Kumpulan Penelitian Tindakan Kelas Bahasa Jawa Kelas 7, 8, 9 SMP/ MTs
Untuk goresan pena kali ini kami mengambil judul "Download Contoh Judul dan Laporan PTK Bahasa Jawa SMP/ MTs". Untuk contoh judul dan laporan mapel Bahasa Jawa ini kami kompilasikan mulai dari kelas VII, VIII dan kelas IX SMP. Seperti yang telah lalu, sumber dari goresan pena PTK kali ini juga berasal dari sumber yang terbuka. Anda sanggup pribadi mengunjungi sumbernya secara pribadi di lib.unnes.
Akan tetapi harus Anda ketahui bahwa dengan berada di laman ini berarti Anda menghemat cukup banyak waktu lantaran bisa pribadi mengakses contoh judul dan laporan PTK Bahasa Jawa jenjang SMP yang kami sediakan tanpa harus melaksanakan proses penyortiran lagi lantaran banyak file di sumber aslinya yang ternyata hanya berupa abstraknya saja.
Langsung saja, berikut adalah link Download Kumpulan Contoh Judul dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Bahasa Jawa Kelas 7, 8, 9 SMP/ MTs, selamat mengunduh:
Contoh Judul dan Laporan PTK Bahasa Jawa Kelas 7/ VII:
1.PENGEMBANGAN ANTOLOGI GEGURITAN REMAJA SEBAGAI BAHAN AJAR PADA SISWA Sekolah Menengah Pertama KELAS VII - Susi Susanti
ABSTRAK
Susanti, Susi. 2015. Pemngembangan Antologi Geguritan Remaja sebagai Bahan
Ajar Membaca Indah Geguritan pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Skripsi.
Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni,
Universitas Negeri Semarang, Yusro Edy Nugroho, S.S, M.Hum dan
Sucipto Hadi Purnomo, S.Pd, M.Pd.
Kata kunci: geguritan remaja, membaca indah geguritan, materi ajar.
Membaca indah geguritan merupakan salah satu keterampilan yang
harus dikuasai oleh siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Pernyataan tersebut tercantum dalam
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Adanya kompetensi dasar
tersebut, menuntut siswa untuk bisa membaca geguritan dengan baik. Akan
tetapi, faktanya tidak demikian, keterampilan membaca indah geguritan siswa
kelas VII masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya
yakni ketidakpahaman siswa terhadap isi geguritan yang dibaca. Padahal, untuk
sanggup membaca geguritan dengan baik, siswa harus memhami isi geguritan
telebih dahulu. Faktor yang menciptakan siswa tidak paham terhadap isi geguritan
yaitu lantaran geguritan yang dipakai tidak sesuai dengan kriteria geguritan
remaja. Ketidaksesuaian tersebut baik dalam aspek bahasa, bentuk, tema, amanat
serta kesesuaian dengan usia psikologis pembaca. Dengan demikian perlu adanya
geguritan yang sesuai untuk siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VII.
Berdasarkan uraian tersebut, persoalan yang menjadi fokus penelitian ini
yakni bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap antologi geguritan remaja
dan bagaimana prototipe antologi geguritan dewasa menurut hasil validasi ahli
materi dan andal desain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan guru
dan siswa terhadap antologi geguritan dewasa sebagai materi didik membaca indah
geguritan dan mengetahui bagaimana prototipe antologi geguritan dewasa tersebut
menurut hasil validasi andal materi dan andal desain.
Penelitian ini mengunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D).
Penelitian diawali dengan mengumpulkan data kebutuhan guru dan siswa terhadap
antologi geguritan dewasa serta data berupa geguritan. Langkah berikutnya adalah
menganalisis geguritan dan menentukan geguritan yang sesuai dengan kriteria
geguritan remja. Proses berikutnya yaitu menghimpun geguritan menjadi antologi
geguritan. Antologi geguritan kemudian divalidasi oleh andal materi dan ahli
desain. Hasil dari validasi andal berupa saran perbaikan dijadikan pola untuk
memperbaki antologi geguritan dewasa sehingga layak dijadikan materi didik untuk
siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VII.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa produk antologi geguritan
remaja. Antologi geguritan dewasa tersebut terdiri atas 22 geguritan yang sesuai
kebutuhan dan cita-cita siswa serta memenuhi syarat kriteria geguritan remaja
yaitu bertema keluarga, guru, alam, dan budaya. Selain itu, geguritan juga bersifat
transparan, naratf dan jenaka. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, guru disarankan untuk
memakai produk antologi geguritan dewasa sebagai materi didik pada siswa
Sekolah Menengah Pertama kelas VII. Selain itu, guru disarankan lebih memperhatikan bahasa yang
dipakai dalam geguritan yang dipakai sebagai materi didik untuk
menunjang peningkatan keterampilan siswa dalam membaca indah geguritan.
Di bawah ini kami sediakan link untuk mengunduh file tersebut secara lengkap:
Download Contoh Judul dan Laporan PTK IPS SMP/ MTs
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul: