Sunday, January 8, 2017

√ Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Definisi, Jenis-Jenis Dan Ciri-Cirinya

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pasar persaingan tidak sempurna, mulai dari ciri-ciri, jenis-jenisnya, hingga kelebihan dan kekurangan di tiap-tiap jenisnya. Sebenarnya apa sih pasar persaingan tidak tepat itu? Intinya pasar persaingan tidak tepat itu yaitu suatu bentuk pasar yang tidak terorganisir secara sempurna. Masih ingin tau kan mengenai informasi lain-lainnya? Scroll yuk artikel di bawah ini!


Pasar Persaingan Tidak Sempurna


Kita mulai dari definisinya terlebih dahulu ya. Perlu kau ketahui bahwa pasar persaingan tidak tepat yaitu suatu bentuk pasar yang tidak terorganisir secara sempurna.


Pasar persaingan tidak tepat bisa juga disebut sebagai bentuk pasar yang kehilangan satu atau lebih ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar persaingan sempurna. Karena, dalam pasar persaingan tidak tepat tugas dari pembeli dan penjual hilang. Mereka tidak mempunyai keleluasaan untuk memutuskan atau menentukan harga suatu produk.


Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pasar persaingan tidak tepat √ Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Definisi, Jenis-Jenis dan Ciri-CirinyaCiri-Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna


Untuk memudahkan kita membedakan antara pasar tepat dan pasar tidak sempurna, kita perlu tahu ciri-cirinya dulu nih. Pasar persaingan tidak tepat mempunyai beberapa ciri, antara lain :



  • Jumlah penjual yang ada sangatlah terbatas

  • Jumlah pembeli di dalamnya banyak

  • Sulit untuk masuk ke dalam pasar alasannya yaitu banyak kendala dan gangguan di dalamnya

  • Produk yang beredar di pasar atau yang diperjualbelikan bersifat homogen atau satu jenis saja, serta tidak adanya produk pengganti atau substitusi

  • Pihak yang berkuasa bebas dan leluasa memainkan harga dan pihak lain hanya bisa menuruti dan mengikuti ketetapan yang ada.


Dalam pasar persaingan tidak tepat terdapat lima bentuk pasar, yaitu pasar monopoli, pasar monopolistik, pasar oligopoli, pasar monopsoni dan pasar oligopsoni. Selanjutnya kita akan membahas satu per satu bentuk pasar tersebut.


Pasar Monopoli


Arti kata monopoli berasal dari bahasa Yunani yakni monos dan polist, monos artinya satu dan polist artinya penjual, jadi monopoli yaitu satu penjual. Pada dasarnya pasar monopoli merupakan sebuah keadaan atau kondisi pasar dimana hanya terdapat satu kekuatan atau satu penjual yang berkuasa,dan bisa menjadi penentu harga dan lainnya.


Bisa dibilang sebagai penguasa penawaran tanpa adanya satu pihak pun yang bisa menyainginya. Penguasa pasar ini sengaja hanya menghasilkan dan manjual produk yang tidak mempunyai pengganti atau substitusi yang dekat.


Jenis-Jenis Pasar Monopoli


Pasar monopoli dibedakan menjadi dua yaitu monopoli by law dan monopoli by nature. Monopoli by law diartikan sebagai pasar monopoli yang dikuasai oleh negara, di dalamnya berupa cabang-cabang produk yang menguasai hajat hidup orang banyak.


Sedangkan monopoli by nature diartikan sebagai pasar monopoli yang timbul secara alami dengan donasi dari kondisi geografisnya. Contoh dari pasar monopoli misalkan, Perusahaan Listrik Negara (PLN), PDAM, PT. KAI dan lain sebagainya.


Ciri-Ciri Pasar Monopoli


Untuk lebih jelasnya lagi, kita perlu tahu ciri-ciri pasar monopoli. Pasar monopoli mempunyai beberapa ciri, antara lain :


Hanya ada satu pihak dalam industri

Dalam pasar monopoli hanya ada satu perusahaan yang berkuasa, dalam satu industri hanya ada satu tubuh yang berkuasa dan bekerja. Dengan demikian suatu produk baik barang dan jasa hanya dihasilkan oleh perusahaan ini bukan dari pihak luar atau pihak lainnya.


Tidak terdapat produk pengganti

Perusahaan di dalamnya hanya menghasilkan satu jenis produk saja sehingga tidak ada produk yang bisa menggantikannya. Sehingga, mau tidak mau seorang konsumen harus menentukan produk tersebut, dikarenakan tidak adanya alternatif lain. Contohnya pedoman listrik yang tidak bisa digantikan oleh produk lain yang ibarat dengannya.


Sulit untuk masuk ke dalam pasar

Untuk memasuki pasar monopoli sungguh hal yang tidak mungkin dan sulit. Karena penguasa yang ada di dalamnya berusaha dengan segala cara untuk menghalangi atau membentengi kekuasaan yang mereka miliki dari pendatang baru.


Ada beberapa kendala yang harus dihadapi oleh pendatang gres yang ingin masuk ke dalam pasar ini, yaitu kendala yang bersifat legal timbul dari undang-undang yang menjadi pelindung, ada juga yang bersifat teknologi, dimana teknologi yang dipakai sungguh canggih dan manis sehingga sulit untuk ditiru oleh pihak lain, selain itu juga ada yang dari sisi keuangan, yakni modal yang harus dimiliki amatlah banyak.


Sebagai penentu harga

Dalam pasar monopoli ini pihak yang berkuasa mempunyai wewenang dan kebebasan untuk menentukan dan memutuskan harga pasar. Dengan demikian pihak lain mau tidak mau harus menuruti dan mengikutinya.


Iklan ataupun promosi tidak diperlukan

Mungkin kita bertanya-tanya mengapa iklan dan promosi dalam pasar ini tidak diperlukan. Karena intinya dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penguasa, dimana mereka mempunyai kekuasaan penuh dan tidak mungkin tertandingi oleh yang lainnya. Oleh alasannya yaitu itu iklan atau promosi tidak dibutuhkan lagi.


Faktor Pendukung Pasar Monopoli


Pasar monopoli terbentuk tidak dengan sendirinya, tentu ada beberapa faktor yang mendukung terbentuknya pasar monopoli ini, anatara lain :



  • Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan monopoli unik dan tidak dimiliki oleh pihak manapun. Dengan itulah timbul pasar monopoli.

  • Hasil produksi sangat tinggi, dan sanggup dinikmati para penguasa.

  • Pemerintah memperlihatkan undang-undang yang melindungi para penguasa di pasar monopoli.


Pasar monopoli mempunyai beberapa kelebihan dan kelemahan, diantaranya yaitu sebagai berikut :


Kelebihan Pasar Monopoli



  • Bisa melaksanakan suatu penelitian dan pengembanagan produk supaya tetap terjaga kekuasaannya.

  • Lebih gampang untuk melaksanakan kontrol alasannya yaitu kekuasaan hanya dipegang satu pihak.

  • Keuntungan yang diperoleh sangat melimpah, alasannya yaitu tidak ada pesaing yang berarti.

  • Mendorong terciptanya inovasi-inovasi dengan tujuan melindungi kekuasaan yang ada.

  • Pengembangan perusahaan cepat alasannya yaitu tidak ada pesaing.


Kelemahan Pasar Monopoli



  • Ketidakadilan terasa di dalamnya alasannya yaitu hanya satu pihak yang untung.

  • Sering terjadi pemborosan alasannya yaitu pihak yang berkuasa tidak mempedulikan pengoptimalan dan penghematan biaya produksi yang penting untung.

  • Tidak adanya pilihan bagi konsumen alasannya yaitu tidak ada produk yang lain.

  • Terkesan sering terjadi pemaksaan alasannya yaitu mau tidak mau konsumen harus membeli produk tersebut.


Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pasar persaingan tidak tepat √ Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Definisi, Jenis-Jenis dan Ciri-CirinyaPasar Monopolistik


Kedua yaitu pasar monopolistik. Pasar monopolistik yaitu sebuah pasar yang terjadi dikala dalam suatu pasar terdapat banyak produsen, dengan  diferensiasi antar produk yang dihasilkan oleh para produsen, baik merk, pembungkusnya dan lain sebagainya.


Pasar monopolistik hampir sama dengan pasar persaingan sempurna, namun produk yang beredar bersifat heterogen. Dalam pasar ini juga terdapat konsep monopoli yang timbul dari penggunaan brand dan tanda perdagangan yang beda. Contohnya : snack, alat tulis, dan lain sebagainya.


Ciri-Ciri Pasar Monopolistik


Sekarang kita akan mulai mencari tahu ciri-ciri pasar monopolistik. Diantaranya yaitu sebagai berikut:


Jumlah penjual atau produsen banyak

Jumlah produsen yang ada dalam pasar monopolistik berjumlah besar, namun tak sebanyak pada pasar persaingan sempurna. Tipe-tipe yang dimiliki para produsen juga relatif sama.


Produk yang beredar dan diperjualbelikan bersifat heterogen (beraneka ragam)

Berbeda dengan pasar monopoli yang hanya menjual produk bersifat homogen, dalam pasar monopolistik produk yang diperjualbelikan bersifat heterogen, tidak sama satu dengan yang lain, baik dari segi wujud, kualitas dan lainnya.


Promosi dan iklan aktif dilakukan

Dalam pasar monopolistik harga bukan satu satunya yang menentukan, belum tentu harga yang murah jadi target para konsumen, belum tentu juga harga mahal tidak disukai konsumen. Konsumen lebih menentukan mana yang paling baik dan sesuai kebutuhan. Kaprikornus mau tidak mau, untuk membuat konsumen tertarik pada produk, maka perusahaan atau produsen harus gencar melaksanakan promosi dan pengenalan produk.


Mudah untuk keluar masuk pasar

Dalam pasar monopolistik ini produsen atau perusahaan bisa keluar masuk dengan bebas tanpa syarat. Karena keuntungan yang ada di pasar ini fluktuatif, terkadang ada banyak penjual atau produsen yang bersaing di pasar ini dikarenakan banyak keuntungan yang bisa diperoleh, begitu juga sebaliknya dikala dianggap sulit mendapat keuntungan maka produsen akan keluar dari pasar tersebut.


Keberadaan produsen bisa menghipnotis harga

Dalam pasar monopolistik produsen memang bisa menghipnotis harga tetapi tidak sesignifikan pada pasar monopoli, perubahan harga terjadi hanya alasannya yaitu perbedaan corak suatu produk bukan alasannya yaitu kekuasaan. Dimana produsen bisa memakai taktik untuk memainkan harga namun juga tidak hingga kehilangan pelanggan atau konsumen.


Selain ciri-cirinya, kita akan membahas soal kelebihan dan kekurangannya. Pasar monopolistik mempunyai kelemahan dan kelebihan dibanding dengan pasar yang lainnya, yaitu :


Kelebihan pasar monopolistik



  • Konsumen mendapat kebebasan menentukan produk sesuai kebutuhan dan keinginannya, alasannya yaitu produk yang dijual banyak dan bersifat heterogen.

  • Kemudahan dan kebebasan keluar masuk pasar, mendorong produsen untuk selalu menghasilkan produk gres dan menimbulkan kreatifitas.

  • Deferensiasi produk membuat konsumen lebih selektif dalam menentukan produk dan cenderung loyal terhadap produk yang disukainya.


Kelemahan pasar monopolistik



  • Rentan terjadi persaingan yang tidak sehat, alasannya yaitu semua produsen berlomba-lomba mendapat pelanggan dengan tujuan mendapat keuntungan maksimal.

  • Pihak yang tidak mempunyai skill atau dana yang lebih akan gampang tergusur dari pasar ini alasannya yaitu tingkat persaingan yang ada sangatlah tinggi baik dari segi kualitas, harga serta pelayanan.

  • Cenderung terjadi kenaikan harga alasannya yaitu adanya penemuan dalam membuat produk yang lebih baik dan baik lagi.


Pasar Oligopoli


Istilah oligopoli berasal dari bahasa Yunani yakni Oligos dan Polein yang artinya sedikit penjual atau beberapa penjual. Pasar oligopoli yaitu sebuah pasar dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menjadi pemilik saham atau panguasa pasar terbesar.


Pasar oligopoli bisa terbentuk alasannya yaitu dua faktor penting yakni efisiensi skala yang besar dan komplektisitas manajemen. Contoh dari pasar oligopoli anatara lain  industri motor, industri air mineral, industri rokok dan lain sebagainya.


Jenis-Jenis Pasar Oligopoli


Pasar oligopoli terbagi mejadi dua, yaitu


Oligopoli murni

Pada pasar oligopoli jenis pertama, atau oligopoli murni, produk yang dijual bersifat homogen dan identik . Pasar oligopoli jenis ini biasanya ditemui pada industri-industri yang menghasilkan bahan-bahan mentah. Contohnya industri semen atau produk mineral kemasan.


Oligopoli pembedaan

Berbeda dengan oligopoli murni yang produk yang dijual bersifat homogen, dalam pasar oligopoli jenis pembeda produk-produknya bersifat heterogen, dan bisa dibedakan oleh konsumen. Contohnya industri motor di Indonesia yang telah dikuasai oleh merk-merk populer ibarat Honda, Yanaha, Suzuki dan lainnya.


Ciri-Ciri Pasar Oligopoli


Pasar oligopoli mempunyai beberapa ciri yang mencerminkan karakteristik dari pasar oligopoli ini, antara lain :


Menghasilkan dua jenis produk (homogen dan heterogen)

Dalam pasar oligopoli ada dua jenis produk yang beredar atau diperjualbelikan, untuk produk homogen biasanya berupa materi mentah dan materi baku ibarat baja, alumunium, semen dan lain sebagainya, sedangkan untuk produk yang bercorak atau heterogen biasanya berupa barang selesai ibarat rokok, kendaraan beroda empat dan lain sebagainya.


Promosi dan iklan sangat diperlukan

Promosi dan iklan dibutuhkan untuk produk yang bercorak, alasannya yaitu tidak hanya satu penjual yang berusaha. Dalam pasar ini ada dua tujuan dilaksanakannya promosi dan iklan, yakni untuk menarik pelanggan gres dan mempertahankan pelanggan lama.


Keberadaan perusahaan atau produsen jumlahnya sedikit

Kata sedikit dalam pasar oligopoli ini sulit untuk ditentukan, produsen yang ada niscaya lebih dari satu, namun secara teoritis sulit untuk mengetahui pastinya jumlah produsen di dalam pasar ini berapa. Namun untuk dasar analisis diperkirakan jumlah produsen atau perusahaan yang berkecimpung di dalamnya kurang dari sepuluh.


Kompetisi non harga

Hampir sama dengan pasar monopolistik, persaingan yang terjadi dalam pasar oligopoli tidak hanya harga, namun pelayanan, iklan dan promosi.


Pihak gres sulit untuk masuk ke dalam pasar

Pihak gres yang akan masuk ke dalam pasar ini sangatalah sulit, alasannya yaitu perusahaan yang usang atau sudah ada telah mempunyai gambaran manis dan para konsumen mengerti kualitas dan aspek lainnya. Kaprikornus untuk perusahaan gres akan sulit dan usang untuk berkembang di pasar oligopoli.


Harga konsisten tidak berubah-ubah

Dalam pasar oligopoli harga yang telah ditetapkan tidak gampang berubah bisa dikatakan stabil, alasannya yaitu para produsen mencicipi keuntungan dengan penjualan stabil mereka sehari-hari. Selain itu kalau ada kenaikan harga takutnya konsumen akan menentukan pihak lain atau produk lain yang sesuai dengan kemampuannya


Pasar oligopoli mempunyai kelemahan dan kelebihan dibanding dengan pasar yang lain, antara lain :


Kelebihan pasar oligopoli



  • Para pembeli mendapat kebebasan dan keleluasaan dalam menentukan produk.

  • Penelitian dan pengembangan produk sering dilakukan.

  • Penerapan teknologi yang dipadukan dengan penemuan para produsen akan menghasilkan sesuatu hal yang baru.

  • Efisiensi dalam produksi sangat diperhatikan.

  • Kepuasan konsumen menjadi prioritas.


Kelemahan pasar oligopoli



  • Rentan menimbulkan ketimpangan atau ketidakrataan dalam hal pendapatan.

  • Sering terjadi eksploitasi terhadap pembeli serta pemiliki faktor produksi.

  • Bisa menimbulkan inflasi.

  • Rentan terjadi persaingan yang tidak sehat dalam hal harga dan lainnya dengan tujuan mendapat pelanggan


Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pasar persaingan tidak tepat √ Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Definisi, Jenis-Jenis dan Ciri-CirinyaPasar Monopsoni


Pasar persaingan tidak tepat jenis monopsoni ini terjadi dalam kondisi dikala terdapat banyak penjual dan pembelinya hanya tunggal. Bisa dibilang pasar ini dikuasi oleh satu pihak konsumen atau pembeli.


Ciri-Ciri Pasar Monopsoni


Pasar monopsoni mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :



  • Pembeli menjadi pihak sentral yang menentukan harga.

  • Barang yang beredar berfokus pada materi mentah.

  • Terdapat satu pembeli atau konsumen saja.


Pasar monopsoni ini mempunyai kelemahan dan kelebihan, layaknya pasar-pasar yang lain, yaitu :


Kelebihan pasar monopsoni



  • Kualitas dari produk yang dijual terjamin, baik dari segi keamanan maupun kesehatannya.

  • Lebih ekonomis biaya, dengan menekan biaya produksi yang tinggi.


Kelemahan pasar monopsoni



  • Dengan adanya satu pembeli maka akan lebih banyak tekanan yang dirasakan oleh produsen.

  • Produk yang tidak sesuai dengan impian dan kebutuhan konsumen akan dibuang atau diletakkan di gudang.


Pasar Oligopsoni


Pasar oligopsoni merupakan salah satu bentuk dari pasar persaingan tidak tepat dimana di dalamnya terdapat beberapa pembeli.


Ciri-Ciri Pasar Oligopsoni


Pasar oligopsoni mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :



  • Ada beberapa pembeli di dalamnya.

  • Harga pasar yang berlaku cenderung stabil tidak fluktuatif.

  • Barang atau produk yang beredar yaitu materi setengah jadi.


Sama halnya dengan pasar-pasar lain, pasar oligopsoni mempunyai kelebihan dan kelemahan, diantaranya :


Kelebihan pasar oligopsoni



  • Penjual mendapat keuntungan banyak, alasannya yaitu bisa lebih dari satu pembeli yang membeli barangnya.

  • Tekanan dari pembeli kepada penjual tidak begitu terlihat, alasannya yaitu adanya sebuah perlindungan


Kelemahan pasar oligopsoni



  • Kualitas dari produk belum niscaya atau kurang meyakinkan.

  • Keamanan dan kenyamanan rendah alasannya yaitu tidak ada identitas niscaya yang dimiliki produk.


Itulah sekilas informasi perihal pasar persaingan tidak sempurna. Pada dasarnya pasar ini merupakan lawan dari pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan tidak tepat terbentuk alasannya yaitu ada beberapa faktor yang mendukung, ibarat keuntungan yang menggiurkan, individualitas dan lain sebagainya.


Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pasar persaingan tidak tepat √ Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Definisi, Jenis-Jenis dan Ciri-CirinyaAda satu lagi informasi penting nih, yaitu ada loh aplikasi canggih yang bisa membantu bisnis perjuangan kamu. Adalah aplikasi dari Jojonomic. Salah satunya yaitu JojoExpense. JojoExpense ini berfungsi sebagai aplikasi yang akan mengatur pengeluaran perusahaan kamu. Dengan JojoExpense duduk masalah reimburse dan cash advance sanggup dengan cepat mendapat approval dari atasan dan dengan segera dicairkan. Kaprikornus nggak perlu lagi lama-lama menunggu pencairan dana reimburse atau meminta dana di awal (cash advance).



Sumber aciknadzirah.blogspot.com