Monday, January 9, 2017

√ Nama Hari Dalam Bahasa Inggris Simpel Cara Mengucapkannya

EnglishCoo – Nama Hari dalam Bahasa Inggris beserta artinya, cara mengucapkan, dan teladan kalimat. Ada 7 hari yaitu Sunday, Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday. Ada juga tips ampuh mengingat semuanya. Gampang dan lengkap banget!


Awalnya aku agak ragu untuk membagikan pengetahuan 7 nama hari dalam bahasa Inggris. Apakah bakalan ada yang nyari? Bukankah ini hal yang simpel banget? Mengapa aku tetap menulisnya?


Lha, bukannya kalau kita berguru mulai dari bahan dasar dulu. Ya, apa salahnya membuatkan goresan pena wacana nama-nama hari. Begitulah kira-kira perbincangan aku dengan diri sendiri sebelum memutuskan menulis artikel ini.


Dalam postingan ini, aku nggak hanya ngasih tabel nama hari beserta artinya dan cara mengucapkannya saja, tetapi juga teladan kalimat dengan kata kerja dan pertanyaan umum wacana nama hari. So, bahan ini cocok buat pemula ataupun yang udah beberapa tingkat di atas pemula. Pas untuk semua deh.


Sebelum lanjut, cek dulu tabel nama hari dalam bahasa Inggris beserta artinya dan cara mengucapkannya berikut.














































NAMA HARI DALAM BAHASA INGGRIS



ARTINYA



CARA MENGUCAPKANNYA


SundayMinggu/ˈsandē/
MondaySenin/ˈmandē/
TuesdaySelasa/ˈt(y)uzdē/
WednesdayRabu/ˈwenzdē/
ThursdayKamis/ˈthərzdē/
FridayJumat/ˈfraedē/
SaturdaySabtu/ˈsadərdē/

Nah setelah membaca tabel di atas, selanjutnya apa nih? Tenang, ada 5 subpoin dibahas dalam postingan ini.



  1. Nama Hari dalam Bahasa Inggris beserta Cara Mengucapkannya

  2. Tips Ampuh Mengingat Nama Hari Bahasa Inggris

  3. Pertanyaan Umum wacana Nama-nama Hari

  4. Nama Hari beserta Kata Depan dan Keterangan Lainnya

  5. Contoh Kalimat Berisi Nama Hari

  6. Contoh Soal wacana Nama-nama Hari Bahasa Inggris


Kita bahas satu per satu ya. Eh tapi ingat, kau nggak harus berguru berurutan dari subpoin pertama koq. Kalau kau mau loncat ke subpoin yang diinginkan, silahkan saja. Lebih asyik berguru kalau kita bebas memilih, ya nggak?


Yuk, lanjut.


 


1. Nama Hari dalam Bahasa Inggris beserta Cara Mengucapkannya


 Nama Hari dalam Bahasa Inggris beserta artinya √ Nama Hari dalam Bahasa Inggris Gampang Cara Mengucapkannya

Dalam subpoin ini, aku nggak menunjukkan tabel lagi. Saya sudah menampilkan tabel tersebut sebelumnya. Di sini kita akan berguru cara mengucapkan nama-nama hari tersebut.


Pada table di atas memang sudah tersedia cara mengucapkannya. Tapi aku kurang puas jikalau nggak membahas. Kalau dalam bentuk audio atau video ya tinggal didengar dan ditiru. Ini kan tulisan, jadi mesti diberi penjelasan.


SUNDAY

Sunday artinya hari Minggu dalam bahasa Inggris. Cara mengucapkannya yaitu /ˈsandē/

Penekanan ada pada awal kata. Ada 2 suku kata menurut cara mengucapkannya yaitu san- dan -dē.

San- diucapkan menyerupai pada santan, sandal, santun.

Sedangkan –dē diucapkan menyerupai pada ide, gede, onde-onde.

So, Minggu bahasa Inggrisnya Sunday dan diucapkan /ˈsandē/


MONDAY

Monday artinya hari Senin dalam bahasa Inggris. Cara mengucapkannya yaitu /ˈmandē/

Penekanan ada pada awal kata. Pengucapannya ada 2 suku kata yaitu man- dan -dē.

Man- diucapkan menyerupai pada mantan, mandi, mantri.

Kemudian –dē diucapkan menyerupai pada ide, gede, onde-onde.

So, Senin dalam bahasa Inggris yaitu Monday dan caranya mengucapkan /ˈmandē/


TUESDAY

Tuesday artinya hari Selasa dalam bahasa Inggris. Cara mengucapkannya yaitu /ˈt(y)uzdē/

Penekanan ada pada awal kata. Jadi, pengucapannya ada 2 suku kata yaitu t(y)uz- dan -dē.

Untuk suku kata pertama, kayaknya dalam Bahasa Indonesia nggak ada kata yang diucapkan sama. Makara suku kata pertama dibaca t(y)uz. Huruf y dilafalkan kurang jelas ya.

Suku kata –dē udah dibahas yaitu menyerupai pada ide, gede, onde-onde.

So, Selasa bahasa Inggrisnya Tuesday dan caranya mengucapkan /ˈt(y)uzdē/


WEDNESDAY

Wednesday artinya hari Selasa dalam bahasa Inggris. Cara mengucapkannya yaitu /ˈwenzdē/

Walaupun secara goresan pena terdiri dari 3 suku kata, ketika dilafalkan menjadi 2 suku kata saja yaitu wenz- dan –dē.

Nggak ada kata dalam bahasa Indonesia yang diucapkan sama menyerupai suku kata pertama. So, dibacanya sesuai abjad yang ada yaitu wenz. Huruf e dibaca menyerupai enak dan meja.

Suku kata –dē udah dibahas sebelumnya sama menyerupai ide, gede, onde-onde.

So, bahasa Inggrisnya Rabu yaitu Wednesday dan caranya mengucapkannya /ˈwenzdē/


THURSDAY

Thursday artinya hari Kamis dalam bahasa Inggris. Cara mengucapkannya yaitu /ˈthərzdē/

Ada 2 suku kata menurut pelafalannya yaitu thərz- dan –dē. Sepertinya nggak ada kata dalam bahasa Indonesia yang diucapkan sama menyerupai suku kata pertama. So, dibacanya sesuai abjad yang ada yaitu thərz. Huruf ə dibaca menyerupai emas dan benar. Dan abjad r dilafalkan kurang jelas ya, nggak menyerupai r dalam bahasa Indonesia.

Suku kata –dē udah dibahas sebelumnya sama menyerupai ide, gede, onde-onde.

So, Kamis dalam bahasa Inggris yaitu Thursday dan caranya mengucapkannya /ˈthərzdē/


FRIDAY

Friday artinya hari Jumat dalam bahasa Inggris. Cara mengucapkannya yaitu /ˈfraedē/

Ada 2 suku kata menurut pelafalannya yaitu frae- dan –dē. Cara mengucapkan suku kata pertama simpel saja dibaca sesuai abjad yang ada yaitu frae. Ingat, abjad r dilafalkan kurang jelas ya, nggak menyerupai r dalam bahasa Indonesia.

Sedangkan suku kata –dē dilafalkan menyerupai ide, gede, onde-onde.

So, Jumat bahasa Inggrisnya yaitu Friday dan caranya mengucapkannya /ˈfraedē/


SATURDAY

Saturday artinya hari Sabtu dalam bahasa Inggris. Cara mengucapkannya yaitu /ˈsadərdē/

Nama hari dalam bahasa Inggris terakhir ini cara pengucapannya terdiri dari 3 suku kata yaitu sa-dər-dē. Huruf a diucapkan menyerupai apel sedangkan abjad ə sama menyerupai emas. Ingat, abjad r dilafalkan kurang jelas ya, nggak menyerupai r dalam bahasa Indonesia.

Sedangkan suku kata –dē dilafalkan menyerupai ide, gede, onde-onde.

So, Sabtu dalam bahasa Inggris yaitu Saturday dan caranya melafalkannya /ˈsadərdē/


Ingin memperbanyak perbendaharaan kosakata Bahasa Inggris menyerupai kata benda, kerja, dan sifat? Yuk baca artikel-artikel berikut.




 


2. Tips Ampuh Mengingat Nama Hari dalam Bahasa Inggris


 Nama Hari dalam Bahasa Inggris beserta artinya √ Nama Hari dalam Bahasa Inggris Gampang Cara Mengucapkannya

Pernah nggak sih kau lupa bahasa Inggrisnya Senin? Atau resah dan kebalik-balik ketika menyebutkan nama- nama hari? Niatnya mau bilang Selasa (Tuesday) eh tapi malah menyebut hari Kamis (Thursday). Waduh!


Atau ketika ditanya nama hari, contohnya hari Jumat apa bahasa Inggrisnya? Kita harus mengurutkan dulu dari Sunday, Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday. Oh, jangan sampe terus-terusan gitu ya.


Awal-awal aku berguru bahasa Inggris juga mempunyai pengalaman sama. Sering kebalik antara satu nama hari dengan nama hari lainnya. Dan terkadang harus mengurutkan dulu untuk mengetahui bahasa Inggrisnya. Semua pemula tentu mencicipi hal yang sama.


Tapi kini udah nggak kayak gitu lagi. Gimana caranya? Koq bisa? Pengen tahu menyerupai apa? Nih, aku bagikan tips ampuh mengingat nama – nama hari dalam bahasa Inggris.


Pertama, untuk mengingat tulisannya simpel banget. Semua nama hari diakhiri dengan suku kata DAY. Jadi, kau hanya perlu mengingat SUN, MON, TUES, WEDNES, THURS, FRI, SATUR.


Kedua, memberi kisah atau mengambarkan istimewa sebagai pengingat masing-masing hari. Kalau yang ini bebas saja untuk setiap orang. Suka-suka kita yang penting simpel diingat. Minggu (Sunday) aku mengingatnya dengan kata SUN dalam bahasa Inggris berarti matahari. Minggu yaitu hari libur, yummy banget apabila matahari bersinar cerah. Kemudian, Jumat (Friday) ditulis fri menyerupai free yang artinya bebas. Hari Jumat yaitu hari yang bebas dan menyenangkan alasannya akan segera libur weekend final pekan. Bahkan ada kependekan TGIF dari Thank God It’s Friday.


Ketiga, mengelompokkan beberapa hari menjadi satu kategori yang sama. Akhir pekan yaitu Saturday dan Sunday. Saya mengingat Saturday alasannya sering mendengar Saturday Night yaitu malam untuk seseorang apel ke rumah kekasih hati, khusus buat yang udah punya pacar ya.


Keempat, dulu aku sering kebalik antara Selasa (Tuesday) dan Kamis (Thursday). Pengucapan dalam bahasa Inggrisnya emang menyerupai banget. Menurut aku pelafalan Tuesday yaitu /ˈt(y)uzdē/ itu unik. Kayak bahasa gaul ciyus lo? “kamu serius?” Karena pelafalan yang unik ini aku jadi dapat membedakan kedua nama hari tersebut.


Kelima, ada sesuatu yang berbeda dari Wednesday yaitu bahasa Inggrisnya hari Rabu. Jika diperhatikan dari semua nama-nama hari dalam bahasa Indonesia, hari RABU mempunyai jumlah abjad paling sedikit. Tapi dari semua nama hari dalam bahasa Inggris, Wednesday mempunyai jumlah abjad yang paling banyak. Inilah yang menciptakan aku semakin ingat dengan Rabu bahasa Inggrisnya Wednesday.


Keenam, yang terakhir nama hari Senin (Monday). Nggak menyerupai hari Jumat yang ditunggu-tunggu dan disyukuri (TGIF: Thank God It’s Friday), banyak orang membenci hari Senin alasannya awal masuk sekolah/kerja setelah libur hari Minggu. Sampai-sampai ada banyak meme “I hate Mondays.” Daripada mengeluh, aku mengumpamakan Monday sebagai Money Day sehingga jadi lebih semangat bekerja ketika hari Senin tiba.


Nah, itu keenam tips yang aku gunakan untuk mengingat nama – nama hari. Tapi tetap saja perlu puluhan kali praktek sehingga semakin nyantol di kepala. Bagaimana dengan kamu? Jurus apa yang kau gunakan untuk mengingat nama-nama hari Bahasa Inggris?


Nama hari biasanya dipakai sebagai keterangan waktu (Adverbs of Time). Yuk cari tahu lebih lanjut cara menggunakannya dalam kalimat Bahasa Inggris:




 


3. Pertanyaan Umum wacana Nama Hari dalam Bahasa Inggris dan Cara Menjawabnya


 Nama Hari dalam Bahasa Inggris beserta artinya √ Nama Hari dalam Bahasa Inggris Gampang Cara Mengucapkannya

Pernahkah ada yang bertanya kepadamu hari apa kini dalam bahasa Inggris? What day is it? yaitu salah satu teladan pertanyaan bahasa Inggris wacana nama hari. Kata tanya yang biasa dipakai untuk menanyakan hari dalam bahasa Inggris yaitu What, Which, When. Yuk simak pertanyaan lain beserta artinya dan jawabannya. Q = Question, A = Answer



  1. Q: What day is it today? (Hari apa sekarang?)
    A: It is Monday. (Ini hari Senin.)

  2. Q: What day was it yesterday? (Kemarin hari apa?)
    A: It was Sunday. (Kemarin hari Minggu.)

  3. Q: What day was the day before yesterday? (Hari apa sebelum kemarin?)
    A: It was Saturday. (Itu hari Sabtu.)

  4. What day is tomorrow? (Besok hari apa?)
    A: Tomorrow is Tuesday. (Besok hari Selasa.)

  5. What day is the day after tomorrow? (Hari apa sehabis besok?)
    A: It is Wednesday. (Itu hari Rabu.)

  6. Which days of the week do you have a guitar lesson? (Hari apa dalam seminggu Anda ikut pelajaran gitar?)
    A: I have a guitar lesson every Tuesday and Thursday. (Saya ikut pelajaran gitar setiap hari Selasa dan Kamis.)

  7. What is your first school day of the week? (Apa hari pertama sekolahmu?)
    A: It is Monday. (Itu hari Senin.)

  8. What is your last school day of the week? (Apa hari terakhir sekolahmu?)
    A: It is Saturday. (Itu hari Sabtu.)

  9. When will you visit Uncle John? (Kapan kau akan mengunjungi Paman John?)
    A: I’ll visit Uncle John next Saturday. (Aku akan mengunjungi Paman John hari Sabtu depan.)

  10. When do you usually play tennis? (Kapan kau biasanya bermain tenis?)
    A: I usually play tennis on Sunday. (Aku biasanya bermain tenis pada hari Minggu.)


Pertanyaan dan tanggapan di atas hanyalah teladan saja. Nggak mutlak harus kayak gitu. Kamu pun dapat berkreasi menciptakan pertanyaan dan tanggapan wacana nama hari (Days of the Week) dalam bahasa Inggris sesuai keinginanmu.


Sudah paham penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris? Pernahkah kau memakai Other atau Another dalam kalimat? Jangan lewatkan bahan dasar berikut:




 


4. Nama Hari dalam Bahasa Inggris beserta Kata Depan dan Keterangan Lainnya


 Nama Hari dalam Bahasa Inggris beserta artinya √ Nama Hari dalam Bahasa Inggris Gampang Cara Mengucapkannya

Pengetahuan ini penting banget dan sangat berkhasiat ketika menciptakan kalimat bahasa Inggris memakai nama-nama hari. Di sini, kau akan tahu kata depan (Preposition) dan keterangan lainnya yang dipakai bersama dengan nama-nama hari bahasa Inggris.


Ada beberapa kata depan dan keterangan yang dipakai seperti:



  1. ON artinya pada. Misalnya on Sunday artinya pada hari Minggu, on Tuesday berarti pada hari Selasa.

  2. BY artinya sebelum. Contohnya by Saturday artinya sebelum hari Sabtu, by Thursday berarti sebelum hari Kamis.

  3. UNTIL artinya sampai. Contoh: until Friday artinya hingga hari Jumat, until Wednesday berarti hingga hari Rabu.

  4. THIS berarti ini. Misalnya this Monday berarti hari Senin ini, this Saturday berarti hari Sabtu ini.

  5. NEXT berarti nanti atau depan. Contoh: next Tuesday berarti hari Selasa depan, next Sunday berarti hari Minggu depan.

  6. LAST berarti kemudian atau sebelumnya. Contoh: last Tuesday berarti hari Selasa lalu, last Sunday berarti hari Minggu yang lalu.

  7. EVERY artinya setiap. Contohnya every Saturdays artinya sebelum hari Sabtu, by Thursday berarti sebelum hari Kamis.

  8. MORNING, AFTERNOON, EVENING, NIGHT berarti pagi, siang, sore, malam. Misalnya on Sunday morning: pada hari Minggu pagi, on Monday afternoon: pada hari Senin siang, on Saturday night: pada hari Sabtu Malam alias Malam Minggu (Malming).


Jika kau menemukan kata depan dan keterangan lainnya silahkan share pada kolom komentar ya.


Ingin memahami lebih lanjut wacana kata depan dalam Bahasa Inggris? Atau membaca lebih banyak teladan kalimat? Pelajari artikel ini:




 


5. Contoh Kalimat Berisi Nama Hari dalam Bahasa Inggris


 Nama Hari dalam Bahasa Inggris beserta artinya √ Nama Hari dalam Bahasa Inggris Gampang Cara Mengucapkannya

Setelah tahu daftar kata depan dan keterangan di atas, apakah kau dapat menciptakan kalimat sederhana berisi nama hari (Days of the Week) dalam bahasa Inggris? Pada subpoin keenam, kau dapat praktek teladan soal wacana nama-nama hari. Yuk, kini baca teladan kalimat dengan kata kerja dan terjemahannya.



  1. Monica has an English class every Tuesday. (Monica ikut kelas bahasa Inggris setiap hari Selasa.)

  2. She drinks a cup of tea on Sunday morning. (Ia minum secangkir teh pada hari Minggu pagi.)

  3. We will go to Japan next Friday. (Kami akan pergi ke Jepang hari Jumat depan.)

  4. He went to Jakarta last Monday. (Ia pergi ke Jakarta hari Senin lalu.)

  5. I will finish this task by Saturday. (Aku akan menuntaskan kiprah ini sebelum hari Sabtu.)

  6. Wendy will be away until Thursday. (Wendy akan pergi hingga hari Kamis.)

  7. Laras and Sunia are shopping this Sunday morning. (Laras dan Sunia akan berbelanja hari Minggu pagi.)

  8. Do they do yoga every Sunday morning? (Apakah mereka melaksanakan yoga setiap hari Minggu pagi?)

  9. You need to send the letter by Monday afternoon. (Kamu harus mengirim surat itu sebelum Senin siang.)

  10. The children don’t swim on Monday and Thursday. (Anak-anak tidak berenang pada hari Senin dan Kamis.)


Kamu punya pengalaman seru? Ceritakan acara sehari-hari (Daily Activity) atau kisah acara hari libur final pekan (Sabtu dan Minggu). Jangan lupa baca dulu:




 


6. Contoh Soal wacana Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris


 Nama Hari dalam Bahasa Inggris beserta artinya √ Nama Hari dalam Bahasa Inggris Gampang Cara Mengucapkannya

Yeay, hasilnya kita hingga pada subpoin keenam untuk melatih diri kita dan mengenal lebih bersahabat nama hari dalam bahasa Inggris. Ada 13 teladan soal. Diawali dengan melengkapi kalimat kemudian menyusun kata menjadi kalimat yang benar.



  1. Today is Monday. Tomorrow is ….

  2. Today is Thursday. Yesterday was ….

  3. Yesterday was Wednesday. The day before yesterday was ….

  4. Tomorrow is Sunday. The day after tomorrow is ….

  5. Yesterday was Friday. Tomorrow is ….

  6. Tomorrow is Monday. Yesterday was ….

  7. Today is Saturday. The day before yesterday was ….

  8. Today is Wednesday. The day after tomorrow is ….

  9. visit – Grandparents – Sunday – us – next – will

  10. by – They – Sunday – leave – need – to – evening

  11. Wednesdays – extra – We – don’t – an – class – have – on

  12. here – I – stay – Friday – should – until

  13. house – to – She – my – go – Tuesday – last – didn’t


KUNCI JAWABAN



  1. Today is Monday. Tomorrow is Tuesday.

  2. Today is Thursday. Yesterday was Wednesday.

  3. Yesterday was Wednesday. The day before yesterday was Tuesday.

  4. Tomorrow is Sunday. The day after tomorrow is Monday.

  5. Yesterday was Friday. Tomorrow is Sunday.

  6. Tomorrow is Monday. Yesterday was Saturday.

  7. Today is Saturday. The day before yesterday was Thursday.

  8. Today is Wednesday. The day after tomorrow is Friday.

  9. Grandparents will visit us next Sunday.

  10. They need to leave by Sunday evening.

  11. We don’t have an extra class on Wednesdays.

  12. I should stay here until Friday.

  13. She didn’t go to my house last Tuesday.


Ingin ahli menciptakan kalimat dalam Bahasa Inggris? Pilih dan pelajari bahan dasar berikut:




***


Ada 7 nama hari dalam bahasa Inggris yaitu Sunday, Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday. Nama-nama hari yaitu bahan dasar bahasa Inggris paling simpel dipahami apabila tahu tipsnya. Walaupun begitu, jangan pernah disepelekan ya. Pengetahuan ini dapat menuntunmu pada puncak kemahiran yang lebih tinggi. Semoga sukses!



Sumber https://englishcoo.com