Sunday, November 5, 2017

√ Rpp Dan Silabus Bahasa Indonesia Smp Kelas 7 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

RPP dan Silbaus Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

RPP dan Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester Ganjil – Tidak terasa waktu liburan akan segera berakhir. Bapak dan ibu guru mata pelajaran akan disibukkan kembali dengan menciptakan perangkat pembelajaran.


Karena dominan sudah memakai Kurikulum 2013 edisi revisi, maka pada kesempatan kali ini kami akan membuatkan perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kurikulum 2013 edisi Revisi yang dilengkapi dengan buku guru dan buku siswa.


Dalam dokumen ini terdapat RPP, Silabus, SKL (Standar Kelulusan) dan dilengkapi dengan buku guru dan siswa kurikulum 2013 yang sudah direvisi. Berikut pola Kumpulan RPP dan Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia 
Tema : Belajar Mendeskripsikan 
Sub Tema : Telaah Model Teks Deskripsi 
Kelas/Semester : VII/Ganjil 
Tahun Pelajaran : 2019/2020 
Alokasi Waktu : 6 JP (3 Pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
Selama dan sesudah mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diperlukan dapat: 
Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar. 
Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar. 
Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar. 
Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi 
Menentukan bab identifikasi dan deskripsi bab pada teks deskripsi yang disajikan 
Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi 
Menelaah bab struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan 
Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) 
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi wacana objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca. 
3.2 Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi wacana objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca. 
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca. 
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi wacana objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan ekspresi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara ekspresi dan tulis.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) 
3.1.1 Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar. 
3.1.2 Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar. 
3.1.3 Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar. 
3.2.1 Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi 
3.2.2 Menentukan bab identifikasi dan deskripsi bab pada teks deskripsi yang disajikan 
3.2.3 Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi 
3.2.4 Menelaah bab struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan 3.2.5 Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan
4.1.1 Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya) 
4.1.2 Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi 
4.2.1 Merencanakan penulisan teks deskripsi 
4.1.2 Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan 
4.1.3 Menyajikan secara ekspresi teks deskripsi dalam konteks pembawa program televisi mendeskripsikan objek

Materi Pembelajaran 
Materi pembelajaran regular 
Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi Penggunaan Kata Depan pada Teks Deskripsi Penggunaan Kata Khusus Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital Mendaftar Kalimat Bermajas Penggunaan Pilihan Kata yang Bervariasi Materi pembelajaran remedial Mencermati Penulisan Kata Depan pada Teks Deskripsi Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada Teks Materi pembelajaran pengayaan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Koma pada Teks Deskrisi

Metode Pembelajaran 
Pendekatan : Scientific Learning 
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
Media Pembelajaran 
Media LCD projector, 
Laptop, 

Bahan Tayang
Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Modul/bahan ajar, Internet, Sumber lain yang relevan

Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (2 x 40 menit ) 
Pendahuluan/Kegiatan Awal Guru : 
Orientasi 
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran 
Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin 
Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. 

Apersepsi 
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan tema sebelumnya. 
Menentukan Isi Teks Deskripsi 
Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi 
Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2 
Mengingatkan kembali materi prasyaratdengan bertanya. 
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. 
Motivasi Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diperlukan sanggup menjelaskan tentang, 
Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi 
Mencermati Struktur Teks Deskripsi 
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung 
Mengajukan pertanyaan. 

Pemberian Acuan; 
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. 
Memberitahukan wacana standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung Pembagian kelompok belajar 
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman mencar ilmu sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti  
Peserta didik di dalam kelompok mencar ilmu : 
Mengamati Melihat (tanpa atau dengan alat) 
Mengamati Peserta didik diminta untuk 
Mengamati Truktur Teks Deskripsi 
Peserta didik diminta untuk Mengamati Identifikasi/gambran umum 
Peserta didik diminta untuk Mengamati Deskripsi bagian 
Peserta didik diminta untuk Mengamati Jenis Pengembangan deskripsi bagian 
Peserta didik diminta untuk Mengamati wacana model- model teks deskripsi. 
Membaca (dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung), : penerima didik diminta untuk membaca materi wacana Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi 
Mencermati Struktur Teks Deskripsi 
Mendengar Peserta didik diminta mendengarkan klarifikasi materi yang disampaikan oleh guru wacana Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi 
Mencermati Struktur Teks Deskripsi 
Menyimak Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang 
Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi Mencermati Struktur Teks Deskripsi

Menanya 
Mengajukan pertanyaan wacana : Menelaah struktur dan bahasa teks deskripsi dan mencermati struktur teks dekskripsi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Apakah ciri bab teks yang disebut deskripsi bagian?

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Mengeksplorasi) 
Menggunakan alat dan materi (eksperiment), 
Mengamati obyek/kejadian, 
Mendemontrasikan wacana Memperagakan Mengumpulkan informasi : 
Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi wacana Struktur teks jawaban deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan. 
Mencari informasi wacana : Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi wacana Struktur teks jawaban deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan 
Aktivitas: penerima didik diminta menciptakan jenis pengembangan deskripsi bagian. seperti, deskkripsi bab menurut ruang, deskripsi bab menurut anggota bagian-bagian objek, deskripsi bab menurut proses sesuatu berlangsung, deskripsi bab berupa pemfokusan 
Wawancara dengan nara sumber 
Membaca sumber lain selain buku teks, 
Membaca : 
Peserta didik diminta Membaca Truktur Teks Deskripsi 
Peserta didik diminta Membaca Identifikasi/gambaran umum 
Peserta didik diminta Membaca Deskripsi bagian 
Peserta didik diminta Membaca Jenis Pengembangan deskripsi bagian 
Mendiskusikan 
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri bab teks yang disebut identifikasi 
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri bab teks yang disebut deskripsi bagian 
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri bab ciri bab simpulan teks deskripsi 
Mengulang 
Mempresentasikan ulang 
Saling tukar informasi tentang: Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi, Mencermati Struktur Teks Deskripsi dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat.

Mengasosiasikan 
Berdiskusi wacana data yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam aktivitas sebelumnya. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung. Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan: Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi, Mencermati Struktur Teks Deskripsi

Mengkomunikasikan 
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan 
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas wacana : Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi, Mencermati Struktur Teks Deskrips 
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. 
Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa laporan tertulis tentang 
Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi, Mencermati Struktur Teks Deskripsi  
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. 
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Catatan: Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Penutup Peserta didik : 
Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan. 
Mengagendakan pekerjaan rumah. 
Mengagendakan materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. 
Peserta didik diminta membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. 
Sikap yang ditekankan yakni minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melaksanakan tugas. 
Guru : 
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi portofolio. Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.

Bagi bapak dan ibu guru yang ingin mengunduh perangkat Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester Ganjil Lengkapnya bisa


Sumber http://www.didno76.com