Saturday, January 7, 2017

√ Konsep Tumbuh Kembang Anak Pada Usia Infant (0-1 Tahun)

KONSEP TUMBUH KEMBANG ANAK PADA USIA INFANT (0-1 TAHUN)


a.    Pertumbuhan
Pertumbuahan (growth) berkaitan dengan duduk kasus perubahan dalam besar, jumlah, ukuran, dimensi tingkat sel, organ maupun individu. Hal ini sanggup diukur denagn ukuran berat (gram, pound, kilogram), ukuran panjang (Centimeter, meter), umur tulang dan keseimbangan metabolic (Retensi kalium dn nitrogen tubuh) (Soetjiningsih, 2004: 1)
 1)      Karakter Fisik Pertumbuhan pada usia 0-1 tahun Betz, Cecily, (2002: 538).
Usia 0 hingga 6 bulan
a) Berat badan
(1)Berat tubuh akan menjadi dua kali lipat pada usia 6 bulan.
(2)Berat tubuh bayi bertambah kira-kira 0,6 kg per bulan, (2n+8)
b)    Panjang badan
(1)Panjang tubuh rata-rata ketika berumur 6 bulan ialah 65 cm.
(2)Panjang tubuh meningkat dengan kecepatan 2,5 cm per tahun.
c)    Lingkar kepala
(1)Lingkar kepala mencapai 42,5 cm pada usia 6 bulan.
(2)Lingkar kepala meningkat 1,25 cm per bulan.
Usia 6 hingga 12 bulan
a)    Berat badan
(1) Berat tubuh menjadi tiga kali lipat pada usia satu tahun.
(2) Perkiraan berat tubuh pada usia 1 tahun ialah 10 kg
(3) Bayi menambah berat badanya 0,45 kg per bulan.
b)   Panjang badan
(1)Bagian tubuh yang mengalami pertumbuhan terpesat ialah badan.
(2)Bayi bertumbuh 1,25 cm per bulan.
(3)Panjang tubuh total meningkat 50% pada usia 1 tahun
c)    Lingkar kepala
(1)Lingkar kepala meningakat 0,6 cm per bulan
(2)Lingkar kepala pada usia 1 tahun ialah 50 cm.
b.   Perkembangan
Perkembangan (development) bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalm contoh yang teratur dan sanggup diramalkan, sebagai hail dari proses pematangan. Disini menyangkut adnya proses diferesiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan system organ yang berkembang sedemikian rupa sehinga masing-masing sanggup memenuhi fungsinya. Termasuk juga perkembangan emosi, intelektual, dan tingkah laku, sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya. (Soetjiningsih, 2004: 1)
 1)   Perkembangan pada anak 0-1 tahun berdasarkan Betz, Cecily L, (2002: 539)
(a)  Motorik kasar
Usia 1 hingga 4 bulan
a)    Meningkat kepala ketika tengkurap
b)   Dapat duduk sebentar dengan ditopang
c)    Dapat duduk dengan kepala tegak
d)   Jatuh terduduk di pangkuan ketika disokong pada posisi berdiri
e)    kontrol kepala sempurna
f)    Mengangkat kepala sambil berbaring terlentang
g)   Berguling dari terlentang ke miring
h)   Posisi lengan dan tungkai kurang fleksi
i)     Berusaha untuk mengangkat
Usia 4 sampai  8 bulan
a)    Menahan kepala tegak terus-menerus
b)   Berayun ke depan dan ke belakang
c)    Berguling dari terlentang ke tengkurap
d)   Dapat duduk dengan derma selama interval singkat
Usia 8 hingga 12 bulan
a)    Duduk dari posisi tegak tanpa bantuan
b)    Dapat bangkit tegak dengan bantuan
c)    Menjelajah
d)   Berdiri tegak tanpa derma walaupun hanya sebentar
e)    Membuat posisi merangkak
f)     Merangkak
g)    Berjalan dengan bantuan
(b) Perkembangan motorik halus
Usia 1 hingga 4 bulan
a)    Melakukan perjuangan yang bertujuan untuk memegang suatu objek
b)   Mengikuti objek dari sisi ke sisi
c)    Mencoba memegang benda tapi terlepas
d)   Memasukan benda ke dalam mulut
e)    Mempertahankan tangan dan kaki
f)    Memegang benda dengan kedua tangan menahan benda di tangan walaupun hanya sebentar
Usia 4 Sampai 8 Bulan
a)    Menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk memegang
b)   Mengekplorasi benda yang sedang dipegang
c)    Mengambil objek dengan tangan tertungkup
d)   Mampu menahan kedua benda dikedua tangan secara stimulant
e)    Menggunakan pundak dan tangan sebagai satu kesatuan
f)    Memindahkan objek dari satu tangan ke tangan yang lain
Usia 8 hingga 12 Bulan
a)    Melepas objek dengan jari lurus
b)   Mampu menjepit objek
c)    Melambaikan tangan
d)   Menggunakan tangannya untuk bermain
e)    Menempatkan objek kedalam wadah
f)    Makan biskuit sendiri
g)   Minum dari cangkir dengan bantuan
h)   Menggunakan sendok dengan bantuan
i)     Makan dengan jari
j)     Memegang krayon dan menciptakan coretan-coretan diatas kertas
(c)  Perkembangan Sensoris
Usia 0 hingga 1 bulan
a)    Membedakan rasa bagus dan asam
b)   Menarik diri dari stimulus yang menyakitkan
c)    Membedakan bacin bisa mendeteksi bacin ibu
d)   Memalingkan kepala dari bacin yang tidak disukai
e)    Membandingakan bunyi berdasarakan perbedaaan nada, frekuensi dan durasi
f)    Berespon terhadap perubahan cahaya
g)   Mulai sanggup melacak objek tetapi gampang juga kehilangan objek tersebut
h)   Lebih berfokus pada wajah insan dibandingkan benda-benda lain yang ada dalam satu lapang pandang
i)     Mempunyai ketajaman penglihatan 20/400- bisa berfokus  pada objek yang berada pada jarak 20 cm
j)     Terdiam jikalau mendengar bunyi suara
 Usia 1 hingga 4 bulan
a)    Membeda-bedakan wajah dan bunyi ibu dari suara-suara wanita lain
b)   Menunjukan pelakan visual yang akurat
c)    Membeda-bedakan antara contoh penglihataan
d)   Membedakan wajah-wajah yang dikenal dan tidak dikenal
Usia 4 hingga 8 bulan
a)    Berespons terhadapa perubahan warna
b)   Mengikuti objek dari garis tengah ke samping.
c)    Mengikuti objek dalam banyak sekali arah
d)   Mencoba mencari sumber bunyi
e)    Berusaha mengkoordinasikan tangan-mata
f)     Indra penciuman sudah berkembang dengan baik
g)   Mencapai batas ketajaman penglihatan dewasa
h)   Berespon terhadap bunyi yang tidak terlihat
i)      Menunjukan pilihan rasa
Usia 8-12 bulan
a)    Persepsi ke dalam telah meningkat
b)   Mengenali namanya sendiri
(d) Perkembangan kognitif (Tahap Sensorimotor)
Usia 0 hingga 1 bulan
a)    Perilaku involunter
b)   Refleksi primer
c)    Orientasi austik
d)   Tidak ada konsep baik diri sendiri maupun orang lain.
Usia 1 hingga 4 bulan
a)    Perilaku  refleksi secara berharap digantikan dengan gerakan volunter
b)   Aktivitas berpusat disekitar tubuh
c)    Membuat perjuangan awal untuk mengulang atau menirukan tindakan
d)   Banyak menerangkan sikap trial and eror
e)    Berusaha memodifikasi sikap
Usia 8 hingga 12 Bulan
a)    Mengantisifasi kejadian sebagai sesuatu yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
b)   Menunjukan tingkat kegawatan pada kesenjangan sikap
c)    Menujukan sikap yang mengarah pada tujuan
d)   Membuktikan kepermanenan objek
e)    Mencari objek-objek yang hilang
f)     Dapat mengikuti sejumlah besar tindakan
g)   Memahami arti dari kata-kata dan perintah sederhana
h)   Menghubungkan sikap dan sikap dengan simbol
i)      Menjadi lebih berdikari dengan figur keibuan
(e)  Perkembangan Bahasa
Usia hingga 1 bulan
a)    Mendekut
b)   Membuat bunyi menyerupai abjad hidup
c)    Membuat bunyi merengek ketika sedang kesal
d)   Membuat bunyi berdeguk ketika sedang kenyang
e)    Tersenyum sebagai respon terhadap pembicaraan orang dewasa
Usia 1 hingga 4 bulan
a)    Bersuara dan tersenyum
b)   Dapat menciptakan bunyi abjad hidup
c)    Bersuara
d)   Berceloteh
Usia 4 hingga 8 bulan
a)    Menggunakan vokalisasi yang semakin banyak
b)   Mengunakan kata-kata yang terdiri dari dua suku kata (“buu-buu”)
c)    Dapat menciptakan dua bunyi vocal kesamaan (“baba”)
Usia 8 hingga 12 bulan
a)    Mengucapkan kata-kata pertama
b)   Menggunakan bunyi, mengidentifikasi objek, orang dan aktivitas
c)    Menurunkan banyak sekali bunyi kata
d)   Dapat mengucapkan serangkaian suku kata
e)    Memahami arti larangan menyerupai “jangan”
f)      Berespons terhadap panggilan dan orang-orang yang merupakan anggota  keluarga dekat
g)   Menujukan infleksi kata-kata yang nyata
h)   Menggunkan tiga kosakata
i)     Menggunakan kalimat satu kata
2)   Perkembangan Psikosecual Pada Anak 0-1 tahun (Tahap Oral) Betz, Cecily L, (2002: 539)
a)    Tugas perkembangan, gratifikasi kebutuhan dasar (makanan, kehangatan, dan kenyataan) yang dipenuhi oleh pemberi asuhan yang primer
b)   Krisis perkembangan, penyapihan, bayi dipaksa untuk menghentuikan kesenangannya untuk minum ASI atau menyusu dari botol
c)    Keterampilan koping yang umum, menghisap, menamgis, mendekut, berceloteh, memukul, dan bentuk sikap lainnya sebagai respon terhadap iritan
d)   Kebutuhan secual, menggeneralisata sensasi tubuh yang menyenangkan, , meskipun berfokus pada kebutuhan oral, bayi mendapat kesenangan fisik dari digendong, ditimang, diayun, dan menghisap.
e)    Bermain, stimulasi taktil diberikan melalui acara pengasuhan
3)   Perkembangan Psikososial (Percaya Vs tidak Percaya) Pada Anak 0-1 tahun Betz, Cecily L, (2002: 539)
a)    Tugas perkembangan, perkembangan rasa percaya terhadap pemberi asuhan primer
b)   Krisis perkembangan, disapaih dari ASI atau susu botol
c)    Bermain, interaksi dengan pemberi asuhan membentuk dasar-daar perkembangan relasi dikemudian hari
d)   Peran orang tua, bayi merumuskan sikap dasar terhadap kehidupan berdasarkan pengalamannya bersama orang tua, orang renta sanggup dianggap sebagai seseorang yang sanggup dipercaya, konsisten, selalu ada, dan penyayang (rasa percaya) atau sebagai kebalikannya yang negative (rasa tidak percaya)
4)   Perilaku Sosialisasi Pada Anak 0-1 tahunBetz, Cecily L, (2002: 539)
Usia 8 hingga 12 bulan
a)    Bermain permainan yang sederhana
b)   Menangis jikalau dimarahi
c)    Membuat undangan sederhana dengan gaya tubuh
d)   Menunjukan peningkatan ansietas terhadap perpisahan
e)    Lebih menyukai figure pemberi asuhan daripad orang cukup umur lainnya
f)    Mengenali anggota keluarga
5)   Perkembangan moral Pada Anak 0-1 tahun Betz, Cecily L, (2002: 539)
Perkembangan moral tidak dimulai hingga usia toddler, ketika kognitf awal sudah mulai muncul.
6)   Perkembangan kepercayaan Pada Anak 0-1 tahu Betz, Cecily L, (2002: 539)

Rasa percaya dan interaksi dengan pemberi asuhan membentuk dasar untuk perkembangan kesetiaan selanjutnya

TERIMAKASIH

Baca Juga Informasi lainnya:
1.      LEAFLET TUMBUH KEMBANG ANAK: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=leaflet-tumbuh-kembang-anak
2.      NORMALKAH TUMBUH KEMBANG ANAK ANDA??: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=leaflet-tumbuh-kembang-anak
3.      LEAFLET KEBUTUHAN NUTRISI ANAK: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=leaflet-tumbuh-kembang-anak
4.      MENGENAL GIZI BURUK, GIZI SEIMBANG DAN PERAWATAN ANAK GIZI BURUK: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=leaflet-tumbuh-kembang-anak
7.      PERAWATAN ANAK GIZI KURANG DIRUMAH: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=leaflet-tumbuh-kembang-anak
8.      SAP NUTRISI 4 SEHAT 5 SEMPURNA: aciknadzirah.blogspot.com/search?q=leaflet-tumbuh-kembang-anak

Perlu DAFTAR PUSTAKA?? Silahkan Coment dibawah dan sertakan alamat email
SEMOGA  BERMANFAAT

Sumber http://macrofag.blogspot.com