Thursday, December 29, 2016

√ Rumus Microsoft Excel Terlengkap Yang Perlu Kau Ketahui

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang. Mengingat fungsinya untuk melaksanakan penghitungan, menciptakan aplikasi ini banyak digunakan. Baik oleh mereka yang masih mengenyam pendidikan, sampai yang sudah bekerja. Namun, tahukah kau apa sesungguhnya Microsoft Excel itu? Tahukah kau apa saja rumus-rumus penghitungan yang sanggup diselesaikan oleh aplkasi ini? Pas banget, nih! Pada artikel ini, kami akan membahas wacana pengerian Microsoft Excel dan beberapa rumus yang paling sering dipakai dalam pengoperasian aplikasi ini. Langsung saja yuk, kita lihat bersama!


Pengertian Microsoft Excel


Tidak banyak yang mengetahui bahwa Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi spreadsheet yang telah dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan iOS. Selain itu, di dalam Microsoft Excel terdapat banyak aneka macam macam fitur yang sanggup dipakai ibarat grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya Jadi, sesungguhnya aplikasi ini tidak hanya sanggup dipakai untuk melaksanakan operasi penghitungan saja, lho! Wajar saja, kalau aplikasi ini banyak dicintai penggunanya. Tak hanya dikenal dengan operasi hitungnya saja, ternyata Microsoft Excel juga berkhasiat lain dari membuatkan bidang. Untuk lebih jelasnya akan dijabarkan pada poin klarifikasi di bawah ini!


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui


Kegunaan Microsoft Excel Dilihat dari Beberapa Bidang


Hal menarik lainnya dari Microsoft Excel ialah banyaknya fungsi-fungsi yang sanggup membantu menuntaskan pekerjaan atau kiprah dengan cepat. Hal ini turut terlihat dari beberapa bidang ataupun fungsi pekerjaan yang ikut mencicipi manfaat dari penggunaan Microsoft Excel. Misalnya adalah:


Bidang Akuntansi


Manfaat pertama tiba dari bidang akuntansi. Contoh dari penggunaan jadwal Microsoft Excel dalam bidang akuntansi ialah menghitung jumlah laba atau rugi suatu perusahaan. Bisa juga untuk mencari besarnya keuntungan selama satu tahun, menghitung honor karyawan, dan sebagainya.


Kalkulasi Matematis


Kalkulasi matematis merupakan kegunaan kedua dari Microsoft Excel. Program ini sanggup dipakai untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta aneka macam variasinya.


Pengelolaan Data


Penggunaan pengelolaan data ialah kegunaan selanjutnya. Manfaat yang sanggup diperoleh yaitu untuk pengelolaan data base statistik, menghitung data, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data.


Pembuatan Grafik


Excel sanggup dipakai untuk menciptakan grafik, lho! Misalnya grafik perkembangan nilai komputer siswa dalam lima tahun, grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu tahun, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan selama satu tahun, grafik kelulusan siswa selama sepuluh tahun, dan sebagainya.


Operasi Tabel


Kegunaan terakhir yakni untuk sanggup mengoperasikan tabel. Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom 16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melaksanakan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.


Selain beberapa fungsi dan kegunaan microsoft excel ibarat yang telah kami tuliskan diatas, tentunya untuk mengoperasikan jadwal buatan microsoft ini anda perlu mengetahui rumus microsoft excel. Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa rumus yang paling sering dipakai dalam pengoperasian Microsoft Excel. Disimak dan dicatat kepingan pentingnya ya!


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui


Rumus Lengkap dalam Microsoft Excel


Nah! Mungkin poin ini akan menjadi highlight dan alasan utamamu untuk membuka artikel ini, bukan? Untuk itu, pribadi saja yuk, kita bahas beberapa rumus Microsoft Excel yang paling sering dipakai khususnya di dunia kerja. Berikut ini akan disajikan tabel untuk merangkum rumus apa yang akan dibahas pada artikel ini. Kamu sanggup melihat tabelnya di bawah ini ya!

































































































RUMUS EXCEL UNTUK DUNIA KERJA


RUMUSKETERANGAN
SUMMenjumlahkan
AVERAGEMencari Nilai Rata-Rata
ANDMencari Nilai dengan Perbandingan Dan
NOTMencari Nilai Dengan Pengecualian
ORMencari Nilai dengan Perbandingan Atau
SINGLE IFMencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH
MULTI IFMencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH Dengan Banyak Perbandingan
AREASMenampilkan Jumlah Area (range atau sel)
CHOOSEMenampilkan Hasil Pilihan Berdasarkan Nomor Indeks
HLOOKUPMencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar
VLOOKUPMencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak
MATCHMenampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan
COUNTIFMenghitung Jumlah Cell dalam Suatu Range dengan kriteria tertentu
COUNTAMenghitung Jumlah Cell Yang Terisi
DAYMencari Nilai Hari
MONTHMencari Nilai Bulan
YEARMencari Nilai Tahun
DATEMendapatkan Nilai Tanggal
LOWERMerubah Huruf Teks Menjadi Huruf Kecil
UPPERMerubah Huruf Teks Menjadi Huruf Besar
PROPERMerubah Karakter Awal Teks Menjadi Huruf Besar

Untuk lebih jelasnya wacana penggunaan rumus fungsi excel di atas, maka simak penjelasannya berikut ini yang akan disertai contohnya, secara sedikit demi sedikit dan lengkap. Scroll artikel ini sampai selesai semoga pengetahuanmu wacana rumus yang paling sering dipakai dalam Microsoft Excel ini bertambah ya!


SUM


Rumus SUM ini terdapat fungsi yang utama ialah untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan, rumus SUM ini juga sering dipakai untuk menuntaskan pekerjaan atau kiprah dengan cepat. Cara menggunakannya, tahap pertama, buatlah tabel penjumlahan dan masukkan rumus sum berikut ini. Misalnya, =SUM(D2:E2) atau ibarat gambar di bawah ini:


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui


Kemudian, kalau sudah dimasukkan rumus SUM tersebut kemudian tekan enter dan akan mengetahui jumlahnya. Seperti pada gambar di bawah ini


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui


AVERAGE


Rumus AVERAGE ini terdapat fungsi yang utama ialah untuk mencari nilai rata – rata suatu variabel. Caranya, buatlah suatu tabel untuk nilai – nilai siswa dan sehabis itu masukkan rumus AVERAGE untuk mengetahui nilai rata – rata siswa. Misalnya =AVERAGE(D2:F2) atau ibarat gambar di bawah ini:


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui


jika sudah dimasukkan rumus AVERAGE tersebut kemudian tekan enter dan akan mengetahui hasilnya, yang akan terlihat pada gambar di bawah ini,


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui


AND


Rumus AND ini terdapat fungsi yang utama ialah Menghasilkan nilai TRUE kalau semua argumen yang di uji tersebut bernilai BENAR dan FALSE kalau semua atau salah satu argumen bernilai SALAH. Caranya kau harus menciptakan tabel dan masukkan rumus AND untuk mengetahui TRUE atau FALSE. Misalnya =AND(D2>G2), atau ibarat gambar di bawah ini:


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

Selanjutnya, kalau rumus AND tersebut sudah dimasukkan kemudian tekan enter dan akan diketahui akhirnya TRUE atau FALS, terlihat akhirnya pada gambar di bawah ini.


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

NOT


Rumus NOT ini terdapat fungsi utama ialah kebalikan dari rumus AND yaitu menghasilkan TRUE kalau kondisi yang diuji SALAH dan FALSE kalau yang diuji BENAR. Langkah pertama, yang harus kau lakukan adalah  buatlah tabel dan masukkan rumus NOT untuk mengetahui hasilnya. Misalnya =NOT(G2<G3) ibarat gambar di bawah ini,


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui, kalau rumus NOT tersebut sudah dimasukkan kemudian tekan enter dan akan diketahui hasilnya. Kamu sanggup lihat akhirnya ibarat gambar di bawah ini,

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui


OR


Rumus fungsi ini akan Menghasilkan TRUE kalau beberapa argumen bernilai BENAR dan FALSE kalau semua argumen SALAH. Pada gambar di bawah ini ialah teladan penulisan rumus fungsi OR yang benar,


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui




Hasil dari penghitungan rumus di atas sanggup kau lihat pada gambar di bawah ini,

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

SINGLE IF


Fungsi IF akan mengembalikan sebuah nilai kalau kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya kalau kondisi yang dicek SALAH/FALSE. Fungsi IF ialah salah satu rumus excel yang paling sering digunakan. Contoh dari penerapan rumus fungsi SINGLE IF sanggup kau lihat pada gambar di bawah ini,


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

 



Dari rumus di atas, hasil yang akan kau dapatkan ialah sebagai berikut,



Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

 



MULTI IF


Fungsi ini hampir sama dengan fungsi SINGLE IF, akan tetapi di ambil dari dua kondisi atau sanggup ditumpuk beberapa perintah. Contoh dan perbedaan dalam penulisan Rumus Multi IF sanggup kau lihat pada gambar di bawah ini,


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

 



Dari penulisan rumus di atas, maka hasil yang akan didapatkan ialah ibarat tertera pada gambar di bawah ini,



 



Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui


AREAS


Rumus ini, fungsinya ialah Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu tumpuan (alamat sel atau range yang di sebutkan). Contohnya, sanggup kau lihat pada gambar di bawah ini,


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

CHOOSE


Fungsi CHOOSE ialah Menampilkan hasil pilihan menurut nomor indeks atau urutan pada suatu tumpuan (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range. Kamu sanggup melihat teladan penulisan Rumus CHOOSE pada gambar di bawah ini:


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

Hasil dari rumus CHOOSE sanggup kau lihat pada gambar di bawah ini, ya!



Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui


HLOOKUP


Fungsi HLOOKUP Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar. syaratnya penyusunan tabel atau data pada baris pertama harus menurut urutan dari kecil ke besar  atau menaikkannya. Misalnya angka 1,2,3,4… ataupun aksara A-Z. Jika sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan sajian Ascending. Contoh kasusnya ibarat dibawah ini.


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui


VLOOKUP


Fungsi VLOOKUP ialah menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. syaratnya penyusunan tabel data pada baris pertama harus menurut urutan dari kecil ke besar/menaik. misalnya: 1,2,3,4… atau aksara A-Z. Jika anda sebelumnya mengetik secara acak silhakan urutkan dengan sajian Ascending. Contoh kasusnya sebagai berikut pada gambar di bawah ini,


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui


MATCH


Fungsi MATCH ialah menampilkan posisi suatu alamat sel yang di menetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data. Contoh sanggup kau lihat pada gambar di bawah ini ya!





Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui


COUNTIF


Selanjutnya ada sajian COUNTIF. Fungsinya ialah untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. Adapun rumus yang biasa dipakai ialah =COUNTIF(range;kriteria).


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

 




COUNTA


Kemudiana ada juga rumus COUNTA yang berfungsi untuk menjumlah cell yang terisi. Misalnya dalam sebuah table terdapat 12 kolom dan kita ingin mengetahui berapa kolom atau cell yang sudah terisi. Contohnya sanggup kau lihat pada tabel di bawah ini


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

Rumus DAY


Fungsi DAY ialah dipakai untuk mencari hari (dalam angka 1-31) dari data type DATE. Contohnya fungsi DAY (kolom B). Data type DATE dikolom A akan diekstrak dan menghasilkan angka 1-31 ibarat gambar dibawah ini.


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

Rumus MONTH


Serupa dengan rumus DAY, fungsi dari rumus MONTH akan dipakai untuk mencari bulan (dalam angka 1-12) dari data type DATE. Contohnya penggunaan fungsi MONTH (kolom C) data type DATE kolom A akan diekstrak menghasilkan angka 1-12 ibarat pada gambar dibawah ini.


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

Rumus YEAR


Kemudian, ada juga rumus YEAR, yang penggunaannya serupa dengan 2 rumus sebelumnya. Fungsi rumus YEAR ialah untuk mencari tahun (dalam angka 1900-9999) dari data type DATE. Contohnya fungsi YEAR (kolom D) data type DATE dikolom A diekstrak menghasilkan angka 1900-9999 ibarat pada gambar dibawah ini,


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

Rumus DATE


Lalu ada lagi rumus DATe yang berfungsi untuk mendapat type data DATE dengan memasukan angka tahun, bulan dan hari. Fungsi DATE kebalikan dari fungsi DAY, MONTH, dan YEAR yang melaksanakan ekstraksi bulan dan tahun dari data type DATE.


Contohnya fungsi DATE (kolom D) data year, month dan day dalam bentuk angka digabungkan dengan fungsi DATE menghasilkan data dengan type DATE ibarat pada gambar dibawah ini. Berikut ialah gambar penulisan rumus DATE yang benar,


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

 




Masih bingung? Tenang saja, kami sudah menyiapkan klarifikasi lain terkait penggunaan rumus ini. Misalnya, untuk karakteristik fungsi DATE dihitung dari tanggal berapakan 4 tahun, 3 bulan, 12 hari sehabis tanggal 3 februari 1977? Hasilnya ialah 15 mei 1981. Kamu sanggup memperhatikan contohnya menurut gambar di bawah ini!


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

Rumus LOWER


Fungsi rumus LOWER ialah dipakai untuk mengubah semuah text yang berisikan aksara besar menjadi aksara kecil semua. Contohnya, kau tinggal menuliskan perintah LOWER(text) maka goresan pena yang kau inginkan akan berkembang menjadi aksara kecil.


Rumus UPPER


Selain ada rumus LOWER, di dalam Microsoft Excel ada rumus UPPER juga lho! Fungsi dari rumus UPPER ialah dipakai untuk mengubah semuah text yang berisikan aksara kecil menjadi aksara besar semuah kebalikan dari fungsi LOWER. Contohnya, kau sanggup mengetikkan perintah UPPER(text) maka tulisanmu akan menjadi aksara kapital semua.


Rumus PROPER


Rumus terakhir yang harus kau ketahui dalam Microsoft Excel ialah rumus PROPER. Berfungsi untuk mengubah karakter pertama semua kata menjadi aksara besar dan sisahnya aksara kecil, Kamu tinggal menuliskan perintah PROPER(text). Maka aksara pertama di semua teksmu menjadi aksara kapital. Contoh penerapannya sanggup kau lihat pada gambar berikut ini,


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

Fungsi PROPER di atas merupakan rumus terakhir yang akan dibahas pada artikel ini. Sebenarnya, masih terdapat rumus-rumus lainnya yang sanggup dipakai pada Microsoft Excel. Namun, kau tidak perlu terlalu mengkawatirkannya, sebab rumus-rumus di atas lah yang paling sering digunakan. Khususnya bagi kau yang sedang bekerja, atau masih mengenyam pendidikan.


Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diharapkan oleh semua orang √ Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui


Bagaimana? Apakah dengan adanya artikel ini kau menjadi terbantu dalam pengerjaan kiprah sehari-hari? Jika belum, kau sanggup memakai aplikasi sumbangan lainnya ibarat JojoExpense lho! Kenapa JojoExpense? Karena dengan aplikasi ini kau sanggup terbantu dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Jadi, selain hitung memakai Microsoft Excel, kau sanggup memastikannya dengan aplikasi ini. Pekerjaanmu akan sangat terbantu, dan kau sanggup bekerja dengan lebih efektif dengan hasil yang lebih efisien.










Sumber aciknadzirah.blogspot.com