Monday, December 4, 2017

√ Cara Merubah Fungsi Tombol Fn Pada Keyboard

Tombol Fn (Function) di keyboard (laptop umumnya) yang aku tahu pada awalnya yaitu untuk mengaktifkan shortcut yang ada pada tombol F1 hingga F12 akan tetapi di laptop gres aku ternyata tombol Fn ini tidak bekerja sebagaimana yang aku inginkan dan justru fungsinya terbalik, untuk mengaktifkan rename (F2) aku malah harus menekan Fn+F2 dan untuk mengaktifkan hotkey (F1-F12) aku tinggal mengaktifkannya saja. Nah pada artikel ini aku akan coba untuk menjelaskan tatacara merubah fungsi Fn untuk diaktifkan menjadi kombinasi F1-F12 ataukah dinonaktifkan.

Untuk melaksanakan pengaturan ini, anda harus masuk ke BIOS (laptop aku Lenovo G-40 80), kemudian masuk ke sajian Configuration, kemudian cari Hotkey dan ganti valuenya ke disable untuk memakai tombol Fn dan F1-F12 atau Enable untuk mendisable fungsi Fn pada tombol F1-F12.

Kaprikornus untuk mengembalikan fungsi tombol Fn sebagai pengaktif shortcut ataupun sebaliknya menonaktifkan fungsinya anda harus mengaturnya di BIOS. Sebagai perhiasan untuk masuk ke BIOS Lenovo G-40 80 harus ditekan tombol Fn juga sembari menekan tombol F2.

Sumber http://farihinmuhamad.blogspot.com