Kumpulan Penelitian Tindakan Kelas Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7, 8, 9 SMP/ MTs
Saat ini pemerintah sedang gencar menitikberatkan ihwal betapa pentingnya PTK yang harus dilaksanakan oleh guru. Ada banyak alasan mengapa PTK mendapat perhatian yang cukup besar dalam dunia pendidikan. Salah satu alasan mengapa PTK menjadi sangat penting dan menjadi perhatian pemerintah yaitu bergotong-royong hasil-hasil dari PTK bisa secara eksklusif dimanfaatkan untuk meningkatkan atau memperbaiki kualitas pembelajaran di dalam kelas yang diampu oleh guru yang bersangkutan.
Satu alasan lainnya yaitu bahwa melalui PTK, guru sanggup melaksanakan penelitian ihwal masalah-masalah nyata yang mereka hadapi untuk mata pelajaran yang diampunya. Guru secara eksklusif sanggup melaksanakan tindakan-tindakan untuk memperbaiki atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran yang kurang berhasil semoga menjadi lebih baik dan efektif.
Pada kesempatan kali ini kami mengambil judul Download Contoh Judul dan Laporan PTK IPS SMP/ MTs yang telah kami kumpulkan dari lib.unnes dan semoga materi tumpuan PTK IPS kelas VII, VIII dan IX ini bermanfaat bagi Anda yang sedang melaksanakan atau menyusun sebuah laporan PTK di kelas yang Anda ampu tentunya.
Baiklah, di bawah ini kami sajikan link Download Kumpulan Contoh Judul dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas IPS/ Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7, 8, 9 SMP/ MTs:
Contoh Judul dan Laporan PTK IPS Kelas 7/ VII:
1.MENINGKATKAN MOTIVASI HASIL BELAJAR IPS SEJARAH SISWA Sekolah Menengah Pertama NEGERI 2 PAGERUYUNG KABUPATEN KENDAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VCD DAN METODE KERJA KELOMPOK PADA KEHIDUPAN MASA PRA-AKSARA DI INDONESIA KELAS VII A TAHUN 2010/2011 - Agustin Faradilawati
SARI
Faradilawati, Agustin. 2011.Meningkatkan Motivasi Hasil Belajar IPS Sejarah
Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pageruyung Kabupaten Kendal dengan Menggunakan VCD
Pembelajaran dan Metode Kerja Kelompok pada Kehidupan Masa Pra Aksara di
Indonesia Kelas VII A Semester I Tahun Pelajaran 2010/2011.Jurusan Sejarah,
Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.
Kata Kunci : hasil belajar, motivasi, metode kerja kelompok, media
pembelajaran VCD
Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di Sekolah Menengah Pertama N 2 Pageruyung pada
kelas VII A, prestasi berguru dan motivasi berguru siswa sangat rendah. Dari KKM
yang di menetapkan yakni 60,00, Sekolah Menengah Pertama N 2 Pageruyung merupakan sekolah rintisan
dimana perlengkapan media pembelajaran minim hal tersebut merupak salah satu
penyebab rendahnya motivasi berguru siswa. Kurangnya penggunaan media
pembelajaran terutama pada pelajaran sejarah membuat metode yang digunakan
hanyalah metode ceramah dan buku teks, sehingga sebagian besar siswa
menganggap bahwa pelajaran sejarah yaitu pelajaran yang membosankan dan
bersifat hafalan. Model pembelajaran yang dipakai yaitu model pembelajaran
memakai media VCD dengan metode kerja kelompok. Media audio visual
yang dipakai dalam penelitian ini berupa VCD (Video Compact Disc) adalah
format digital standar untuk menyimpan gambar video dalam suatu cakram padat.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model pembelajaran
memakai media pembelajaran VCD dengan metode kerja kelompok dapat
meningkatkan hasil berguru sejarah siswa kelas VII A Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pageruyung
tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan
model pembelajaran memakai media pembelajaran VCD dengan metode
kerja kelompok untuk meningkatkan hasil berguru sejarah siswa kelas VII A SMP
Negeri 2 Pageruyung tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas kelas VII
A Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pageruyung tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 38
siswa. Pengambilan data dilakukan lewat observasi, dokumentasi, wawancara dan
tes. Analisis data memakai analisis deskripsi prosentase.
Hasil penelitian manunjukkan Nilai rata-rata kognitif siswa mengalami
peningkatan pada pra siklus nilai rata-rata siswa 59,26 dengan ketuntasan klasikal
42,11%, siklus I dengan nilai rata-rata 53,82 dengan ketuntasan klasikal 42,16%
kemudian meningkat pada siklus II yaitu nilai rata-rata 64,57 dengan ketuntasan
klasikal 78,95%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dicapai, maka dapat
disimpilkan bahwa penerapan model pembelajaran memakai media VCD
dengan metode kerja kelompok sanggup meningkatkan hasil berguru sejarah siswa
kelas VIIA Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pageruyung tahun pelajaran 2010/2011. Berdasarkan
hasil penelitian diketahui pembelajaran dengan memakai media VCD dan
metode kerja kelompok perlu dilaksanakan di kelas, sebab model pembelajaran
tersebut sanggup meningkatkan hasil berguru siswa, selain itu model pembelajaran tersebut juga sanggup meningkatkan motivasi siswa. Saran yang dalam penelitian ini
yaitu perlunya guru membentuk kelompok berguru pada siswa, sehingga siswa
sanggup berguru dan berhubungan dalam membuat kreatifitas siswa dalam
meningkatkan pemahaman akan materi pelajaran. Disarankan kepada para peneliti
bidang pendidikan hendaknya hasil penelitian ini sanggup dijadikan bahan
perbandingan atau masukan untuk melaksanakan penelitian yang lebih luas.
Di bawah ini kami sediakan link untuk mengunduh file tersebut secara lengkap:
Download Contoh Judul dan Laporan PTK PJOK SMP/ MTs
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul: