Wednesday, December 6, 2017

√ Kisi-Kisi, Soal Dan Kunci Balasan Ukk Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Kurikulum 2006

Soal UKK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2006

Soal dan Kunci Jawaban UKK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2006/KTSP - Pelaksanaan UKK (Ulangan Kenaikan Kelas) mungkin sudah sedikit sekolah yang melaksanakannya pasalnya hampir semua sekolah sekarang sudah memakai kurikulum 2013. 

Namun demikian ada beberapa sekolah yang masih memakai kurikulum 2006 sehingga materinya yang diujikan pun masih memakai soal-soal Kurikulum 2006. Seperti pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan kisi-kisi, soal dan kunci tanggapan UKK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama kelas 7 Kurikulum 2006.

Berikut kisi-kisi, soal dan kunci tanggapan UKK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2006 :

I. Pilihlah abjad A, B, C, atau D sebagai tanggapan yang paling benar! 
Bacalah wawancara berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 3!

Pewawancara : Bagaimana pendapat Bapak ihwal pelestarian lingkungan hidup?
Kepala Sekolah : Melestarikan lingkungan hidup sebetulnya merupakan hal yang sederhana. Asal kita serasi dengan alam, itu merupakan upaya pelestarian.
Pewawancara : Tindakan apakah yang sanggup dikatakan akrab dengan alam?
Kepala Sekolah : Yang kami lakukan di sini ialah membuat apotek hidup.
Pewawancara : Bagaimana langkah-langkah bapak untuk membuat apotek hidup.
Kepala Sekolah : Di dalam upaya melaksanakan itu semua diharapkan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Menanam tanaman apotek hidup di halaman sekolah, pemeliharaan oleh siswa di bawah bimbingan guru.
2. Mengoptimalkan fungsi laboratorium untuk tempat penelitian.
3. Memanfaatkan obat-obatan buatan siswa untuk siswa yang sakit di UKS.

1. Tema yang sesuai dengan isi wawancara di atas ialah … 
A. Penanaman apotek hidup         C. Memanfaatkan obat-obatan buatan siswa 
B. Pelestarian lingkungan hidup D. Bersahabat dengan alam

2. Narasumber dalam wawancara di atas ialah ...
A. Pewawancara C. Siswa
B. Guru         D. Kepala  sekolah

3. Hal penting yang diungkapkan narasumber dalam wawancara di atas ialah ...
A. Melestarikan lingkungan hidup  merupakan hal yang sederhana
B. Tanaman apotek hidup di sekolah dipelihara oleh penjaga sekolah.
C. Laboratorium dipakai untuk membuat obat-obatan.
D. Obat-obatan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Bacalah ringkasan biografi berikut ini untuk menjawab soal nomor 4 s.d. 5!
BJ Habibie
Bapak Habibie ialah Presiden Indonesia yang ketiga. Ia lahir di Pare-pare pada tanggal 25 Juni 1937. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo. 
Beliau pernah menjabat sebagai Menristek beberapa kali. Pada ketika itu, dia berhasil membuat sebuah pesawat terbang yang diberi nama Gatotkaca, N-250. Selain itu, dia berhasil meraih gelar Suma Cum Laude pada ketika kuliah untuk meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman.
Walaupun demikian, dia ialah orang yang sangat sederhana. Namun, ia juga mempunyai perilaku tegas dan berpegang pada prinsip.

4. Keistimewaan tokoh Habibie dalam biografi di atas ialah ....
A. Membuat pesawat terbang yang diberi nama Gatotkaca, N-250               
B. Pernah menjabat sebagai Menristek
C. Meraih gelar doktor di Jerman
D. Menjadi presiden Indonesia   

5. Hal yang sanggup diteladani dari tokoh Habibie ialah ....
A. Meraih gelar doktor C. Orang yang sangat sederhana
B. Meraih gelar Suma Cum Laude    D. Orang yang lucu bila berbicara

6. Bacalah paragraf di bawah ini!
Korban banjir kekurangan masakan dan tempat tinggal di Ngawi, Jawa Timur. Seorang pengungsi di Kecamatan Geneng menyampaikan bahwa sudah tiga hari ia tidur beralaskan terpal di pendopo kecamatan.
Gagasan utama paragraf di atas ialah ...
A. Korban banjir di Ngawi belum mendapatkan perhatian serius.
B. Wilayah Kecamatan Geneng tidak luput dari terjangan banjir.
C. Telah terjadi banjir di tempat Ngawi.
D. Korban banjir di Ngawi kekurangan masakan dan tempat tinggal.

7.  Bacalah wacana berikut ini!
(1) Untuk merawat kulit supaya halus maka gunakanlah buah alpukat/jeruk. (2) Buah nanas bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati sekaligus menghilangkan noda hitam di wajah. (3) Sedangkan untuk melembutkan kulit kasar dan kusam, maka gunakanlah buah apel/melon. (4) Oleh lantaran itu, sanggup disimpulkan bahwa buah-buahan berbagai khasiatnya. 
Gagasan utama paragraf di atas terdapat pada kalimat ...
A. 1 B. 2 C. 3 D.  4

8.  Remaja harus dididik karakternya biar mempunyai kegiatan-kegiatan positif. Remaja ialah masa transisi dari masa bawah umur ke masa awal cukup umur yang disebut usia remaja dan berada pada kisaran usia 10 tahun hingga dengan 21 tahun. Remaja dianggap cukup umur bila mempunyai tingkat kematangan yang sama dengan orang dewasa.
Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf di atas merupakan jenis paragraf...
A. Deduktif B. Induktif C. Persuatif D. Progresif

Perhatikan tabel di bawah ini untuk menjawab soal nomor 9 s.d. 12!
     Tabel Data
9. Tabel di atas berisi ihwal ...
A. Data acara ekskul kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Karangsong
B. Jumlah siswa kelas VII yang mengikuti ekskul
C. Data kegemaran siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Karangsong
D. Data jumlah siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Karangsong

10. Kesimpulan yang sempurna menurut tabel di atas ialah ….
A. Jumlah siswa yang gemar menari lebih banyak daripada siswa yang gemar nusik.
B. Jumlah siswa yang gemar menyanyi lebih sedikt daripada siswa yang gemar menari.
C. Kegemaran yang paling banyak diminati siswa ialah olahraga
D. Jenis kegemaran olahraga paling tidak disukai siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Karangsong

11. Berdasarkan tabel di atas jenis kegemaran yang paling sedikit diminati siswa ialah ...
A. Olahraga B. Menari C. Menyanyi D. Musik

12.  Selisih jumlah siswa yang gemar olahraga dan menari ialah ...
A. 5 orang B. 10 orang C. 15 0rang D. 20 orang

Perhatikan grafik/diagram berikut ini untuk menjawab soal nomor 13 s.d. 16!
Grafik Pengunjung Pantai Tirtamaya Indramayu dari bulan Januari-Mei

13. Kesimpulan yang sempurna menurut tabel di atas ialah ….
A. Jumlah pengunjung paling banyak terjadi pada bulan Maret.
B. Jumlah pengunjung bulan Mei lebih sedikit dari bulan April.
C. Setiap bulan jumlah pengunjung selalu mengalami kenaikan
D. Jumlah pengunjung dari bulan Januari hingga Maret mengalami penurunan

14.Jumlah pengunjung Pantai Tirtamaya mengalami penurunan yang drastis pada bulan ...
A. Februari B. Maret C. April D. Mei

15. Pernyataan yang sempurna sesuai dengan isi diagram ialah ...
A. Jumlah pengunjung Pantai Tirtamaya paling sedikit terjadi pada bulan April
B. Jumlah pengunjung pada bulan Februari lebih sedikit dibandingkan pada bulan Mei .
C. Jumlah pengunjung pada bulan Mei lebih banyak dibandingkan pada bulan Januari.
D. Jumlah pengunjung Pantai Tirtamaya mengalami kenaikan dari bulan Januari hingga Maret.

16.Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam diagram di atas ialah ...
A. Mengapa jumlah pengunjung Pantai Tirtamaya mengalami penurunan?
B. Kapankah jumlah pengunjung Pantai Tirtamaya mengalami penurunan?
C. Siapa sajakah yang berkunjung ke Pantai Tirtamaya Indramayu?
D. Bagaimana keadaan Pantai Tirtamaya ketika dikunjungi?

17.  Idrus        : Berasal dari mana materi baku rotan ini, Pak? (1)
Pak Toni  : Bahan baku rotan ini saya pesan dari Kalimantan. (2)
Bentuk kalimat tidak eksklusif dari kalimat (2) dalam wawancara di atas ialah ...
A. Pak Toni menyampaikan bahwa materi baku rotan ini dia pesan dari Kalimantan
B. Pak Toni menyampaikan bahwa materi baku rotan ini kami pesan dari Kalimantan
C. Pak Toni menyampaikan bahwa materi baku rotan ini saya pesan dari Kalimantan.
D. Pak Toni menyampaikan bahwa materi baku rotan ini mereka pesan dari Kalimantan

18. Kalimat tidak langsung  : Ibu menanyakan  apakah kami pulang malam ini.
Kalimat langsung   : Ibu bertanya, “Apakah ... pulang malam ini?”
Kata ganti yang sempurna untuk melengkapi kalimat eksklusif di atas ialah ...
A. saya B. mereka C. kalian D. dia

19.  “Tolong, ambilkan penggaris itu! Pintaku kepada Tommy.”
Perbaikan atas kesalahan penulisan kalimat eksklusif di atas ialah ...
A. “Tolong, ambilkan penggaris itu “ pintaku kepada Tommy. 
B. “Tolong, ambilkan penggaris itu!” pintaku kepada Tommy.
C. Tolong, ambilkan penggaris itu! “pintaku kepada Tommy.
D. Tolong, “ambilkan penggaris itu” pintaku kepada Tommy.

Perhatikan memo/pesan singkat berikut untuk menjawab soal nomor 20 s.d. 21!
20. Memo di atas berisi ihwal ...
A. Kegiatan Porseni Tingkat Kabupaten C.  Titi mangsa acara Porseni
B. Serah terima uang acara Porseni D.  Laporan keuangan acara Porseni

21. Memo di atas ditujukan untuk ...
A. Agus Santoso C. Bapak Raharja
B. Bendahara Sekolah D. Panitia Porseni

22. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Raldo mendatangi rumah Rina untuk mengambil bukunya yang dipinjam Rina. Saat Raldo tiba Rina sedang keluar rumah. 
Kalimat memo yang sempurna ditulis oleh Raldo untuk Rina ialah ….

A. Rina, saya datang, tetapi bukumu sudah tidak ada.
B. Rina, bukunya tidak perlu kau kembalikan lantaran saya sudah punya yang baru.
C. Segera kembalikan buku yang kau pinjam. Aku tunggu sore ini di rumahku.
D. Bukunya tolong di rawat lantaran sudah tidak kupakai lagi.

23.  1) Telah ditemukan sebuah dompet berisi uang dan surat-surat penting. Siswa yang merasa kehilangan barang tersebut harap menghubungi Kepala Sekolah di ruang guru.
2) Kemarin pagi telah dikumpulkan dua puluh anak yang gemar melukis untuk dilatih melukis oleh Pak Unto.
3) Peserta Ujian Nasional diharap tiba sempurna waktu. Jika penerima terlambat, tidak diizinkan untukmengikuti ujian.
4) Sarah tunggu saya di ruang kesenian sekolah pukul 15.00 WIB kita latihan di rumah bersama.
Kalimat memo ditandai dengan nomor ….
A. 1         B. 2 C. 3 D. 4

24. Bacalah penggalan puisi berikut ini!
Ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka 
Bagi abang yang ditembak mati 
Siang tadi
(Taufik Ismail)
Puisi di atas mengungkapkan citra perasaan ...
A. Gembira B. Duka C. Haru D. Bahagia

25. Bacalah penggalan puisi berikut ini!
Apa yang kupunya, anak-anakku
Selain buku-buku dan sedikit ilmu
Sumber dedikasi kepadamu
.....
Isi penggalan puisi di atas ialah ...
A. Guru yang mempunyai sedikit ilmu
B. Kehidupan guru yang sederhana
C. Kehidupan guru yang menyedihkan
D. Pengabdian guru kepada muridnya

Bacalah penggalan puisi berikut ini untuk menjawab soal nomor 26 s.d. 29!
Sembilan bulan saya dalam kandunganmu
Engkau lahirkan aku
Engkau merawat hingga saya besar
Dengan kasih sayang
Ibu, engkau ajari saya jalan
Engkau bagaikan malaikatku
26. Tema puisi di atas ialah ...
A. Perawat hatiku C. Ibu kandung
B. Ibu ialah malaikatku D. Kasih ibu

27.  Engkau bagaikan malaikatku
Makna kata yang bergaris bawah dalam kalimat di atas ialah ...
A. Ibu selalu menjaga dan merawatku C. Ibu selalu merindukanku
B. Ibu selalu bersamaku D. Ibu ialah malaikat

28. Amanat puisi di atas ialah ...
A. Ibu melahirkan sesudah sembilan bulan dalam kandungan ibu.
B. Kita harus berbakti kepada ibu dikarenakan telah melahirkan dan merawat kita.
C. Kita harus mencar ilmu jalan biar tidak menyusahkan ibu.
D. Ibu harus merawat kita hingga besar 

29.  Kaitan isi puisi dengan kehidupan kasatmata ialah ...
A. Banyak anak yang tidak menghargai pengorbanan ibunya.
B. Kasih sayang seorang ibu itu terbatas.
C. Setiap ibu akan rela mengorbankan apapun demi anaknya.
D. Seorang anak tidak wajib berbakti kepada ibunya.

Bacalah cuplikan cerpen di bawah ini untuk menjawab soal nomor 30 dan 31!
“Ai, lu udah berkelahi lagi?’
Mendengar bunyi ibunya, Si Dul melepaskan musuhnya, kemudian bangun dengan segera. Sapii bangun pula, sambil membuangkan tanah yang menempel pada baju dan celananya. Perkelahian selesai! Anak-anak banyak yang telah menjauhkan diri dengan rahasia lantaran takut dimarahi ibunya si Dul. Sapii pergi pula, tetapi sambil berjalan ia mengancam si Dul. “Awas lo, kalo ketemu di jalan, nanti gue hajar!”

30. Kalimat yang mengungkapkan tabiat Sapii seorang pendendam dalam cerpen di atas ialah ...
A. “Awas lo, kalo ketemu di jalan, nanti gue hajar!”
B. “Ai, lu udah berkelahi lagi?’
C. Anak-anak banyak yang telah menjauhkan diri dengan rahasia lantaran takut dimarahi ibunya si Dul.
D. Sapii bangun pula, sambil membuangkan tanah yang menempel pada baju dan celananya.

31.  Watak ibu si Dul dalam cuplikan cerpen di atas ialah ...
A. Sabar B. Kasar C. Galak D. Sopan

Bacalah cuplikan cerpen di bawah ini untuk menjawab soal nomor 32 s.d. 34!
Sebenarnya Toni tidak suka berkelahi, namun lantaran terdorong oleh emosi, maka dengan tegas ia mendapatkan tantangan tersebut. Itulah sebabnya, maka seusai jam pelajaran ia segera menuju ke alun-alun. Rupanya Anto tiba lebih awal darinya. Terlihat di sana ia sedang duduk menanti Toni.
“Ayo majulah, Ton,” ucap Anto tanpa ragu-ragu lagi
Dengan sekuat tenaga Toni menghantam Anto. Tapi bagi Anto yang sudah terbiasa berkelahi, dengan gampang ia berkelit, hingga hantaman Toni meleset.

32. Latar cerpen di atas ialah ...
A. Pagi hari di sekolah C.  Pagi hari di alun-alun
B. Siang hari di sekolah D.  Siang hari di alun-alun

33. Amanat yang tersirat dalam penggalan cerpen tersebut ialah ...
A. Kita harus berusaha mengendalikan diri dan emosi
B. Kita harus berani berkelahi dengan siapapun.
C. Kita tidak perlu melahan kekerasan
D. Menyelesaikan dilema boleh dengan kekerasan

34.  Hubungan cerpen di atas dengan realita sosial masa sekarang ialah ...
A. Perkelahian di kalangan remaja sering terjadi lantaran tidak sanggup mengendalikan emosi.
B. Kita akan tertindas apabila menjadi pengecut.
C. Seseorang yang sudah biasa berkelahi akan menjadi kuat.
D. Ketegasan sangat dibutuhkan dalam mendapatkan tantangan.
Bacalah penggalan kisah anak di bawah ini untuk menjawab soal nomor 35 dan 36!

Sebagai anak kota, Aldi merasa bawah umur desa tidak sepintar bawah umur kota. Pengetahuan bawah umur desa niscaya tidak sebanyak pengetahuan bawah umur kota, pikir Aldi. Oleh lantaran itu, dengan penuh percaya diri, Aldi pergi ke desa pamannya. Ia merasa bawah umur desa akan memandangnya

35. Perilaku positif tokoh Aldi yang sanggup ditiru ialah ...
A. Tinggi hati B. Percaya diri C. Rendah diri D. Tahu deri

36.  Hal yang ditemukan dalam kehidupan kasatmata dikaitkan dengan isi cerpen di atas ialah ...
A. Anak desa memandang kagum kepada anak kota 
B. Anak kota lebih berilmu dari pada anak desa
C. Anak kota suka meremehkan orang lain
D. Anak kota suka berlibur ke desa

37.  Bacalah kutipan puisi berikut!
Aku punya jam ...(1)
Hadiah dari ibu
Karena saya ranking satu
Selalu menemani ...(4)
Kata yang sempurna untuk melengkapi larik (1) dan (4) puisi di atas ialah ...
A. baru, pilu B. tangan, berjalan C. dinding, keliling D. baru, tidurku

38.  Bacalah kutipan puisi berikut!
Ragaku bercerita
Tentang jiwa yang meronta
Tentang rasa yang berpadu
Akan kehidupan yang nyata
Pilihan kata yang sempurna biar puisi di atas mempunyai rima simpulan yang sama adalah...
A. kata meronta diganti syahdu C. kata kasatmata diganti semu
B. kata bercerita diganti bernyanyi D. kata berpadu diganti membara

Bacalah kutipan puisi berikut untuk menjawab soal nomor 39 dan 40!
Sunyi mencekam hatiku
Hujan rintik-rintik memanggilku
39. Penggalan puisi di atas memakai majas ...
A. Hiperbola B. Personifikasi C. Metafora D. Ironi

40.  Suasana yang tergambar dari puisi di atas ialah ...
A. Sunyi B. Ramai C. Dingin D. Tegang
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
41. Bacalah teks wawancara di bawah ini!
Wartawan : Selamat pagi, Pak.
Polisi : Selamat pagi.
Wartawan : Bolehkah saya melaksanakan wawancara dengan Bapak?
Polisi : Boleh, silakan!
Wartawan : Bagaimana cara Bapak menjaga keamanan di sini?
Polisi : Dengan melaksanakan siskamling secara bergantian, kemudian dibantu Bimas dari kepolisian.
Wartawan : Bagaimana cara Bapak mengatur siskamling masyarakat di sini?
Polisi : Jadwal siskamling kami atur menjadi tujuh kelompok, sedangkan untuk pegawai dan karyawan kami tempatkan pada hari Jumat dan Sabtu.
Wartawan : Terima kasih, Pak.
Tulislah hal-hal penting yang terdapat dalam wawancara di atas!

42. Bacalah biografi tokoh di bawah ini!
Gesang, Sang Maestro yang Bersahaja
Barangkali memang sudah suratan takdir, Ayahanda Sutadi yang berjulukan Martodihardjo, akibatnya mengganti nama anak lelaki paling bontot itu dengan Gesang. Sepotong nama bermakna yakni hidup dan membawa si pemiliknya hingga usia 87 tahun pada 1 Oktober 2004. Selama itu pula, Gesang mengabdikan hidup di jagat seni musik keroncong dengan karya-karyanya bermutu
Meski hidup Gesang pada usia kian renta dan sering sakit-sakitan, jiwa seni Gesang tetap menyerupai semasa mudanya. Kendati jalannya tertatih-tatih dan gerakan seniman bau tanah itu juga semakin lamban,dia masih cukup berangasan bila diundang ke pentas musik keroncong. Postur tubuhnya yang tetap tegap juga menyiratkan betapa semangat hidup Gesang tak pernah surut.

Tulislah inti sari/ringkasan biografi tokoh di atas!

43. Perhatikan tabel di bawah ini!

Ubahlah tabel Jumlah Ketidakhadiran Siswa Kelas VII Per Semester di atas ke dalam bentuk narasi!

44. Rani bertanya,“Berapa usang kau mempersiapkan diri untuk olimpiade tersebut?”
    Sebutkan dan jelaskan 2 ciri-ciri kalimat eksklusif di atas!

45. Perhatikan memo di bawah ini!
    Dari      : Bapak Sudarmo
(1) Untuk   : Syayudin
(2) Agar diberitahukan bahwa besok ada pertemuan kelompok Paskibra di ruang aula pada pukul 13.00 WIB.
                                                                                                  (3) Jakarta, 1 Februari 2019

                                                                                                              (4) Pembina OSIS

Sebutkan potongan (1), (2), (3), dan (4) dari memo di atas!

III. Mengarang
Buatlah sebuah puisi berkenaan dengan insiden yang pernah kau alami! 

Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan kisi-kisi, soal dan kunci tanggapan UKK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 kurikulum 2006 silakan 

Download Soal UKK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2006 unduh di sini 

Download Kunci Jawaban UKK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2006 unduh di sini 

Download Kisi-kisi UKK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2006 unduh di sini 

Courtesy : 
Guru-guru MGMP Kabupaten Indramayu Pembuat Soal seluruh mata pelajaran 

Sumber http://www.didno76.com