Wednesday, November 1, 2017

Pengertian Akuisisi, Jenis, Manfaat, Proses, Kelebihan Dan Kekurangan Lengkap

Pengertian Akuisisi, Jenis, Manfaat, Proses, Kelebihan Dan Kekurangan Lengkap – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas ihwal Akuisisi. Apa itu akuisisi, jenis-jenisnya, manfaatnya, proses akusisi itu bagaimana, kelebihan dan kekurangan akuisisi itu menyerupai apa? Akan kami bahas dengan lengkap dan tentu saja gampang dipahami. Untuk lebih jelasnya ikutilah ulasan dibawah ini dengan secama

 Pada kesempatan kali ini kami akan membahas ihwal Akuisisi Pengertian Akuisisi, Jenis, Manfaat, Proses, Kelebihan Dan Kekurangan Lengkap



Pengertian Akusisi


Menurut Wikipedia Akuisisi ialah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor. Akuisisi berasal dari sebuah kata dalam bahasa Inggris yaitu acquisition yang artinya pengambilalihan.


Pengertian lain dari akusisi ialah suatu penggabungan perjuangan dimana salah satu perusahaan memperoleh kendali atas aktiva netto dan operasi perusahaan yang diakuisisi dengan menunjukkan aktiva tertentu, mengakui suatu kewajiban atau mengeluarkan saham.


Suatu akuisisi biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam bisnis menyerupai beberapa waktu kemudian Microsoft mengakuisisi central bisnis Nokia, Lenovo mengakusisi Motorola dan lain-lain.


Jenis Jenis Akuisisi


Menurut Damodaran (2001), suatu perusahaan sanggup diakuisisi dengan beberapa jenis yaitu:




  • Merger


    Merger, parak eksekutif dari kedua pihak telah oke untuk bergabung dengan persetujuan dari para pemegang saham perusahaan. Umumnya, merger ini disetujui paling sedikit 50% shareholder dari sasaran firm dan bidding firm.



  • Konsolidasi


    Setelah proses penggambungann atau merger selesai, maka akan tercipta perusahaan gres dan pemegan saham kedua belah pihak mendapatkan saham gres di perusahaan ini.



  • Tender Offer


    Tender offer ialah saat sebuah perusahaan membeli saham yang beredar dari perusahaan lain tanpa persetujuan administrasi sasaran firm, dan disebut tender offer alasannya ialah merupakan hostile takeover. Target firm akan tetap bertahan selama tetap ada penolakan terhadap penawaran. Kebanyakan proses tender offer menjelma merger alasannya ialah bidding firm berhasil mengambil alih kontrol sasaran firm.



  • Acquisition Of Assets


    Sebuah perusahaan membeli aset perusahaan lain melalui persetujuan pemegang saham sasaran firm.\



Sedangkan menurut jenis perusahaan yang bergabung, akusisi sanggup dibedakan menjadi 3 jenis:




  • Akuisisi Horizontal


    Adalah proses akuisis atau pengambilalihan atas kekuasaan suatu perusahaan oleh perusahaan lain yang mempunyai bisnis sama.



  • Akuisisi Vertikal


    Adalah proses akuisisi atau pengambilalihan kepemilikan sebagian besar dari saham perusahaan suplier atau pengambilalihan pelanggan dari perusahaan yang di akuisisi.



  • Akuisis Konglomerat


    Adalah proses akuisisi atau pengambilalihan kepemilikan sebagian besar saham, aset, atau suatu perusahaan yang jenis usahanya tidak sama.



Manfaat Akusisi


Menurut Shapiro  (1991:1993) dalam Christina (2003:12) manfaat atau laba dari akuisisi adalah:



  • Meningkatkan tingkat pertumbuhan yang lebih cepat dalam bisnis kini daripada melaksanakan pertumbuhan secara internal.

  • Mengurangi tingkat persaingan dengan membeli beberapa tubuh perjuangan guna menggambungkan kekuatan pasar dan pembatasan persaingan.

  • Melakukan penjualan gres dan pemasaran kini yang tidak sanggup ditembus

  • Menyediakan manajerial skill yaitu adanya sumbangan manajerial mengelola aset-aset tubuh usaha.


Proses Akuisisi


Dalam proses akuisisi ada 3 cara yang sanggup dipakai. Proses ini dilaksanakan dengan cara menggambungkan 2 perusahaan menjadi satu perusahaan. Dalam proses merger atau pengambilalihan, bidding firm akan tetap bangun dengan nama dan identitasnya serta mendapatkan semua aset dan juga kewajiban yang dimiliki sasaran firm.


Sedangkan dalam konsolidasi akan terbentuk perusahaan gres dimana kedua belah pihak akan mendapatkan saham gres dari perusahaan yang gres tersebut. Proses selanjutnya ialah acquisition of stock yaitu proses akuisisi dengan membeli voting dari stok perusahaan menyerupai saham atau surat-surat berharga dengan cara tunai.


Proses ini sanggup dilaksanakan suatu perusahaan dengan melaksanakan penawaran terhadap perusahaan lain. Sementara proses akuisisi yang terakhir ialah acquisition of assets yaitu dengan cara membeli semua aset perusahaan.


Kelebihan Akuisisi


Dalam sebuah akuisisi perusahaan ada kelebihan, yaitu:



  • Dalam akuisisi saham tidak memerlukan rapat pemegang saham dan bunyi pemegang saham sehingga kalau pemegang saham tidak menyukai proposal Bidding firm, mereka sanggup menahan sahamnya dan tidak menjual kepada pihak Bidding firm.

  • Dalam akuisisi saham, perusahaan pembeli sanggup pribadi berurusan dengan pemegang saham perusahaan yang dibeli dengan proses tender offer sehingga tidak diharapkan persetujuan administrasi perusahaan.

  • Karena tidak membutuhkan persetujuan administrasi dan komisaris perusahaan, maka akuisisi saham sanggup digunakan untuk pengambilalihan perusahaan yang tidak dekat “hostile takeover”

  • Akuisisi aset memerlukan bunyi pemegang saham tapi tidak ada halangan bagi pemegang saham minoritas kalau mereka tidak menyetujui akuisisi. (Harianto dan Sudomo, 2001, p.643)


Kekurangan Akuisisi


Kekurangan dari sebuah akuisisi adalah:



  • Jika pemegang saham minoritas cukup banyak yang tidak menyetujui pengambilalihan tersebut, maka akuisisi akan batal. Pada umumnya anggaran dasar perusahaan memilih paling sedikit dua per tiga (sekitar 67%) bunyi oke pada akuisisi semoga akuisisi terjadi.

  • Jika perusahaan mengambil alih seluruh saham yang dibeli maka terjadi merger.

  • Pada dasarnya pembelian aset dalam akuisisi harus secara aturan dibalik nama sehingga mengakibatkan biaya legal yang tinggi (Harianto dan Sudomo, 2001, p.643)


Demikianlah telah dijelaskan ihwal Pengertian Akuisisi, Jenis, Manfaat, Proses, Kelebihan Dan Kekurangan Lengkap semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id