Friday, December 1, 2017

√ #4 Manfaat Peta Bagi Manusia

Manfaat Peta - Pada dasarnya Peta ialah citra muka bumi yang tertuang pada sebuah bidang datar dalam skala tertentu. Biasnya pada  citra tersebut terdapat simbol-simbol yang mengindikasikan suatu ciri tertentu pada wilayah permukaan bumi tersebut.

Peta telah semenjak usang dipakai oleh insan dalam mendukung kegiatan yang dilakukannya. Benda satu ini sangat berkaitan bersahabat dengan upaya penjelajahan suatu tempat atau wilayah. Dengan adanya peta insan sanggup mengenali daerah yang akan mereka lalui. Lalu bagaimana tolong-menolong manfaat Peta bagi kehidupan insan ?.

Peta mempunyai syarat tersendiri biar benar-benar layak untuk digunakan. Adapun syarat Peta diantaranya ialah peta harus bersifat Conform dan Equidistance. Conform merupakan sifat peta yang dilihat dari aspek gambarnya. Gambar pada peta harus sinkron dengan wujud aslinya di lapangan.

Kemudian peta harus bersifat Equidistance, artinya skala wilayah pada peta harus sama dengan jarak wilayah yang sebenarnya. Dengan demikian seseorang  akan sanggup dengan sempurna mencapai suatu wilayah yang ada peta tersebut.

Baca juga: Macam-Macam Arti Simbol Warna Pada Peta

Peta juga termasuk salah satu benda yang bersifat universal. Artinya benda ini sanggup dipakai oleh siapa saja dan untuk hal apapun. Tentu saja penggunaan peta haruslah dilakukan untuk hal-hal yang positif. Misalnya dalam kajian lingkungan, perekonomian, maupun aspek sosial. Sehingga keuntungannya tidak hanya sanggup dirasakan secara pribadi, namun juga sanggup dirasakan oleh orang banyak. Untuk lebih jelasnya perihal kegunaan peta, berikut beberapa manfaat Peta bagi kehidupan manusia.

1. Mengetahui Jarak Suatu Wilayah

Manfaat Peta pertama bagi kehidupan insan ialah sanggup mengetahui jarak suatu wilayah dari wilayah lainnya. Sebagai diketahui, bahwa peta dibentuk dengan skala tertentu dan skala tersebut sanggup mewakili jarak yang sebenarnya.

Dengan mengukur jarak suatu wilayah pada peta dan mengaitkan dengan skala peta itu sendiri, maka seseorang sanggup mengetahui jarak orisinil dari wilayah tersebut. Sehingga seseorang sanggup melaksanakan persiapan tertentu yang mempunyai kegunaan untuk menempuh perjalanan dalam jarak yang telah diketahui sebelumnya.

2. Mengetahui Arah

Lazimnya sebuah peta akan mencantum arah mata angin yang mencakup arah Barat, Timur, Selatan, dan Utara. Dengan melihat arah mata angin pada peta, seseorang sanggup mengetahui letak suatu tempat dari tempat lainnya. Misalnya Indonesia terletak di sebelah Selatan Filipina, Sulawesi terletak di sebelah timur Kalimantan, dan sebagainya.

3. Mengetahui Kondisi Lingkungan

Manfaat Peta berikutnya bagi insan ialah mengetahui kondisi lingkungan suatu daerah tertentu. Misalnya kalau pada tempat daerah itu terdapat garis khatulistiwa, maka sanggup dipastikan bahwa daerah itu mempunyai iklim tropis.

Selain itu, kondisi lingkungan suatu tempat juga sanggup dikenali dari warna tempat tersebut pada peta. Misalnya, kalau suatu tempat mempunyai warna hijau, maka tempat tersebut merupakan dataran rendah. Jika berwarna cokelat, maka tempat tersebut merupakan daerah pegunungan.

Baca juga: Aspek Penting Pemetaan Geologi

4. Menetapkan Lokasi Wirausaha

Manfaat Peta lainnya bagi kehidupan insan ialah sanggup membantu seseorang dalam menetapkan lokasi wirausaha yang akan ditekuni.  Misalnya kalau ingin memulai perjuangan pertambakan, maka yang akan diperlukan ialah tempat yang mempunyai lokasi perairan. Dengan memakai peta, maka seseorang sanggup melihat tempat dengan perairan yang memadai untuk perjuangan pertambakan. Sehingga wirausaha yang akan ditekuni sanggup berjalan secara optimal.

Itulah tadi beberapa manfaat dari peta bagi kehidupan manusia. Peta sendiri sanggup dibedakan menjadi beberapa kelompok sesuai dengan aspeknya. Misalnya dari aspek isi, peta digolongkan menjadi Peta Umum dan Peta Khusus. Peta Umum biasanya menggambarkan keseluruhan bentuk alam pada permukaan bumi. Peta jenis ini mencakup Peta Dunia, Peta Topografi, dan Peta Korografi. Sedangkan Peta Khusus ialah peta dari kondisi tempat tertentu saja, sehingga penggunaannya pun juga terbatas.

Di samping itu, peta juga sanggup dibedakan dari aspek bentuk dan skala yang dimilikinya. Berdasarkan aspek bentuknya, peta terdiri atas Peta digital, Peta Relief, dan Peta Datar. Peta digital biasanya dibentuk dengan memakai sistem komputer dan software tertentu. Kemudian Peta relief merupakan jenis peta yang menggambarkan bentuk permukaan bumi yang sebenarnya. Sementara peta data merupakan bentuk peta dengan bidang dua dimensi. Sedangkan menurut skalanya, peta digolongkan menjadi Peta Kadaster (Skala 1:100/ 1:5.000), Peta skala besar (1:5.000/ 1:250.000), Peta skala menengah (1:250.000/ 1:500.000), dan Peta skala kecil (1:500.000/ 1:1.000.000).

Baca juga: Unsur-Unsur Peta yang Wajib Diketahui

Sejatinya semua jenis peta mempunyai isu penting terkait dengan kondisi wilayah yang sebenarnya. Biasanya informasi-informasi berbentuk simbol-simbol tertentu. Simbol yang dipakai sanggup berupa simbol titik, garis, bidang, serta warna. Oleh alasannya ialah itu, pengetahuan perihal simbol-simbol yang ada peta sangat penting untuk dimiliki. Sehingga manfaat dari peta itu sendiri benar-benar sanggup dirasakan.

Demikian beberapa isu terkait manfaat Peta dan jenis-jenis peta yang ada di dunia. Semoga informasi-informasi di atas sanggup mempunyai kegunaan dalam menambah wawasan Anda seputar Peta itu sendiri.
Sumber http://www.geologinesia.com