Tuesday, December 5, 2017

3 Proses Terjadinya Gempa Tektonik Dan Tanda- Tanda Terjadinya

Kita tentu tahu ada banyak sekali peristiwa atau peristiwa yang terjadi di sekitar lingkungan kita. Berbagai peristiwa alam ini sifatnya ada yang merugikan kehidupan mansia dan tidak merugikan kehidupan manusia. Peristiwa alam yang sifatnya tidak merugikan kehidupan insan misalnya yaitu proses terjadinya hujan, proses terjadinya pelangi, proses terjadinya aurora dan lain sebagainya, dan peristiwa alam yang sifatnya merugikan ini biasa kita kenal sebagai tragedi alam. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sebuah peristiwa alam yang merugikan yaitu gempa bumi,khususnya gempa bumi tektonik, yaitu proses terjadinya gempa tektonik dan juga tanda- tanda terjadinya gempa tektonik.


Proses Terjadinya Gempa Tektonik


Gempa tektonik yaitu gempa bumi yang disebabkan oleh acara dari lempeng- lempeng tektonik yang ada di dalam Bumi. adapun banyak sekali acara dari lempeng- lempeng Bumi yang sanggup menimbulkan gempa yaitu tumbukan maupun pergeseran. Gempa tektonik pada umumnya gempa yang terjadi dalam kekuatan besar dan sifatnya merusak. Gempa ini sulit untuk diprediksi kapan akan terjadi lantaran lempeng- lempeng ini ada di dalam Bumi. Gempa tektonik memang tiba-tiba kita rasakan, namun tahuka Anda bahwa ternyata gempa tektonik dalam tejadinya melalui tahapan dan beberapa proses terlebih dahulu. Adapun beberapa tahapan terjadinya gempa tektonik antara lain sebagai berikut:



  • Terdapat lempeng- lempeng tektonik Bumi di suatu tempat


Proses yang mengawali terjadinya gempa bumi tektonik yaitu adanya lempeng- lempeng yang menyusun kerak Bumi. sesungguhnya di setiap kawasan di Bumi mempunyai lempeng baik lempeng aktif maupun lempeng tidak aktif bergerak. Lempeng- lempeng tersebut tersusun dan membentuk struktur lapisan Bumi. Lempeng- lempeng yang ada di dalam bumi ini ukurannya sangat besar dan maka dari itulah setiap pergerakannya akan sangat mensugesti bentuk permukaan Bumi. Lempeng- lempeng ini mempunyai banyak sekali acara pergerakan.



  • Terdadinya gerakan yang mendadak atau tidak mendadak dari lempeng tersebut


Lempeng- lempeng yang ada di dalam Bumi tersebut mengalami banyak sekali macam aktivitas. Beberapa acara lempeng antara lain pergeseran atau tumbukan. Semua pergerakan ini terkadang menimbulkan banyak sekali dampak. Apabila kekuatannya besar maka akan menimbulkan pegunungan, lembah, patahan maupun lipatan yang menyerang bumi. selain menimbulkan banyak sekali macam bentu, tentu saja acara lempeng akan menimbulkan getaran yang terkadang sanggup kita rasakan hingga ke permukaan Bumi. Getaran yang terasa terkadang kencang dan terkadang tidak kencang, hal ini tergantung pada kedalaman lempeng tersebut.



  • Terasa getaran di permukaan Bumi


Nah, getaran yang sanggup kita rasakan jawaban adanya acara pergerakan lempeng ini kita kenal dengan gempa tektonik, yaitu gempa yang disebabkan lantaran acara lempeng- lempeng tektonik yang ada di dalam Bumi. Getaran yang disebabka oleh gempa bumi tektonik biasanya kuat, namun ini semua juga tergantung pada kedalaman lempeng yang beraktivitas tersebut. Gelombang tektonik ini bersifat merusak.


Nah itulah beberapa proses atau tahapan yang dilalui sebelum terasa gempa tektonik hingga akibatnya gempa tektonik tersebut terasa di permukaan Bumi. Proses- proses diatas terjadi berurutan secara bertahap. Setelah mengetahui proses terjadinya gempa tektonik, ada baiknya kita juga mengetahui ihwal karakteristik dari gempa tektonik ini sendiri. Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh gempa Bumi tektonik akan dijelaskan berikut ini.


Karakteristik Gempa Bumi Tektonik


Gempa Bumi tektonik yaitu salah satu jenis gempa Bumi yang sering terjadi di Indonesia. Gempa ini mempunyai banyak sekali karakteristik yang mungkin tidak dimiliki oleh jenis gempa lain. Adapun beberapa karakteristik yang dimiliki oleh gempa Bumi tektonik antara lain sebagai berikut:



  • Memiliki kekuatan besar


Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh gempa Bumi tektonik yaitu mempunyai kekuatan besar. Gempa tektonik yang biasa terjadi memang mempunyai kekuatan besar , umumnya lebih dari 4 skala richter. Gempa bumi tektonik juga mempunyai gelombang gempa yang berbeda. Struktur gempa bumi tektonik ini yaitu vertikal maka dari itulah goncangan demi goncangan akan lebih kita rasakan daripada jenis gempa Bumi yang lain.



  • Bersifat merusak


Gempa tektonik merupakan jenis gempa yang sifatnya merusak. Apabila kita mendengar gosip mengenai gempa Bumi dan kerusakan yang ditimbulkan sangat besar, sanggup jadi gempa tersebut merupakan jenis gempa tektonik. Gempa tektonik meskipun kekuatannya tidak terlalu besar tetapi efek yang ditimbulkan terhadap kerusakan sanggup sangat besar. Hal ini lantaran pola gelombang gempa yang menimbulkan kerusakan bangunan.



  • Datangnya tiba- tiba


Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh gempa bumi tektonik yaitu kedatangannya yang tiba- tiba. Gempa bumi tektonik yang tiba- tiba ini lantaran disebabkan oleh lempeng- lempeng yang beraktivitas di dalam bumi sehingga sulit untuk diprediksi kapan akan terjadinya gempa Bumi tektonik ini. Karena gempa ini datangnya tiba- tiba maka kadang banyak korban yang berjatuhan yang disebabkan oleh gempa bumi ini.



  • Disebabkan lantaran acara lempeng- lempeng Bumi


Karakteristik selanjutnya dan juga merupakan penyebab terjadinya gempa bumi tektonik yaitu terjadi lantaran aktivitas- acara lempeng Bumi. Setiap gempa bumi mempunyai sebabnya masing- masing, ibarat halnya gempa bumi vulkanik yang disebabkan karen gempa bumi, maka gempa tektonik disebabkan lantaran acara lempeng- lempeng tektonik.


Nah itulah beberapa karekateristik yang dimiliki oleh gempa bumi tektonik. Karakteristik tersebut sanggup sekaligus menjadi ciri khas yang dimiliki oleh gempa bumi tektonik dan membedakannya dengan jenis gempa bumi lainnya.


Tanda- tanda Terjadinya Gempa Tektonik


Gempa bumi memang merupakan peristiwa yang datangnya mendadak dan sulit untuk diprediksi lantaran penyebabnya berasal dari dalam Bumi. Maka tidak mengherankan apabila gempa banyak menimbulkan kerusakan dan juga korban jiwa. Namun tahukah Anda bahwa ternyata kedatangan gempa bumi tektonik ini sanggup diprediksi lho. Setidaknya ada beberapa tanda kecil yang sanggup kita jadikan patokan bahwa gempa bumi tektonik sanggup terjadi sewaktu- waktu. Nah beberapa tanda- tanda tersebut antara lain sebagai berikut:



  • Terdapat awan yang tidak biasa di langit, ibarat angin tornado

  • Terjadi gangguan elektromagnetik

  • Hewan- binatang bertingkah laris tidak biasa

  • Air bahari surut


Demikianlah tanda- tanfa serjadinya gempa tektonik yang harus kita waspadai. Demikian pula informasi yang sanggup kami sampaikan. Semoga apa yang disampaikan dalam artikel ini bermanfaat dan kelak kita akan gampang memahami dan mengambil tindakan yang benar saat kita mendapati tanda- tanda tersebut.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com