Friday, December 1, 2017

√ Cara Efektif Penanganan Limbah Padat (Pembahasan Lengkap)

Cara Efektif Penanganan Limbah Padat (Pembahasan Lengkap) – Sebelum membahas ihwal bagaimana cara yang efektif untuk penanganan limbah padat. Perlu kita ketahui bahwa limba terbagi menjadi dua yakni, limbah padat dan cair.



Cara Efektif Penanganan Limbah Padat (Pembahasan Lengkap)


Di kesempatan kali ini kita akan bahas bagaimana cara efektif dalam penanganan limbah padat. Limbah padat merupakan hasil buangan dari industri yang berupa padatan sanggup berupa lumpur atau bubur yang berasal dari suatu proses pengolahan. Sebelum limbah itu diproses, biasanya mereka berupa materi sampah padat menyerupai kantong plastik, kertas dan lain sebagainya.


Cara Efektif Penanganan Limbah Padat


Limbah padat berasal dari acara dan domestik. Limbah domestik yang pada umumnya berbentuk limbah padat rumah tangga, limbah padat acara perdagangan, perkantoran, pertanian, serta ditempat-tempat umum. Ada pun Jenis-jenis limbah padat, kertas, kayu, kain, karet/kulit tiruan, plastik, metal, gelas atau kaca, organic, bakteri, kulit telur dan lain-lain.limbah padat sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:



  1. Limbah padat yang gampang terbakar

  2. Limbah padat yang sukar terbakar

  3. Limbah padat yang gampang membusuk

  4. Limbah yang sanggup didaur ulang

  5. Bongkaran bangunan

  6. Lumpur


Adanya sistem penanganan limbah yang baik akan menjamin kenyamanan bagi semua orang dan juga kelestarian lingkungan. Ada pun manfaat dari penanganan limbah antara lain:



  • Dapat menjamin kawasan tinggal yang bersih.

  • Mencegah timbulnya pencemaran lingkungan.

  • Mencegah berkembangnya hama penyakit.


Usaha untuk melaksanakan penanganan pencemaran lingkungan mencakup 2 cara pokok antara lain:



  1. Penanganan secara non teknis yakni sebuah perjuangan yang dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan dengan cara membuat perpu yang sanggup merencanakan mengatur, mengawasi segala bentuk acara industri dan bersifat mengikat sehingga sanggup memberi hukuman aturan bagi siapa yang melanggar.

  2. Penanganan secara teknis yakni, suatu perjuangan untuk mengurangi pencemaran lingkungan dengan cara-cara yang ada kaitannya dengan proses produksi menyerupai perlu tidaknya mengganti proses, mengganti sumber energi/bahan bakar, instalasi pengolah limbah atau menambah alat yang lebih modern /canggih. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah:

    1. Mengutamakan keselamatan manusia

    2. Teknologinya harus sudah dikuasai dengan baik

    3. Secara teknis dan hemat sanggup dipertanggungjawabkan.




Adapun penanganan limbah padat yang dihasilkan oleh industri, rumah tangga, rumah sakit, hotel, sentra perdagangan/restoran maupun pertanian/peternakan. Penanganan limbah padat melalui beberapa tahapan, yaitu:



  1. Menampung di dalam kolam sampah

  2. Mengumpulkan sampah

  3. Pengangkutan

  4. Pembuangan di TPA.


Limbah padat atau sampah yang sudah berada di TPA akan mengalami banyak sekali macam perlakuan, menyerupai menjadi materi kuliner bagi sapi / ternak yang digembala di TPA, di sortir oleh pemulung, atau diolah menjadi pupuk kompos. Berikut ini beberapa metode dalam menangani limbah padat.


Metode Penanganan Limbah Padat


Ada beberapa metode penanganan limbah padat yang sanggup diolah menjadi pupuk salah satunya. Berikut ini penjelasannya:


a. Metode Composting


Metode ini merupakan penanganan limbah padat yang berjenis organik diolah menjadi pupuk kompos melalui proses fermentasi. Ada pun materi untuk melaksanakan metode ini ialah sampah atau limbah yang berasal dari sisa tanaman, sisa makanan, kotoran hewan, sisa materi kuliner yang sudah dikeringkan. Dalam proses pembuatan kompos ini materi baku akan mengalami dekomposisi/penguraian oleh mikroorganisme. Kemudian melalui metode composting ini juga berlangsung secara anaerob yang nantinya akan menimbulkan gas. Sedangkan proses pengomposan secara aerob membutuhkan oksigen yang cukup dan tidak menghasilkan gas. Kemudian cara pembuatan kompos, memalui cara:



  1. menggunakan komposter

  2. tumpukan terbuka (open windrow)

  3. cascing (menggunakan cacing)


 Sebelum membahas ihwal bagaimana cara yang efektif untuk penanganan limbah padat √ Cara Efektif Penanganan Limbah Padat (Pembahasan Lengkap)


b. Metode Gas Bio


Metode ini yaitu merupakan proses pengubahan sampah organik yang berasal dari tinja insan maupun kotoran binatang menjadi gas yang berfungsi sebagagai materi bakar alternatif. Andapun kandungan dari gas bio antara lain metana (CH4) dalam komposisi yang terbanyak, karbondioksida (CO2), Nitrogen (N2), Karbonmonoksida (CO), Oksigen (O2), dan hidrogen sulfida (H2S). Gas metana murni ialah gas tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Supaya efektif, proses pengubahan ini harus pada tingkat kelembaban yang sesuai, suhu tetap dan pH netral.


c. Metode Makanan Ternak


Metode ini merupakan proses pengolahan sampah organik menjadi kuliner ternak. Agar sampah organik sanggup dimanfaatkan untuk pakan ternak harus dipilih dan dibersihkan terlebih dulu biar tidak tercampur dengan sampah yang mengandung logam berat atau bahan-bahan yang membahayakan kesehatan ternak.


Demikianlah pembahasan kita mengenai Cara Efektif Penanganan Limbah Padat (Pembahasan Lengkap), semoga artikel diatas sanggup bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih 🙂



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id