Sunday, January 1, 2017

√ Benalu Echinococcosis (Ekinokokus)






1.       PENGERTIAN
Echinococcosis (Ekinokokus) ialah penyakit yang disebabkan oleh cacing pita parasit. Penyakit ini sering juga disebut hydatidosis, penyakit hidatid, hidatidosis. Ada dua jenis utama dari penyakit ini, ekinokokosis sistik dan ekinokokosis alveolar. Dua jenis lainnya yang lebih jarang ditemukan ialah ekinokokosis polisistik dan ekinokokosis unisistik. Penyakit ini sering kali diawali tanpa tanda-tanda dan dapat berdiam dalam tubuh penderita selama bertahun-tahun. Gejala dan tanda-tanda yang diperlihatkan tergantung pada lokasi dan ukuran kista. Ekinokokosis alveolar biasanya diawali di liver namun dapat menyebar ke bagian-bagian lain tubuh, contohnya paru-paru atau otak. Ketika livernya terjangkit penyakit ini, penderita akan mengalami rasa sakit di potongan perut, penurunan berat badan, dan warna kulit menjadi kuning. Penyakit paru-paru dapat menjadikan rasa sakit di dada, nafas tersengal-sengal dan batuk.

2.       PENYEBAB
Penyakit ini disebarkan ketika masakan atau air yang mengandung telur benalu terkonsumsi, atau melalui kontak pribadi dengan hewan yang terinfeksi. Telur tersebut dikeluarkan bersama kotoran hewan pemakan daging yang terinfeksi oleh parasit. Binatang yang biasanya terinfeksi penyakit ini termasuk: anjing, rubah, dan serigala. Binatang-binatang ini terinfeksi lantaran memakan organ-organ hewan yang mengandung kista, ibarat kambing atau tikus. Jenis penyakit yang ditimbulkan pada seorang penderita ditentukan oleh jenis Ekinokokus yang menjadikan bisul tersebut. Diagnosis biasanya dilakukan memakai ultrasound melalui tomografi komputer (computer tomography komputer /CT); pencitraan dengan resonansi magnet (magnetic resonance imaging /MRI) juga dapat digunakan. Tes darah untuk menemukan antibodi yang dapat melawan benalu tersebut dapat membantu, demikian pula biopsi.

3.       PENCEGAHAN DAN PERAWTAN
Ekinokokosis sistik dapat dicegah dengan cara mengobati anjing yang diduga membawa penyakit tersebut dan melaksanakan vaksinasi pada kambing. Melakukan perawatan sering kali tidaklah mudah. Ekinokokosis sistik dapat dikeringkan melalui kulit diikuti dengan pengobatan. Kadang kala jenis penyakit ini hanya ditonton. Jenis alveolar sering kali membutuhkan operasi yang diikuti dengan sumbangan obat. Obat yang dipakai adalah albendazole yang dapat saja harus dikonsumsi selama bertahun-tahun. Ekinokokosis alveolar dapat menjadikan kematian.

jangan lupa untuk KUNJUNGI dan SUBSCRIBE juga Channel YouTube "" untuk UPDATE VIDIO KESEHATAN, Klik: https://www.youtube.com/channel/UCWOkusdlKaop1F-3FLLMDBg


REFERENSI:
Muslim HM. 2005. Parasitologi untuk Keperawatan. Jakarta : EGC.
World Health Organization. "Echinococcosis Fact sheet N°377". March 2014. Diakses tanggal 19 March 2014.
Lozano, R (Dec 15, 2012). "Global and regional mortality from 235 causes of death for 20 age groups in 1990 and 2010: a systematic analysis for the Global Burden of Disease Study 2010". Lancet. 380 (9859): 2095–128. doi:10.1016/S0140-6736(12)61728-0. PMID 23245604.
Natadisastra D, Agoes R. 2005. Parasitologi Kedokteran : Ditinjau dari Organ Tubuh yang Diserang. Jakarta : EGC.


Sumber http://macrofag.blogspot.com