Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya kita memerlukan sebuah media promosi untuk meningkatkan penjualan produk. Dalam kurun modern ibarat dikala ini, terdapat banyak sekali media promosi yang sanggup digunakan, salah satunya ialah melalui website. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa dalam menciptakan website pun harus dikelola dengan baik dan semenarik mungkin untuk mengambil hati konsumen. Nah, untuk itu, kau tiba ke artikel yang tepat! Karena, untuk pembahasan kali ini, kami akan membahas perihal web trik yang bisa kau gunakan untuk menciptakan website bisnis dan bagaimana cara menyempurnakan kinerjanya. Langsung saja, yuk kita bahas bersama, dimulai dari cara menciptakan website bisnis yang menarik dan efisien!
Tips dan Trik Membuat Website (Web Trik) untuk Bisnis
Sebuah website untuk perusahaanmu tentu bukanlah hal yang aneh, terutama di kurun digital seperti dikala ini. Website merupakan salah satu hal krusial yang harus dimiliki oleh perusahaan, jikalau ingin menyebarkan usahanya. Oleh lantaran itu, sangat penting untuk mempunyai website sendiri untuk bisnis yang kau miliki. Nah, untuk kau yang masih galau bagaimana cara menciptakan website yang baik dan efisien untuk bisnis, berikut ini akan kami sajikan langkah-langkahnya!
Responsive Web Design
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menciptakan website adalah kau harus bisa menciptakan desain halaman website yang responsive. Responsive yang dimaksud ialah ukuran halaman website-mu harus bisa menyesuaikan dengan banyak sekali macam perangkat yang dipakai oleh konsumen. Jadi, konsumen bisa membuka laman situs perusahaanmu dari perangkat apapun dan masih tetap bisa mendapat kanal secara menyeluruh. Hal ini harus diterapkan pada setiap situs bisnis, lantaran kini mobile dan tablet browsing sudah melebihi desktop browsing. Kamu bisa berguru menciptakan desain website yang responsive, salah satunya ialah melalui Bootstrap yang sangat gampang dipelajari untuk pemula. Jika sudah begitu, pastikan desain halaman pada website-mu responsive ya! Agar kau paham, ibarat apa rujukan desain website yang responsive itu, berikut ini akan kami tampilkan rujukan ilutrasinya.
Branding Merk (Logo, Font, dan Warna)
Selanjutnya, di dalam website perusahaanmu, harus mempunyai branding produknya tersendiri. Branding bisa berupa Logo, Font, dan juga warna yang menggambarkan perusahaan atau produk yang akan kau jual. Kamu juga harus menampilkan kekonsistenan pada branding yang akan kau gunakan, terutama pada logo, font, warna, dan juga tata bahasa yang digunakan. Hal ini akan memunculkan keyakinan bagi para pengunjung website & membantu memperkuat identitas brand-mu. Seperti yang terlihat pada tampilan website Jojonomic berikut ini, mempunyai bentuk branding konsisten di tiap laman yang tersedia di dalamnya.
Pilih Foto Ilustrasi yang Eye Catching
Tips selanjutnya yakni menentukan foto gambaran yang menggambarkan perusahaan, atau produk yang akan kau tawarkan. Hal ini sangatlah penting untuk kau lakukan dalam menentukan gambar yang sesuai dengan tujuan bisnismu untuk menyempurnakan desain serta layout website perusahaan. Bila website-mu memakai foto atau gambaran yang baik (sesuai), maka kau akan mendapat angka konversi penjualan yang lebih tinggi. Hal ini, lantaran desain dan estetika website ialah salah satu area yang selalu ditinjau oleh konsumen ketika hendak mengunjungi situs perusahaan (bisnis). Maka dari itu, pastikan kau menentukan foto yang terbaik ya untuk website-mu! Jangan asal mengambil foto, dan memasukkannya ke situs usahamu. Seperti rujukan website milik Jojonomic berikut ini, yang memakai gambaran vector untuk menggambarkan produk yang ditawarkan.
Navigasi yang Jelas, Tersusun Rapi, dan Intuitif
Website yang mempunyai navigasi yang terperinci menciptakan para pengunjung betah untuk mengekplorasi halaman isinya. Pengunjung juga akan mendapat lebih banyak isu perihal barang atau jasa yang kau tawarkan. Navigasi di dalam website yang jelas, akan menaikkan konversi penjualanmu, lho! Nah, kalau kau masih bingung, kami kasih alasan mengapa kau harus menyajikan navigasi yang terperinci untuk situsmu ini.
Karena, ada beberapa tipe orang yang ingin berbelanja (baik di online, ataupun di offline) dan hal di bawah ini menjadi alasan mengapa kau harus menciptakan navigasi web sejelas mungkin.
Pertama
Mereka yang suka muter-muter dulu di dalam sebuah website, sesudah mendapat barang yang beliau inginkan, barulah beliau beli. Orang ibarat ini tidak terlalu dikhawatirkan, lantaran memang mereka tidak mempermasalahkan navigasi.
Kedua
Mereka yang masuk ke toko (online ataupun offline) pribadi ingin menuju ke daerah yang benar-benar ingin dituju. Tipe konsumen ibarat inilah yang sangat membutuhkan navigasi di dalam sebuah situs.
Ketiga
Konsumen yang tertarik dengan display yang mencolok. Misalnya, mereka masuk ke dalam toko (online ataupun offline), mereka melihat ada promo tergantung di bab atas yang biasanya menjadi navigasi di website.
Lalu, ibarat apa sih, bentuk website dengan navigasi yang terperinci berdasarkan web trik? Agar kau tidak bingung, kami akan menampilkan rujukan sebuah situs yang mempunyai navigasi untuk memudahkan para pengunjungnya berikut ini.
Detail Kontak yang Jelas
Tips kelima, kau harus mencantumkan kontak yang terperinci di dalam website! Hal ini sangatlah diperlukan, terutama bagi pengunjung biar mereka sanggup menghubungimu untuk pertanyaan atau sumbangan lebih lanjut. Oleh lantaran itu, adanya hidangan kontak menjadi sangat krusial, biar website-mu menjadi lebih user-friendly, transparan dan dipercaya oleh konsumen. Kontak yang dicantumkan tidak harus berada di atas halaman web, yang terpenting ialah harus tertulis untuk memudahkan para konsumen. Seperti pada website Jojonomic yang mencantumkan kontak di bab bawah halaman. Contohnya, bisa kau lihat pada gambar di bawah ini,
Buatlah Headline yang Persuasif
Tips menciptakan website selanjutnya ialah memanfaatkan headline yang berada di setiap halaman. Headline yang persuasif dan menjelaskan manfaat dari tiap laman, akan menciptakan pengunjung berhenti dan pribadi menjelajahi website-mu. Headline yang kau buat akan menentukan apakah pengunjung akan bertahan, atau meninggalkan website lantaran kurang menarik untuk dikunjungi dan hanya membuang waktu saja. Sangat penting untuk diingat, apabila headline anda tidak menarik – konten anda tidak akan dibaca. Maka, kesempatanmu untuk menjual produk akan semakin sedikit. Berikut ini akan kami sajikan rujukan headline menarik dan dirasa bisa menciptakan pengunjung tertarik, paling tidak untuk membaca produk yang akan ditawarkan.
Meletakkan Informasi Paling Penting di Bagian Teratas (Above the Fold), Tanpa Harus Scroll Halaman
Ketika kita hendak menciptakan website itu berarti, sama halnya dengan mendesain web itu sendiri. Di dalam web desain, istilah above the fold merujuk kepada area halaman web yang terlihat tanpa harus scrolling. Secara logis, pengunjung website akan memperlihatkan perhatian lebih besar dan mengingat isu terhadap hal yang muncul pertama dan terakhir pada website-mu. Sebagian besar pengunjung website tidak mau men-scroll ke bawah, dan hanya melihat bab atas saja. Bila mereka merasa website-mu kurang terperinci dengan produk apa yang hendak ditawarkan, serta tampilannya kurang rapi, mereka akan pribadi menutup situsmu, lho! Jadi, harus diperhatikan dengan secama ya! Seperti halnya website Jojonomic yang meletakkan isu penting di bab teratas, biar pengunjung bisa pribadi mendapat isu yang akan ditawarkan.
Masukkan Promosi Konten
Tips setelahnya ialah kau harus memasukkan beberapa konten promosi di dalam situs perusahaanmu! Promosi konten yang biasanya dimasukkan dalam sebuah website antara lain, blog promosi, video, dan bahan untuk di-d0wnl0ad. Setiap web marketer mengetahui bahwa konten yang dibagikan akan mengakibatkan terjadinya interaksi. Blog, video dan bahan d0wnl0ad dirasa akan sangat besar lengan berkuasa terhadap pengunjung website untuk mengenal, menyukai dan risikonya percaya kepada perusahaanmu. Dengan adanya konten promosi ini, kau akan mendapat jaminan bahwa produk yang hendak ditawarkan, akan mendapat peluang lebih tinggi untuk terjual. Agar kau lebih mengerti dengan apa yang dimaksudkan, kau bisa melihat misalnya dari website Jojonomic yang mempunyai konten promosi blog, video promosi dan juga ebook materi, berikut ini.
Masukkan Call to Action (CTA) yang Kuat dan Menarik
Call-To-Action ialah teks atau desain grafis yang mendorong pengunjung untuk mengambil langkah spesifik berikutnya di website kamu. Langkah ini antara lain untuk subscribe newsletter, tiba ke daerah anda atau meminta anda untuk menghubungi mereka. Menambah CTA button akan menaikkan traffic pengunjung website-mu. CTA button yang besar dan mempunyai warna kontras, akan meningkatkan jumlah klik pada website-mu. Bingung ibarat apa tombol CTA yang kuat itu? Yuk, lihat CTA button yang terdapat pada situs Jojonomic di bawah ini!
Masukkan Indikator Kepercayaan (Testimoni, dan Pihak yang Masih Menggunakan)
Tips terakhir, kau harus memasukkan indikator kepercayaan, biar calon pembeli semakin yakin untuk membeli produk yang kau tawarkan. Selain itu, indikator kepercayaan memperlihatkan mereka citra apa yang sanggup mereka harapkan dari perusahaanmu. Karena, bagi para pengunjung website, ulasan aktual menciptakan mereka lebih percaya terhadap perusahaan tersebut. Seperti yang tertera pada rujukan website berikut ini, yang menampilkan perusahaan yang pernah atau masih memakai produk dari Jojonomic.
Setelah kau berhasil menciptakan website berdasarkan tips di atas, maka langkah selanjutnya yang harus kau lakukan ialah menyempurnakan kinerjanya. Ada beberapa tips yang bisa kau terapkan, lho! Langsung saja kita bahas satu persatu, yuk!
Cara Menyempurnakan Kinerja Website
Setelah menciptakan website, kamu juga harus mengerti bagaimana cara untuk memperbaikinya. Tips di bawah ini juga bisa kau gunakan untuk mengatur, dan membangun website-mu, lho! Jadi, kau kana lebih paham apa saja yang dibutuhkan untuk menyempurnakan website yang telah kau buat. Langsung saja kita bahas satu persatu dari web trik berikut ini ya!
Update
Mempunyai website yang anggun sangatlah penting. Namun, anggun saja tidak cukup, kau juga perlu melakukan update secara terpola biar memperlihatkan kenyamanan pada pengunjung. Ada beberapa hal yang perlu kau lakukan, seperti posting artikel gres yang sanggup menarik para pengunjung dan menciptakan mereka sanggup meninggalkan komentar pada website-mu. Kamu juga harus terus memperbarui isu kontak, dan mengoreksi Terms of Service biar selalu sesuai dengan aturan yang berlaku.
Backups
Website error atau tidak bisa diakses sewaktu-waktu sanggup terjadi. Oleh lantaran itu, kau harus rutin melakukan backup. Sehingga, dikala website mengalami kerusakan, kau sanggup mengembalikannya ibarat sedia kala. Dalam hal ini, kau sanggup memanfaatkan layanan backup yang diberikan oleh beberapa penyedia hosting secara online atau melakukan backup secara manual dengan menyimpannya pada perangkat komputer, CD, ataupun flashdisk.
Speed
Kamu juga perlu mengecek kecepatan website saat loading. Ketika pengunjung sudah melebihi kapasitas, mungkin sudah waktunya kamu meng-upgrade dan sesuaikan layanan hosting dari paket yang tengah kau gunakan. Kamu juga bisa menyiasatinya dengan meminimalkan grafis pada setiap halaman, atau memperkecil file yang ditampilkan pada website biar proses loading dapat berjalan lebih cepat.
Search Engine Friendly (SEF)
Sebagian besar pengunjung menemukan website-mu melalui search engine, ibarat Google. Untuk itu, buat website kamu untuk lebih friendly terhadap situs pencarian biar mendatangkan lebih banyak visitor. Untuk memulainya, kau bisa melaksanakan web trik dengan menambah meta deskripsi, atau menyisipkan keyword tertentu pada artikel yang di-posting ke dalam website.
Gunakan Statistik
Tips selanjutnya ialah memantau statistik website kau secara rutin. Kamu sanggup memakai tools yang ada pada cPanel untuk memperoleh sejumlah data yang terkait ibarat jumlah visitor, keyword yang sedang banyak dicari, dan sebagainya. Dengan melaksanakan web trik tersebut, kau bisa menyusun taktik marketing selanjutnya untuk kelangsungan bisnismu.
Browser Friendly
Jangan lupa, lakukan pengecekan untuk melihat apakah website yang kau buat sanggup diakses dengan lancar pada banyak sekali browser. Untuk itu, kau bisa membuka situs melalui beberapa aplikasi browser ibarat Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Safari, dan Opera. Jika ditemukan sebuah kejanggalan, maka kau perlu mengatur elemen tertentu biar website tersebut bekerja maksimal di banyak sekali jenis browser.
Bagaimana? Apa dengan tips dan trik di atas kau sudah bisa menciptakan website yang menarik minat pengunjung? Jika belum, kau bisa mengunjungi situ Jojonomic untuk dijadikan rujukan website yang sesuai dengan tips di atas. Mengapa harus Jojonomic? Karena, Jojonomic mempunyai tiga produk utama, yakni JojoExpense, JojoTimes, dan JojoPayroll yang akan mempermudah kinerja perusahaanmu! Mulai dari JojoExpense yang akan meningkatkan efisiensi administrasi pengeluaran perusahaan sampai 76%. Kemudian ada JojoTimes yang akan memantau kehadiran karyawanmu kapanpun dan di manapun. Hingga JojoPayroll yang menyajikan solusi Payroll otomatis, untuk mengelola penggajian kapan dan di mana saja. Jadi, dengan web trik yang sudah kami berikan masih ragu untuk menciptakan website-mu sendiri dan pakai produk Jojonomic?
Sumber aciknadzirah.blogspot.com