Wednesday, December 6, 2017

√ Kiprah Kliping Budidaya Kacang Panjang

BUDIDAYA KACANG PANJANG


PENDAHULUAN
Kacang panjang merupakan jenis sayuran yang sanggup dikonsumsi dalam bentuk segar maupun diolah menjadi sayur, mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap (protein,lemak,karbohidrat,kalsium,fosfor,besi,vitamin B dan C). Kandungan protein nabati pada sayur kacang panjang berkisar 17-21%. Ada 2 varietas kacang panjang yang sudah banyak dibudidayakan dengan produksi cukup tinggi, yaitu Putih Super dan Super Sainan dengan potensi hasil 7 hingga 9 t/ha (pada ekspresi dominan kemarau) dan 6 hingga 7 t/ha (pada ekspresi dominan hujan).

KARAKERISTIK LOKASI
Lahan yang cocok yaitu sawah berpengairan teknis dengan  ketinggian daerah  sekitar 600m dpl, suhu 25-35 0C, Ph tanah 5,5-6,5 dengan struktur tanah yang gembur dan kaya materi organik. Musim yang sempurna untuk budidaya kacang panjang pada ekspresi dominan kemarau (MK).  

METODA PENANAMAN
Penanaman kacang panjang untuk ekspresi dominan kemarau dilakukan pada bulan Maret.   Pengolahan tanah dengan memakai cangkul dengan   membuat bedengan ukuran lebar 80 – 90 dan tinggi 30 cm.   Pupuk sangkar (organik) yang sudah matang + 200 gram (8.000 kg/ha) disimpan pada lubang (cowakan) untuk daerah penanaman biji dengan jarak 60 x 40 cm. Penanaman dilakukan dengan cara tugal dengan jumlah benih 2-3 biji per lubang. Ada dua alternatif penggunaan pupuk buatan (an organik) : alternatif pertama terdiri dari Urea, ZA dan NPK (Phonska) takaran 100, 50 dan 150 kg/ha pupuk dilarutkan dalam air kemudian disiramkan di sekitar tumbuhan dengan interval 7 hari sekali selama 7 kali ; alternatif kedua terdiri dari pupuk Urea, SP-36 dan KCI takaran 100, 100 dan 100 kg/ha diberikan pada tugalan/larik disekitar 5-10 cm jarak dari tumbuhan sebanyak 3 tahap pemberian. Perawatan lainnya yaitu pemberian/pengaturan air, dimana air harus selalu ada pada kanal akan tetapi jangan hingga merendam guludan. Penyiangan dilakukan secara intensif agar pertumbuhan tumbuhan tidak terganggu. Pemasangan ajir dilakukan sesudah sulur tumbuhan mulai keluar. Pemberantasan penyakit jamur pada tumbuhan  dilakukan  dengan fungsida ibarat Dithane, Antracol; sedangkan untuk hama ulat grayak dan ulat penggerek polong dengan  insektisida ibarat Dursban, Padan, Supracide.

HASIL PENGKAJIAN
   Pemetikan buah pertama pada umur tumbuhan sekitar 40 hari atau sekitar 8-10 harin sesudah pembungaan, buah dipanen tidak terlalu renta mempunyai ukuran panjang 65-69 cm dengan diameter 6,5-7,4 mm. Varietas Putih Super kesudahannya 8,7- 9,3 t/ha dan varietas Super Sainan kesudahannya 6,8-7,1 t/ha. Usaha budidaya kacang panjang di lahan sawah pada ekspresi dominan kemarau (dengan pengairan terjamin) sanggup memperlihatkan laba tiap hektarnya cukup tinggi, yaitu Rp. 4.176.000,- (B/C 0.45) dengan biaya produksi Rp. 9.254.000,- sedangkan pada ekspresi dominan hujan produksi lebih rendah dengan laba Rp.3.286.000,- (B/C 0,42) dengan biaya produksi Rp.7.764.000. Keunggulan lain varietas Putih Super yaitu mempunyai warna polong hijau segar, lebih panjang dan tidak simpel patah.
Manfaat kacang panjang
Posted by Masenchipz on December 8, 2008
Kacang panjang sering kali muncul dalam hidangan kuliner kita sehari-hari. Selain simpel didapat, kacang panjang juga sanggup diolah menjadi beraneka macam masakan. Selain simpel dimasak, sanggup ditumis atau dijadikan pecahan dari kuliner lain. Kacang panjang juga mempunyai aneka macam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.
Kacang panjang atau vigna sinensis, simpel ditemukan di ladang, di kebun, pekarangan rumah, di sawah atau sebagai selingan tumbuhan palawija lainnya. Perawatan yang gampang, mengakibatkan tumbuhan yang satu ini simpel ditanam. Pada kacang panjang yang masih muda kalau dimakan terasa renyah dan yummy dilalap mentah.
Manfaatnya : mengandung betakaroten, klorofil, vitamin B1 dan B2, serat serta pektin. Sayuran ini berguna untuk mengendalikan kadar gula darah, mengatasi hipertensi, memperkecil resiko stroke dan serangan jantung, meningkatkan fungsi organ pencernaan, menurunkan risiko kanker dan membantu mengatasi sembelit. Juga mempunyai sifat diuretic (peluruh kencing) tingkat sedang.
Di beberapa negara, kacang panjang dipakai untuk mengobati rematik, arthritis, dan gangguan kanal kemih. Sayuran ini mempunyai kegunaan untuk menjaga kulit dari gangguan jerawat, membantu pemulihan luka bakar, peluruh air seni, mengatasi diare, eksim, gangguan ginjal, gatal-gatal, dll.
Kandungan Gizi : Vitamin A, B1, B2 dan C, protein, tiamin, riboflavin, fosfor, zat besi, potassium folat, magnesium, mangan, kalori, sodium, karbohidrat, kalsium.
Sementara yang takut kanker payudara dan leukimia, ia ternyata menyimpan zat antikanker. Selain itu, ia juga antioksidan, antivirus, antibakteri, gangguan kanal kencing, dan meningkatkan fungsi limpa. Tentunya yang lebih penting lagi, sanggup meningkatkan fungsi sel darah merah, menyembuhkan beri-beri, demam berdarah, mengatasi sakit pinggang, dan kurang darah.
Tidak hanya buah, yang sanggup memperlihatkan manfaat. Daun kacang panjang, ternyata juga memperlihatkan banyak khasiat. Di mana untuk meluruhkan air seni, sanggup diambil 50 gram daun segar kacang panjang. Bahan-bahan itu kemudian dicuci bersih. Kemudian direbus dengan dua gelas air sekitar 30 menit. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.
Untuk pengindap sakit pinggang, gunakan 200 gram biji kacang panjang, 200 gram jahe, dan 25 gram kencur. Semua materi kemudian direbus dengan 500 cc air, hingga tersisa sekitar 200 cc. Setelah itu airnya disaring, kemudian diminum.
Bagi yang banyak aktivitas, kacang panjang sanggup dipakai untuk meningkatkan stamina dan mengatasi penyakit cepat lelah. Ambillah 100 gram kacang panjang, ditambah dengan lima buah angco yang dibuang bijinya, serta 25 gram kencur.
Semua materi kemudian direbus dengan 600 cc air. Lalu biarkan hingga tersisa 200 cc. Setelah itu, airnya disaring, ditambah madu secukupnya, dan airnya sanggup eksklusif diminum.
Khusus penderita anemia atau kurang darah, segeralah ambil 200 gram kacang panjang, dengan ditambah 100 gram anggur dan hati ayam secukupnya. Bahan-bahan kemudian dimasak sesuai selera. Makan teratur, sanggup mempercepat tercapainya hasil.
Menurut penelitian lainnya, kacang panjang juga baiklah untuk menghancurkan kerikil ginjal. Selain itu, juga sanggup mencegah kelainan `antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan sukar buang air besar.
Untuk yang menderita pembengkakan, sediakan 200 gram kacang panjang + 20 gram bawang putih + gula merah secukupnya. Bahan-bahan dimasak menjadi sup, dan dimakan secara teratur.
Bagi yang menderita kerikil ginjal, ambil 200 gram kacang panjang + 200 gram asparagus. Semua materi diblender dengan air secukupnya, hingga tertampung 200 cc. Kemudian direbus, hingga mendidih dan airnya diminum hangat-hangat.
Bagi yang ingin meningkatkan nafsu makan, segeralah ambil 100 gram kacang panjang + 40 gram temulawak + 3 buah kiam boi/sun boi direbus dengan air secukupnya. Hasilnya di saring, kemudian airnya ditambakan madu secukupnya dan diminum.
Bagi penderita sembelit, adakan 200 gram kacang panjang + 100 gram daun ubi jalar dimasak sesuai selera, dan dimakan secara teratur. Untuk antikanker, sediakan kacang panjang + buncis + brokoli + wortel masing-masing secukupnya. Kemudian dimasak menjadi tumisan, dengan ditambah bumbu-bumbu hingga matang dan dimakan secara teratur.
Untuk mengembalikan rambut dari kerontokkan, ambil segenggam daun kacang panjang yang masih muda. Kemudian dicuci hingga bersih, dan tumbuk. Kemudian tambahkan dua sendok makan minyak
kastroli, kemudian remas-remas. Hasilnya kemudian dioleskan pada kulit kepala sambil dipijat.
Agar tidak mengotori tempat, bungkus rambut dengan handuk atau lainnya, dan biarkan semalaman. Supaya tidak terlalu merepotkan, sebaiknya cara ini dilakukan menjelang tidur. Paginya, rambut dibilas dan dikeramas hingga bersih.



Sumber http://risalridwan.blogspot.com