. proses pengajaran remedial intinya adalah
proses berguru mengajar biasa

B. tujuan pengajaran remedial yakni sama dengan test
diagnostik

C. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah
peningkatan kecerdasan siswa

D. taktik yang dipilihhanya berbentuk test ulang



63. Salah satu prinsip merancang agenda remidial bagi
penerima didik tampak dalam acara guru ….

A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa
penerima remedial

B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah
dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian berguru siswa

C. Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang
berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan
klarifikasi materi



64. . Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan
kriteria ketuntasan berguru yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya
merupakan:

A. Nilai batas ambang kompetensi

B. Nilai minimal yang dicapai penerima didik

C. Nilai maksimal yang dicapai penerima didik

D. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah



65. Penilaian portofolio sanggup dilaksanakan dengan
cara ….

A. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap
tugas-tugas siswa

B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test
harian dan sumatif tiap siswa

C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa
yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album
sebagai bukti hasil belajar

D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil
ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan
tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial



66. Penilaian hasil berguru siswa didasarkan pada
karya siswa dan kiprah siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post
test disebut ....

A. Konstruktivisme

B. Authentic assesment

C. Efektif

D. kondusif



67. Pendekatan tes ini memakai norma yang disusun
secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut
dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang
yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di
dalam kelompok.

Pendekatan tes yang dimaksud adalah….

A. Penilaian berkelanjutan

B. penilaian menyeluruh

C. penilaian pola patokan

D. penilaian pola norma



68. Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian
yang disebut dengan istilah penilaian pola kriteria (PAK). PAK merupakan
penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan
minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan berguru minimal yang
ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik
Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta
didik.

Dengan demikian, Kurikulum 2013 memakai pendekatan
penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....

a. Penilaian berkelanjutan

b. Penilaian autentik

c. Penilaian pola patokan

d. Penilaian pola norma



69. Menggambarkan sejauh mana seorang penerima didik
telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…

A. tujuan penilaian

B. prinsip penilaian

C. fungsi penilaian

D. hasil penilaian



70. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam
sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai
seorang/sekelompok penerima didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial
dan agenda pengayaan merupakan….

A. prinsip penilaian

B. tujuan penilaian

C. fungsi penilaian

D. bentuk penilaian.



71. Assesment hasil berguru penerima didik harus
memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:

A. objektif

B. adil

C. kooperatif

D. terpadu.



72. Penilaian yang didasarkan pada data yang
mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:

A. adil

B. objektif

C. valid

D. sistematis



73. Penilaian yang sanggup dipertanggungjawabkan, baik
dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip
penilaian yang…

A. adil

B. akuntabel

C. valid

D. sistematis



74. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan
sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan
prinsip penilaian yang…

A. adil

B. objektif

C. valid

D. sistematis



75. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan
dalam melaksanakan assesmen hasil berguru penerima didik, kecuali….

A. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi

B. memakai pola kriteria berdasarkan pencapaian
kompetensi

C. ditindaklanjuti dengan agenda remedial dan
pengayaan

D. dilakukan pengulangan kalau ternyata alhasil banyak
yang jelek



76. Program pembelajaran remedial hendaknya
memungkinkan penerima didik untuk berguru sesuai dengan kecepatan, kesempatan,
dan gaya berguru masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi
perbedaan individual penerima didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip
yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...

A. Fleksibilitas

B. Interaktif

C. Adaptif

D. Kesinambungan



77. Berdasarkan data hasil penilaian pembelajaran
perihal memahami teks anekdot ternyata alhasil tidak maksimal. Dari 30 siswa
dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti agenda remidial.
Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti agenda pengayaan.
Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa sanggup dilakukan oleh guru dengan cara...

A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD
tersebut

B. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut
remedial

C. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya

D. Memberi kiprah mengerjakan Lembar Kerja Siswa



78. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang
mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam acara guru sebagai berikut:

A. Memberikan pemanis materi berupa sumber asuh dari
pengarang yang berbeda

B. menawarkan test pemanis dengan tingkat kesukaran
lebih tinggi

C. menawarkan pemanis sumber bacaan yang lebih
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai

D. diberikan materi materi asuh yang lebih tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi



79. Dasar rancangan agenda remidi bagi penerima didik
yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan berguru ….

A. proses pengajaran remedial intinya adalah
proses berguru mengajar biasa

B. tujuan pengajaran remedial yakni sama dengan test
diagnostik

C. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah
peningkatan kecerdasan siswa

D. taktik yang dipilihhanya berbentuk test ulang



80. Salah satu prinsip merancang agenda remidial bagi
penerima didik tampak dalam acara guru ….

A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa
penerima remedial

B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah
dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian berguru siswa

C. Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang
berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan
klarifikasi materi



81. Agar sanggup menyusun hipotesis tindakan dengan
tepat, Anda sanggup melaksanakan kegiatan-kegiatan. Salah satu acara itu adalah
pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut
merupakan acara PTK pada langkah ...

A. merumuskan masalah

B. mengidentifikasi masalah

C. Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan

D. menyusun proposal penelitian



82. Mengetahui proses tindakan, efek tindakan
(yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan hambatan tindakan, (d)
bagaimana keadaan dan hambatan tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan
pengaruhnya merupakan acara PTK pada langkah ….

A. refleksi

B. observasi

C. perencanaan

D. pelaksanaan



83. Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan
tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus
yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian
tindakan yang dimaksud yakni ….

A. A. observasi --> refleksi --> perencanaan
--> pelaksanaan tindakan

B. refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan
tindakan --> observasi

C. perencanaan --> observasi --> pelaksanaan
tindakan --> refleksi

D. perencanaan --> pelaksanaan tindakan -->
observasi --> refleksi



84. Rumusan duduk masalah dalam PTK berikut, yang mana
paling sempurna disebut sebagai rumusan duduk masalah PTK?

A. Apakah efek permainan kiprah sanggup meningkatkan
keaktifan siswa kelas XI Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali?

B. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam
mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa
Indonesia di Kelas XI IPA 2?

C. Mengapa siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali selalu menjadi
juara dalam banyak sekali perlombaan nasional?

D. Bagaimana cara memakai alat peraga yang berasal
dari lingkungan sekitar sekolah?



85. Dalam Penelitian tindakan kelas, duduk masalah yang
diteliti berasal dari ....

A. kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar

B. keriasauan pendidik akan mutu pendidikan

C. harapan untuk membantu guru

D. kepedulian peneliti akan kinerja guru



86. Di bawah ini yakni prinsip-prinsip penelitian
tindakan kelas (PTK) berdasarkan Suharsimi Arikunto, kecuali….

A. Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja

B. Kegiatan yang direkayasa

C. Perencanaan

D. Upaya empiris dan sistematis



87. Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi
secara sedikit demi sedikit dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….

A. Pengumpulan data

B. Menganalisis masalah

C. Mencapai tujuan

D. Menentukan ruang lingkup



88. Peran guru dalam PTK yakni sebagai…

A. Guru

B. Peneliti

C. Guru dan Peneliti

D. Objek Penelitian



89. Berikut ini acara PTK pada tahap pertengahan
tindakan, kecuali….

A. Pelaksanaan tindakan

B. Observasi dan intepretasi

C. Diskusi balikan

D. Analisis data



90. Tujuan PTK adalah…

A. Perbaikan KBM

B. Menyusun teori baru

C. Memperbaiki teori

D. Menyusun generalisasi



91. Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan
dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…

A. Analisis

B. Refleksi

C. Observasi

D. Diskusi



92. Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat
penelitian harus menjadi pecahan dari PTK khususnya pada bagian….

A. Kesimpulan

B. Prosedur penelitian

C. Pendahuluan

D. Metodologi penelitian



93. Persiapan awal dalam PTK adalah…

A. Menyiapkan cara wawancara

B. Membuat analisis kelayakan hipotesis

C. Membuat planning (perbaikan) pembelajaran dan
skenarionya

D. Menyiapkan fasilitas dan sarana



94. Proposal penelitian dalam PTK adalah….

A. Usulan untuk mendapat dana penelitian

B. Uraian perihal komponen-komponen yang harus
dilakukan guru

C. Uraian projek penelitian pendidikan

D. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK



95. Berikut ini langkah-langkah dalam tahap
perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…

A. Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan

B. Analisis kelaikan hipotesis tindakan

C. Persiapan tindakan

D. Observasi dan inperetasi.



96. Kegiatan yang harus dilakukan sehabis pembelajaran
adallah melaksanakan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik
saja, tetapi juga oleh penerima didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran
bagi penerima didik adalah....

A. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kegagalan pendidik dalam pembelajaran

B. untuk mencapai kepuasaan diri penerima didik
memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.

C. untuk meningkatkan motivasi berguru penerima didik
dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya

D. untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh
wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan penerima pendidik.



97. Kegiatan yang harus dilakukan sehabis pembelajaran
yakni melaksanakan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik
antara lain yakni ….

A. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan
hasil berguru penerima didik

B. Untuk melaksanakan penilaian diri terhadap hasil
berguru yang telah dilakukan

C. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kegagalan pembelajaran

D. Untuk menyebarkan model pembelajaran sesuai
dengan mata pelajaran yang diampu



98. Kegiatan refleksi merupakan acara terakhir dari
pelaksanaan pembelajaran. Pada acara inilah guru akan sanggup mengetahui
berhasil tidaknya planning pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan
dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya yakni ....

A. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh
pendidik untuk perbaikan pembelajaran

B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran

C. Penilaian dilaksanakan di simpulan pembelajaran

D. Penilaian dilaksanakan semenjak awal pembelajaran
hingga simpulan pembelajaran



99. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus
dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan
kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah
….

A. Penilaian dilaksanakan di simpulan pembelajaran

B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran

C. Penilaian oleh penerima didik dilakukan dengan
sangat kritis

D. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik
untuk perbaikan pembelajaran



100.Untuk mengetahui keberhasilan berguru peserta
didik, baik selama maupun sehabis penerima didik mengikuti pembelajaran tertentu
sanggup dilihat melalui pengamatan keaktifan penerima didik dalam bekerjasama atau
wawancara perihal kesulitan-kesulitan yang dihadapi penerima didik selama
mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang sanggup menjelaskan memberikan
klarifikasi tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya yakni ...

A. Mengapa penerima didik tidak aktif dalam mengikuti
pembelajaran?

B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan
supaya efektif?

C. Apakah kompetensi awal penerima didik untuk
mengikuti pembelajaran memadai?

D. mengapa penerima didik kita menawarkan respon
negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan







Sumber http://bpiabad21.blogspot.com