Thursday, March 14, 2019

√ 5 Perbedaan Antara Endonuklease Dan Eksonuklease

Nuklease yakni kelas enzim yang menghidrolisis asam nukleat menyerupai DNA dan RNA. Mereka menghidrolisis tulang punggung fosfodiester yang menghubungkan nukleotida individu dalam polinukleotida. Ada dua kategori luas nukleasi tergantung pada situs dan cara kerjanya pada asam nukleat. Mereka yakni Endonuklease dan Eksonuklease.


Pengertian Endonuklease


Endonuklease yakni enzimnuklease  yang memecah ikatan fosfodiester dalam polinukleotida dari interior (endo). Mereka menghidrolisis ikatan fosfodiester yang ada dalam rantai polinukleotida. Beberapa endonukleas tidak spesifik dan mereka sanggup memotong ikatan fosfodiester antara nukleotida apa pun.


Kelas khusus endonuklease, yang disebut restriksi endonuklease (enzim restriksi), sangat spesifik dalam agresi mereka dan mereka memotong pada urutan tertentu dalam rantai polinukleotida yang disebut Situs Pembatasan. Pembatasan endonuklease mempunyai aplikasi besar dalam teknologi DNA rekombinan.


Pengertian Eksonuklease


Eksonuklease yakni enzim nuklease yang membelah nukleotida dari ujungnya. Mereka menghidrolisis ikatan fosfodiester yang ada pada ujung 3 ‘atau 5’ rantai polinukleotida.


Tulisan ini membahas persamaan dan perbedaan antara endonukleas dan eksonuklease dengan tabel perbandingan.


Persamaan antara Endonuklease dan Eksonuklease


Ø Baik endonuklease dan eksonuklease yakni enzim nuklease yang menghidrolisis rantai polinukleotida.


Ø Keduanya bekerja pada asam nukleat.


Ø Keduanya sanggup menghidrolisis DNA dan RNA.


Ø Keduanya sanggup membelah tulang belakang fosfodiester dalam rantai polinukleotida.Nuklease yakni kelas enzim yang menghidrolisis asam nukleat menyerupai DNA dan RNA √ 5 Perbedaan antara Endonuklease dan Eksonuklease


Perbedaan antara Endonuklease dan Eksonuklease





































No.endonukleaseeksonuklease
1Endonuklease memecah ikatan fosfodiester yang ada di dalam rantai polinukleotida.Eksonuklease  memotong ikatan fosfodiester dari ujung.
2Tidak memerlukan final 3 ‘atau 5’ gratis untuk tindakan mereka.Membutuhkan final 3 ‘atau 5’ gratis untuk tindakan mereka.
3Endonuklease sesudah reaksi hidrolitiknya melepaskan rantai oligonukleotida.Eksonuklease  setelah reaksi hidrolitiknya melepaskan nukleotida individu (monomer).
4Endonuklease biasanya urutan spesifik.Eksonuklease   biasanya tidak spesifik.
5Contoh: deoksiribonuklease I, S1 Nuklease, endonuklease restriksi (EcoRI, BamHI)Contoh: Racun ular, Eksonuklease  I, Eksonuklease  II


Sumber aciknadzirah.blogspot.com